Iklan

Iklan

Pertanyaan

Hamba Buruh

Aku menimbang-nimbang mungkin
Kita berdua menjadi satu
Gaji dihitung-hitung
Cukup tidak untuk berdua
Hati ingin sempurna dengan engkau
Sama derita sama gembira
Kepala pusing menimbang-nimbang
Menghitung-hitung uang bagi kita
Aku ingin hidup damai tua
Miliki anak istri setia
Kalbu pecah merasa susah
Hamba buruh apa dikata

Hamba buruh, Armijn Panespace 

Kalimat kritik negatif yang sesuai dengan puisi tersebut adalah ...

Kalimat kritik negatif yang sesuai dengan puisi tersebut adalah ...space 

  1. Pilihan kata yang digunakan puisi tersebut sangat lugas dan kurang menggunakan majas.space 

  2. Puisi tersebut menggunakan bahasa yang rumit, tetapi tidak sulit diartikan.space 

  3. Diksi yang digunakan penyair dalam puisi tersebut sangat indah dan bermakna.space 

  4. Arti yang terkandung dalam puisi tersebut sangat dalam dan menyentuh nurani pembacanya.space 

  5. Meskipun majas yang digunakan sangat sedikit, puisi tersebut sangat hidup dan bermakna.space 

Iklan

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space  

Iklan

Pembahasan

Kritik sastra adalah usaha memberikantanggapan, pertimbangan, penilaiansuatu karya dengan memperlihatkankeunggulan dan kelemahan dari suatu karya sastra. Langkah-langkah menyusun krtik sastra: Memilih karya sastra. Sebelum menulis kritik sastra, terlebih dulu kita menentukan karya mana yang akan dibahas. Menentukan pengarang, jenis karya sastra (puisi, prosa, atau drama), menentukan tema, dan memilih judul. Melakukan interpretasi. Pada langkah ini, penulis kritik sastra menafsirkan makna yang ia dapat setelah membaca sebuah karya sastra. Interpretasi adalah usaha untuk memperjelas karya sastra melalui analisis, parafrasa, dan komentar. Menafsirkan makna dapat dilihat dari unsur-unsur yang membangun karya sastra tersebut, terutama unsur intrinsik dan ekstrinsik. Melakukan analisis. Tahap analisis adalah tahap menguraikanbagian-bagian atau norma-norma karya sastra. Analisis karya dilakukan dengan menelaah mana yang menjadi kelemahan dan kelebihannya. Analisis harus dilakukan berdasarkan data yang terdapat dalam karya sastra yang kita baca. Berdasarkan teori di atas, untuk dapat menuliskan sebuah kritik negatif, yang berarti analisis kelemahan dari karya tersebut perlu dilakukan analisis tentang unsur yang membangun puisi tersebut. Unsur yang membangun puisi terdiri dari struktur batin dan struktur fisik. Kalimat yang menunjukkan kritik negatif adalah Pilihan kata yang digunakan puisi tersebut sangat lugas dan kurang menggunakan majas. Kalimat tersebut menunjukkan kelemahan puisi dari segi pilihan kata, yaitu kurangnya penggunaan majas. Majas adalah salah satu unsur yang membangun keindahan dan makna puisi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Kritik sastra adalah usaha memberikan tanggapan, pertimbangan, penilaian suatu karya dengan memperlihatkan keunggulan dan kelemahan dari suatu karya sastra. 

Langkah-langkah menyusun krtik sastra: 

  1. Memilih karya sastra. Sebelum menulis kritik sastra, terlebih dulu kita menentukan karya mana yang akan dibahas. Menentukan pengarang, jenis karya sastra (puisi, prosa, atau drama), menentukan tema, dan memilih judul.
  2. Melakukan interpretasi. Pada langkah ini, penulis kritik sastra menafsirkan makna yang ia dapat setelah membaca sebuah karya sastra. Interpretasi adalah usaha untuk memperjelas karya sastra melalui analisis, parafrasa, dan komentar. Menafsirkan makna dapat dilihat dari unsur-unsur yang membangun karya sastra tersebut, terutama unsur intrinsik dan ekstrinsik. 
  3. Melakukan analisis. Tahap analisis adalah tahap menguraikan bagian-bagian atau norma-norma karya sastra. Analisis karya dilakukan dengan menelaah mana yang menjadi kelemahan dan kelebihannya. Analisis harus dilakukan berdasarkan data yang terdapat dalam karya sastra yang kita baca.

Berdasarkan teori di atas, untuk dapat menuliskan sebuah kritik negatif, yang berarti analisis kelemahan dari karya tersebut perlu dilakukan analisis tentang unsur yang membangun puisi tersebut. Unsur yang membangun puisi terdiri dari struktur batin dan struktur fisik. Kalimat yang menunjukkan kritik negatif adalah Pilihan kata yang digunakan puisi tersebut sangat lugas dan kurang menggunakan majas. Kalimat tersebut menunjukkan kelemahan puisi dari segi pilihan kata, yaitu kurangnya penggunaan majas. Majas adalah salah satu unsur yang membangun keindahan dan makna puisi. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

16

Ratih Ira Santi

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Cermati kutipan puisi berikut! Potret Diri Karya: Dedet Setiadi Inilah aku lahir dari kawah masa lalu di daratan miring sebelum tumbuh biji-biji salak pondoh matahari tak selamanya senga...

4

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia