Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gambarlah ABC siku-siku di titik A dengan AB = 6 cm dan AC = 5 cm. Kemudian lukislah ketiga garis berat pada ∆ABC tersebut dan tentukan titik perpotongannya!

Gambarlah ABC siku-siku di titik A dengan AB = 6 cm dan AC = 5 cm. Kemudian lukislah ketiga garis berat pada ∆ABC tersebut dan tentukan titik perpotongannya!space

Iklan

T. Rizki

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Garis berat pada suatu segitiga adalah garis yang ditarik dari titik sudut suatu segitiga dan membagi sisi dihadapannya menjadi dua bagian yang sama panjang. Diketahui : Ditanya : lukislah ketiga garis berat pada dan tentukan titik poerpotongannya. Jawab: Adapun langkah langkah untuk membuat garis berat: 1. Gambar dengan ketentuan : Kemudian cari sisi miring dengan rumus phtagoras: sehingga gambar segitiga sebagai berikut : 2. Buat garis sumbu pada garis dengan cara buat busur lingkaran dengan titik B sebagai titik pusat dan jari-jari lebih setengah dari sisi . Langkah selanjutnya buat busur lingkaran dengan titik A sebagai pusat lingkaran dengan jari-jari tetap sama seperti busur yang titik pusatnya di titik B sehingga memotong kedua busur, dan hubungkan ke-2 titik potong busur. Kemudian beri nama pada titik yang memotonggaris AB dengan titik K. 3.Hubungkan titik A dengan titik K. 4.Buat garis sumbu pada garis dengan cara buat busur lingkaran dengan titik Asebagai titik pusat dan jari-jari lebih setengah dari sisi AC (sejauh AT). Langkah selanjutnya buat busur lingkaran dengan titik Csebagai pusat lingkaran dengan jari-jari tetap sama seperti busur yang titik pusatnya di titik A(sejauh CL), sehingga memotong kedua busur di titik R dan U. lalu hubungkan titik R dan UKemudian beri nama pada titik yang memotonggaris ACdengan titik V. 5.Hubungkan titik Bdengan titik V. 6.Buat garis sumbu pada garis dengan cara buat busur lingkaran dengan titik B sebagai titik pusat dan jari-jari lebih setengah dari sisi BC(sejauh BX). Langkah selanjutnya buat busur lingkaran dengan titik Csebagai pusat lingkaran dengan jari-jari tetap sama seperti busur yang titik pusatnya di titik B(sejauh CW), sehingga memotong kedua busur di titik Jdan H. Lalu hubungkan titik Jdan HKemudian beri nama pada titik yang memotonggaris BCdengan titik Y. 7.Hubungkan titik Adengan titik Y. Jadi, hasil ketiga garis berat pada sebagai berikut: Dari gambar terlampir garis berat yakni garis BVAY, CK. Garis BVmenghubungkan sudut B dengan sisi AC, dan membagi sisi ACsama panjang. Garis AYmenghubungkan sudut Adengan sisi BC, dan membagi sisi BCsama panjang. Garis CKmenghubungkan sudut C dengan sisi AB, dan membagi sisi AB sama panjang. Titik perpotongan dari ketiga garis berat yakni pada titik O di tengah segitiga.

Garis berat pada suatu segitiga adalah garis yang ditarik dari titik sudut suatu segitiga dan membagi sisi dihadapannya menjadi dua bagian yang sama panjang.

Diketahui :
begin mathsize 14px style increment A B C equals space s i k u minus s i k u space d i space A A B equals 6 space c m A C equals 5 space c m end style

Ditanya :
lukislah ketiga garis berat pada begin mathsize 14px style increment A B C end style dan tentukan titik poerpotongannya. 

Jawab:

Adapun langkah langkah untuk membuat garis berat:

1. Gambar begin mathsize 14px style increment A B C end style dengan ketentuan :

undefined  

Kemudian cari sisi miring dengan rumus phtagoras:

 begin mathsize 14px style B C equals square root of left parenthesis A B right parenthesis squared plus open parentheses A C close parentheses squared end root B C equals square root of left parenthesis 6 right parenthesis squared plus open parentheses 5 close parentheses squared end root B C equals square root of open parentheses 36 close parentheses plus open parentheses 25 close parentheses end root B C equals square root of 61 end style 

sehingga gambar segitiga sebagai berikut :

2. Buat garis sumbu pada garis begin mathsize 14px style A B end style  dengan cara buat busur lingkaran dengan titik B sebagai titik pusat dan jari-jari lebih setengah dari sisi begin mathsize 14px style A B end style. Langkah selanjutnya buat busur lingkaran dengan titik A sebagai pusat lingkaran dengan jari-jari tetap sama seperti busur yang titik pusatnya di titik B sehingga memotong kedua busur, dan hubungkan ke-2 titik potong busur. Kemudian beri nama pada titik yang memotong garis AB dengan titik K.

 

3.Hubungkan titik A dengan titik K.

4. Buat garis sumbu pada garis undefined dengan cara buat busur lingkaran dengan titik A sebagai titik pusat dan jari-jari lebih setengah dari sisi AC (sejauh AT). Langkah selanjutnya buat busur lingkaran dengan titik C sebagai pusat lingkaran dengan jari-jari tetap sama seperti busur yang titik pusatnya di titik A (sejauh CL), sehingga memotong kedua busur di titik R dan U. lalu hubungkan titik R dan U Kemudian beri nama pada titik yang memotong garis AC dengan titik V.

5.Hubungkan titik B dengan titik V.

6. Buat garis sumbu pada garis undefined dengan cara buat busur lingkaran dengan titik B sebagai titik pusat dan jari-jari lebih setengah dari sisi BC (sejauh BX). Langkah selanjutnya buat busur lingkaran dengan titik C sebagai pusat lingkaran dengan jari-jari tetap sama seperti busur yang titik pusatnya di titik B (sejauh CW), sehingga memotong kedua busur di titik J dan H. Lalu hubungkan titik J dan H Kemudian beri nama pada titik yang memotong garis BC dengan titik Y.

7.Hubungkan titik A dengan titik Y.

Jadi, hasil ketiga garis berat pada begin mathsize 14px style increment A B C end style sebagai berikut:

Dari gambar terlampir garis berat yakni garis  BV AY, CK. 
Garis BV menghubungkan sudut B dengan sisi AC, dan membagi sisi AC sama panjang. Garis AY menghubungkan sudut A dengan sisi BC, dan membagi sisi BC sama panjang. Garis CK menghubungkan sudut C dengan sisi AB, dan membagi sisi AB sama panjang. Titik perpotongan dari ketiga garis berat yakni pada titik O di tengah segitiga.

 

 

Latihan Bab

Konsep Kilat

Jenis-Jenis dan Sifat-Sifat Segitiga

Garis Istimewa pada Segitiga

Sudut pada Segitiga

312

Vita Aminatus sholeha

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar segitiga KLM berikut. Urutan yang benar dalam melukis garis berat adalah ....

140

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia