Roboguru

Gangga akan melakukan percobaan sederhana yang berjudul "Pengaruh Variasi Kadar Karbit (Kalsium Karbida) terhadap Tingkat Kemanisan Buah Mangga". Dari judul tersebut, tentukanlah: a. Rumusan Masalah Percobaan b. Tujuan Percobaan c. Alat dan Bahan d. Variabel Percobaan

Pertanyaan

Gangga akan melakukan percobaan sederhana yang berjudul "Pengaruh Variasi Kadar Karbit (Kalsium Karbida) terhadap Tingkat Kemanisan Buah Mangga". Dari judul tersebut, tentukanlah:

a. Rumusan Masalah Percobaan

b. Tujuan Percobaan

c. Alat dan Bahan

d. Variabel Percobaanspace 

Pembahasan Soal:

  • Rumusan masalah erat kaitannya dengan tujuan yang ingin dicapai dalam suatu penelitian. Biasanya perumusan masalah berupa kalimat pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian. Contoh rumusan masalah berdasarkan soal yaitu "apakah terdapat pengaruh dari variasi kadar kalsium karbida terhadap tingkat kemanisan buah mangga?"
  • Tujuan percobaan tersebut adalah untuk mengetahui pengaruh variasi kadar kalsium karbida terhadap tingkat kemanisan buah mangga.
  • Alat yang dibutuhkan dalam percobaan tersebut contohnya karung, kamera (dokumentasi), wadah, kain basah. Bahan yang dibutuhkan dalam percobaan tersebut contohnya kalsium karbida dan buah mangga.
  • Variabel percobaan merupakan faktor yang menentukan validitas (kebenaran) hasil penelitian yang dilakukan. Ada tiga jenis variabel yaitu terikat, bebas, dan kontrol. Variabel terikat dari percobaan tersebut yaitu tingkat kemanisan buah. Variabel bebas dari percobaan tersebut yaitu berbagai konsentrasi kalsium karbida. Variabel kontrol dari penelitian tersebut ialah buah mangga meliputi umur buah dan ukuran buah.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Seorang siswa melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh cahaya terhadap arah pertumbuhan kacang hijau”. Pernyataan berikut yang tidak dapat dimasukkan kedalam kesimpulan adalah …

Pembahasan Soal:

Kesimpulan merupakan pernyataan hipotesis yang diterima atau hipotesis yang sesuai dengan hasil percobaan. Terdapat 2 kemungkinan hasil dari percobaan tersebut yakni cahaya mempengaruhi arah pertumbuhan atau cahaya tidak mempengaruhi arah pertumbuhan kacang hijau. Perbandingan antara teori-teori ataupun tinjauan pustaka dengan hasil pengamatan yang didapat dapat dimasukkan kedalam pembahasan. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Anik akan melakukan percobaan yang berjudul "Pengaruh Penyiraman Tiga Jenis Air terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Biji Kacang Kedelai". Jenis- jenis air yang digunakan dalam percobaan Anik adalah ...

Pembahasan Soal:

Hipotesis merupakan jawaban atau dugaan sementara dari sebuah penelitian, dugaan yang mungkin benar dan mungkin salah. Hipotesis akan terbukti benar dan salahnya setelah dilakukan eksperimen dan diperoleh data. Hipotesis dibedakan menjadi dua yaitu hipotesis nol dan hipotesis alternatif. hipotesis nol (Ho) adalah hipotesis yang menyatakan tidak ada hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikatnya. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) adalah hipotesis yang meyatakan terdapat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikatnya.
Hipotesis yang dapat diambil dari percobaan diatas adalah, "Jenis air yang disiramkan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan biji kacang kedelai"

0

Roboguru

Mengapa sebelum melakukan percobaan perlu membuat rancangan percobaan? Komponen-komponen apa saja yang perlu dituliskan dalam rancangan percobaan?

Pembahasan Soal:

Pentingnya membuat rancangan percobaan sebelum melakukan percobaan yakni untuk menentukan perlakuan-perlakuan seperti apa yang harus didesain sehingga tujuan dalam penelitian dapat dijawab. Selain itu juga, dengan membuat rancangan percobaan akan membuat peneliti mudah untuk melakukan pengendalian lingkungan di luar percobaan. Komponen-komponen yang perlu dituliskan dalam rancangan percobaan antara lain :

  1. Memformulasikan rencana penelitian. Disini termasuk pernyataan singkat dari masalah yang harus dijawab dan tujuan penelitian. Peneliti ingin mempelajari apa dan bagaimana.
  2. Memilih faktor-faktor yang akan digunakan. Harus dipertimbangkan kisaran dan nilai-nilai faktor. Untuk mencerminkan dampak dari suatu faktor, perlu penelitian dilakukan pada berbagai taraf.
  3. Memilih variabel yang diukur. Suatu variabel diukur jika memberikan informasi tentang fenomena yang sedang diteliti (diamati). 
  4. Menentukan ruang lingkup inferensia. Menentukan gugus populasi dimana inferensia akan dilakukan. space 

0

Roboguru

Sekelompok siswa membuat rancangan penelitian dengan judul “Pengaruh cahaya terhadap arah pertumbuhan kacang hijau”. Siswa tersebut menempatkan tanaman kacang hijau didalam kardus yang telah dilubangi...

Pembahasan Soal:

Variabel bebas adalah perlakuan yang berbeda pada sebuah penelitian. Dari penelitian tersebut, tanaman kacang hijau diletakkan didalam kardus dengan posisi lubang yang berbeda-beda. Oleh karena itu, posisi lubang pada kardus adalah variabel bebas. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

0

Roboguru

Pada suatu percobaan dengan judul: "pengaruh suhu terhadap pertumbuhan biji kecambah kacang hijau" dipilih 15 biji kacang hijau yang besar, berat, bentuk, dan warnanya sama. Kemudian dirancang percoba...

Pembahasan Soal:

Variabel adalah faktor, kondisi atau hubungan antara kejadiaan-kejadian atau sistem. Jenis-jenis variabel sebagai berikut.

  • Variabel bebas: variabel yang diubah-ubah atau dimanipulasi.
  • Variabel terikat: variabel yang merupakan hasil dari variabel bebas.
  • Variabel kontrol: variabel yang dibuat sama selama percobaan.

Pada percobaan yang dilakukan, suhu merupakan variabel bebas karena perlakuan suhu nilainya dibuat berbeda. Pertumbuhan kacang hijau merupakan variabel terikat karena nilainya terpengaruh oleh suhu. Adapun besar, berat, bentuk, dan warna kacang hijau adalah variabel kontrol karena dibuat sama selama percobaan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved