Iklan

Iklan

Pertanyaan

Grafik berikut menunjukkan perubahan jumlah DNA sel biji semangka selama siklus sel! 2X menunjukkan penggandaan jumlah DNA. Apabila biji semangka akan dibuat menjadi individu poliploid dengan diberikan perlakuan berupa perendaman menggunakan kolkisin, maka efek dari kolkisin yang menyebabkan terjadinya poliploid akan terjadi pada tahapan bernomor ….

Grafik berikut menunjukkan perubahan jumlah DNA sel biji semangka selama siklus sel! 2X menunjukkan penggandaan jumlah DNA. 

Apabila biji semangka akan dibuat menjadi individu poliploid dengan diberikan perlakuan berupa perendaman menggunakan kolkisin, maka efek dari kolkisin yang menyebabkan terjadinya poliploid akan terjadi pada tahapan bernomor ….

  1. 1

  2. 2

  3. 3

  4. 4

  5. 3 dan 4

Iklan

M. Marwnto

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Grafik pada soal menunjukkan siklus sel biji semangka. Diketahui bahwa tahap 2 merupakan tahap yang mengalami penggandaan DNA, artinya tahap dua adalah fase S interfase. Jika tahap 2 adalah fase S, maka tahap 1 adalah fase G1, dan tahap 3 adalah G2. Setelah tahap G2 sel akan mengalami mitosis. Di tahap mitosis seharusnya jumlah DNA kembali ke 1X karena DNA dibagi ke dua sel anakan. Akan tetapi, perlakuan kolkisin menyebabkan tidak terbentuknya benang spindel, sehingga DNA tidak berpisah dan jumlah DNA menjadi tidak berkurang. Dengan demikian, kolkisin akan berpengaruh terhadap tahap 4. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Grafik pada soal menunjukkan siklus sel biji semangka. Diketahui bahwa tahap 2 merupakan tahap yang mengalami penggandaan DNA, artinya tahap dua adalah fase S interfase. Jika tahap 2 adalah fase S, maka tahap 1 adalah fase G1, dan tahap 3 adalah G2. Setelah tahap G2 sel akan mengalami mitosis. Di tahap mitosis seharusnya jumlah DNA kembali ke 1X karena DNA dibagi ke dua sel anakan. Akan tetapi, perlakuan kolkisin menyebabkan tidak terbentuknya benang spindel, sehingga DNA tidak berpisah dan jumlah DNA menjadi tidak berkurang. Dengan demikian, kolkisin akan berpengaruh terhadap tahap 4.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Latihan Bab

Konsep Dasar dan Klasifikasi Mutasi

Mutasi Gen

Mutasi Kromosom

Kelainan pada Manusia Akibat Mutasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

130

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sindrom jacob merupakan kelainan yang disebabkan perubahan pada kromosom seks. Adapun ciri-ciri yang dimiliki yaitu laki-laki dengan badan tinggi besar, agresif, sulit memusatkan perhatian, dan lainny...

68

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia