Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berdasarkan gambar dibawah, hal yang mendasari pembangunan jalan yang dibangun pada masa penjajahan Hindia Belanda tersebut adalah ....

Berdasarkan gambar dibawah, hal yang mendasari pembangunan jalan yang dibangun pada masa penjajahan Hindia Belanda tersebut adalah ....

  1. Meningkatkan penghasilan rakyat setempat

  2. Mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Portugis 

  3. Sebagai benteng pertahanan dibagian Pantai Utara Jawa 

  4. Memperluas wilayah kekuasaan Belanda 

Iklan

F. Freelancer6

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels dari Belanda (1808-1811) merupakan Gubernur yang memegang kendali di Indonesia pada masa tersebut. Tugas utamanya adalah mempertahankan Jawa agar tidak dikuasai Inggris. Pulau Jawa sangat penting dan strategis dalam mengatur pemerintahan kolonial di Nusantara. Untukmempertahankan pulau Jawa, maka dilakukan berbagai kebijakan, salah satunya dibidang pertahanan dan keamanan melalui pembangunan jalan raya. Pembangunan jalan raya dilakukan di daerah Anyer sampai Panarukan sepanjang 1.100 Km dengan nama jalan Daendels. Di bangun 200 tahun yang lalu oleh Gubernur Jenderal Daendels yang merupakan bagian dari Repulik Bataaf (Prancis). Pembangunan dilakukan tenaga manusia. Puluhan ribu penduduk dikerahkan membangun jalan dan banyak masyarakat pribumi yang meninggal. Daendels membangun jalan bukan tanpa alasan. Jalan raya Anyer-Panarukan sangat penting bagi pemerintah kolonial Belanda seperti: (1) Untuk kepentingan dan pertahanan militer pemerintah kolonial, (2) Menjadi sarana transportasi pemerintahan dan mengangkut berbagai hasil bumi, (3) dan proses distribusi barang dan jasa untuk kepentingan kolonial semakin cepat dan efisien. Maka jawaban yang benar adalah C.

Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels dari Belanda (1808-1811) merupakan Gubernur yang memegang kendali di Indonesia pada masa tersebut. Tugas utamanya adalah mempertahankan Jawa agar tidak dikuasai Inggris. Pulau Jawa sangat penting dan strategis dalam mengatur pemerintahan kolonial di Nusantara.

Untuk mempertahankan pulau Jawa, maka dilakukan berbagai kebijakan, salah satunya dibidang pertahanan dan keamanan melalui pembangunan jalan raya.  Pembangunan jalan raya dilakukan di daerah Anyer sampai Panarukan sepanjang 1.100 Km dengan nama jalan Daendels. Di bangun 200 tahun yang lalu oleh Gubernur Jenderal Daendels yang merupakan bagian dari Repulik Bataaf (Prancis). Pembangunan dilakukan tenaga manusia. Puluhan ribu penduduk dikerahkan membangun jalan dan banyak masyarakat pribumi yang meninggal.

Daendels membangun jalan bukan tanpa alasan. Jalan raya Anyer-Panarukan sangat penting bagi pemerintah kolonial Belanda seperti: (1) Untuk kepentingan dan pertahanan militer pemerintah kolonial, (2) Menjadi sarana transportasi pemerintahan dan mengangkut berbagai hasil bumi, (3) dan proses distribusi barang dan jasa untuk kepentingan kolonial semakin cepat dan efisien.

Maka jawaban yang benar adalah C. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

24

Alifia Sholawatunnisa

Pembahasan lengkap banget Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Ceritakan Kegiatan Kerja Paksa pada masa pemerintahan Bangsa Belanda. Jelaskan!

3

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia