Roboguru

Gangguan sistem pernapasan manusia berikut ini yang ditandai dengan adanya peradangan pada paru-paru sehingga alveolus terisi cairan dan eritrosit yang berlebihan adalah

Pertanyaan

Gangguan sistem pernapasan manusia berikut ini yang ditandai dengan adanya peradangan pada paru-paru sehingga alveolus terisi cairan dan eritrosit yang berlebihan adalahundefined

  1. pneumoniaundefined

  2. emfisemaundefined

  3. pleuritisundefined

  4. asfiksiundefined

  5. asmaundefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pneumonia adalah peradangan paru-paru dimana alveolus biasanya berisi cairan dan eritrosit yang berlebihan. Jenis pneumonia yang umum adalah pneumonia bakteri. Penyakit ini dimulai dengan infeksi di dalam alveolus yaitu membran paru-paru mengalami peradangan dan berlubang-lubang sehingga cairan dan eritrosit masuk ke dalam alveolus. Dengan demikian, alveolus terinfeksi oleh cairan dan eritrosit. Infeksi disebarkan oleh bakteri dari satu alveolus ke alveolus lain sehingga dapat meluas ke seluruh lobus bahkan seluruh paru-paru.

Pneumonia juga dikenal dengan istilah paru-paru basah. Infeksi menyebabkan peradangan pada kantong-kantong udara (alveoli) di salah satu atau kedua paru-paru. Akibatnya, alveoli bisa dipenuhi cairan atau nanah sehingga menyebabkan penderitanya sulit bernapas.

Penyebab Pneumonia
Pneumonia terjadi akibat adanya infeksi bakteri, virus, dan jamur. Pada orang dewasa, pneumonia paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved