Roboguru

Pertanyaan

Godam terus saja diam malah ketika Uncu Limah itu pergi, ia tak berkata apa-apa. Rupa-rupanya, Acin pun ingin ikut pada pembicaraan Uncu Limah dengan emaknya tadi pagi selagi ia sedang disuapi emaknya. Tiba-tiba, katanya, "Emak.. Pak Duano baik, Acin tak lagi benci kepadanya. Akan tetapi, ia sekarang mau pergi. Acin ingin berjumpa dengannya. Boleh Mak?" "Tidak. Biarkan ia pergi. Dulu pun dia datang seorang diri ke kampung ini. Berangkat pun seorang diri," kata Godam. 
Acin hanya diam mendengar larangan ibunya. Ditangkupkannya kepalanya ke ribaan Godam.

(Kemarau, A.A.Navis)


Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ...undefined

  1. Sebuah  pelajaran  berharga  tentang dendam justru muncul  melalui tokoh yang  masih  muda.undefined

  2. Dengan  munculnya tokoh tambahan Acin,  akhir  cerita  novel  ini  menjadi bercabang-cabang dan  mengaburkan jalan  cerita yang  sebenarnya.undefined

  3. Tokoh  tambahan  Acin  dalam  cerita ini  rupanya  tidak  dipertimbangkan benar oleh penulis sehingga  terkesan penampilan  tokoh  yang  serta-merta.undefined

  4. Acin  dalam  novel  ini  adalah  sosok tokoh  tambahan  yang  dari  sisi  umur karakternya  kurang  relevan  dengan jalan  pemikirannya.undefined

  5. Sultan  Duano  dalam  kutipan  novel ini  tampil  sebagai  sosok  yang kebingungan  menghadapi  berbagai problema  kehidupan.undefined

N. Juliana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined

Pembahasan

Pada dasarnya, kritik adalah komentar yang berisi kecaman. Mengkritik berarti mengomentari kekurangan yang kadang-kadang disertai pertimbangan baik buruk atau saran terhadap sebuah keputusan, informasi, atau karya. Kritik yang objek kajiannya karya sastra disebut kritik sastra.  Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengkritik karya sastra, yaitu:
 

  1. Mengkritik karya sastra berarti menganalisis unsur-unsur pembangun karya sastra dan hubungan antarunsur tersebut.
  2. Mengkritik karya sastra berarti menafsir makna berupa keunggulan karya sastra yang tersembunyi agar dapat dinikmati secara utuh.
  3. Mengkritik karya sastra berarti juga menilai kualitas baik-buruk karya sastra berdasarkan analisis dan tafsiran tadi.
  4. Seorang kritikus harus menunjukkan hal-hal yang bernilai atau tidak bernilai dari karya sastra tersebut berdasarkan teori sastra yang dianutnya.


Novel tersebut menggambarkan tentang sebuah rasa dendam yang ditampakkan oleh seorang anak muda. Hal inilah yang menjadikan sarana penulis cerita untuk melakukan kritik pada keadaan yang sering terjadi, yaitu bahwa orang dewasalah yang sering menyimpan dendam. Oleh karena itu, penulis berharap, agar novel tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah pelajaran bahwa para orang dewasa juga dapat memiliki kedamaian masa kana-kanak apabila mereka mampu berpikir seringkas dan setulus anak-anak.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined

72

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Kalimat kritik yang sesuai kutipan cerpen tersebut adalah ...

43

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia