Roboguru

Gas rumah kaca berikut yang paling banyak menyerap energi matahari adalah... .

Pertanyaan

Gas rumah kaca berikut yang paling banyak menyerap energi matahari adalah... . space 

  1. metanaspace

  2. karbon dioksidaspace

  3. uap airspace

  4. nitrogen oksidaspace

Pembahasan Soal:

Gas rumah kaca yang paling banyak menyerap energi matahari adalah karbon dioksida (CO2). Gas tersebut menyerap gelombang panas pada sinar matahari dan membuat energi tersebut terperangkap dalam atmosfer sehingga dapat mengakibatkan peningkatan suhu bumi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Dianita

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan penyebab makin tingginya konsentrasi gas-gas rumah kaca di atmosfer!

Pembahasan Soal:

Efek rumah kaca merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan bumi memiliki efek seperti rumah kaca diatas dimana panas matahari terperangkap oleh atmosfer bumi. Gas-gas di atmosfer seperti karbon dioksida (CO2) dapat menahan panas matahari sehingga panas matahari terperangkap di dalam atmosfer bumi. Berikut ini adalah penyebab-penyebab makin tingginya konsentrasi gas-gas rumah kaca di atmosfer:

  • Penebangan dan pembakaran hutan, pohon sangat berguna karena dapat mengubah gas karbon dioksida menjadi oksigen yang bermanfaat untuk kita, akan tetapi manusia suka melakukan penebangan hutan dan membakarnya untuk dijadikan tempat bercocok tanam
  • Penggunaan bahan bakar fosil, Penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batu bara yang terlalu berlebihan bukan hanya berdampak buruk pada kualitas udara, tapi juga dapat meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer
  • Pencemaran laut, lautan dapat menyerap karbon dioksida dalam jumlah yang besar, akan tetapi akibat pencemaran laut oleh limbah industri dan sampah, laut menjadi tercemar sehingga banyak ekosistem di dalamnya yang musnah, yang menyebabkan laut tidak dapat menyerap karbon dioksida lagi
  • Industri pertanian, pertanian dalam skala besar (industri) menggunakan pupuk yang dangat banyak. Pupuk yang dipakai tersebut melepaskan gas nitrous oxide ke atmosfer yang merupakan gas rumah kaca.
  • Limbah industri dan tambang industri seperti pabrik semen, pabrik pupuk, dan penambangan batu baru serta minyak bumi memproduksi gas rumah kaca seperti karbon dioksida.
  • Limbah rumah tangga, limbah rumah tangga jika dibiarkan akan menghasilkan gas methana dan karbon dioksida yang dihasilkan dari bakteri-bakteri pengurai sampah.
  • Industri peternakan, industri peternakan seperti peternakan sapi menghasilkan gas methana dan karbon dioksida yang sangat besar ke atmosfer. Gas-gas ini dihasilkan kotoran sapi. 

Dengan demikian penyebab makin tingginya konsentrasi gas-gas rumah kaca di atmosfer antara lain,  enebangan dan pembakaran hutan, penggunaan bahan bakar fosil, pencemaran laut, industri pertanian, limbah industri dan tambang industri seperti pabrik semen, limbah rumah tangga, dan industri peternakan

Roboguru

Berikut adalah gas rumah kaca yang menyebabkan efek rumah kaca adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Gas rumah kaca adalah gas yang dapat menghalangi panas/kalor di dalam Bumi keluar sehingga apabila gas ini membentuk suatu lapisan di atmosfer lama kelamaan Bumi akan meningkat suhu rata-ratanya inilah yang disebut gas efek rumah kaca penyebab pemansan global. Gas-gas rumah kaca diantaranya adalah:

  • Karbon dioksida (CO2)
  • Metana (CH4)
  • Dinitrogen oksida (N2O)
  • Kloroflurokarbon (CFC)
  • Sulfur heksafluorida (SF6)
  • Hidrofluorokarbon (HFC)

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

Roboguru

Sebutkan gas-gas pemicu terjadinya pemanasan global!

Pembahasan Soal:

Pemanasan global atau global warming merupakan kondisi peningkatan suhu rata-rata bumi. Pemanasan global disebabkan oleh adanya gas-gas rumah kaca yang terdapat pada atmosfer bumi. Gas-gas rumah kaca antara lain karbon dioksida (CO2), metana (CH4), dinitrogen oksida (N2O) dan klorofluorokarbon (CFC).space

Roboguru

Di bawah ini yang bukan merupakan kerja sama internasional dalam upaya mengurangi gas rumah kaca, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Gas rumah kaca merupakan gas yang memiliki sifat memerangkap panas, sehingga panas yang dipantulkan oleh permukaan bumi tidak dapat diteruskan ke angkasa yang dapat meningkatkan efek rumah kaca. Berikut ini merupakan kerja sama internasional dalam upaya mengurangi gas rumah kaca.

  1. UNFCC (United Nations Framework Convention on Climate Change), merupakan kesepakatan international terkait dengan perubahan iklim yang pertama kali disepakati di Rio de Janiero, Brazil pada tahun 1992. Tujuan utama dari UNFCCC ini yaitu menstabilkan tingkat konsentrasi efek gas rumah kaca di atmosfer, dengan mencegah perilaku manusia yang berbahaya bagi iklim.
  2. Protocol/ Kyoto, merupakan perjanjian bersama antarnegara yang bertujuan mengatur tingkat emisi gas rumah kaca dalam rangka mengatasi masalah pemanasan global. Perjanjian ini merupakan hasil kesepakatan dalam rangka melaksanakan Konvensi Kerangka Kerja PBB mengenai perubahan iklim (UNFCCC).
  3. IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change), merupakan suatu Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) didirikan tahun 1988. Lembaga ini bertugas mengumpulkan laporan para ilmuwan dan organisasi-organisasi yang meriset perubahan iklim global.undefined 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A. 

Roboguru

Perilaku berikut yang dapat mengurangi terjadinya efek rumah kaca adalah ....

Pembahasan Soal:

Efek rumah kaca yaitu terperangkapnya radiasi sinar Matahari di atmosfer Bumi. Gas di atmosfer Bumi yang mampu menahan cahaya Matahari disebut sebagai gas rumah kaca. Salah satu contoh gas rumah kaca adalah karbondioksida. Sebenarnya, efek rumah kaca adalah fenomena yang memberikan banyak manfaat bagi kelangsungan hidup di Bumi namun jika konsentrasi gas rumah kaca di udara semakin banyak, maka semakin banyak panas yang terperangkap di Bumi. Hal itu menyebabkan suhu Bumi semakin meningkat setiap tahunnya. Jika dibiarkan terus menerus, banyak populasi makhluk hidup yang akan musnah.  Berikut upaya perilaku yang dapat mengurangi efek rumah kaca diantaranya dengan mengurangi aktivitas yang banyak emisi gas CO2 maupun gas rumah kaca lainnya adalah sebagai berikut.

  • Mengurangi pembangunan pabrik
  • Mengurangi produksi pembuatan sepeda motor
  • Membatasi pemakaian bahan bakar fosil
  • Tidak melakukan penebangan liar
  • Mengurangi penggunaan batu bara secara berlebihan untuk bidang industri dan pembangkit listrik

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved