Roboguru

Gambarkan ikatan kovalen pada atom-atom berikut dan kelompokan jenis ikatannya (tunggal, rangkap dua, rangkap tiga atau koordinasi):

Pertanyaan

Gambarkan ikatan kovalen pada atom-atom berikut dan kelompokan jenis ikatannya (tunggal, rangkap dua, rangkap tiga atau koordinasi):

Error converting from MathML to accessible text. 

 

Pembahasan Soal:

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terbentuk dengan cara penggunakan bersama pasangan elektron, yang terjadi antaratom nonlogam. Untuk menetukan ikatan kovalen yang terjadi, perlu digambarkan terlebih dahulu struktur Lewis-nya. Struktur Lewis adalah penggambaran distribusi elektron dalam suatu molekul. Tanda elektron yang digunakan berupa tanda titik (.) dan silang (x).

Ikatan kovalen berdasarkan jenis ikatan-nya:

  1. Ikatan kovalen tunggal
    Ikatan yang melibatkan sepasang elektron yang digunakan bersama.
  2. Ikatan kovalen rangkap 2
    Ikatan yang melibatkan 2 pasang elektron yang digunakan bersama.
  3. Ikatan kovalen rangkap 3
    Ikatan yang melibatkan 3 pasang elektron yang digunakan bersama.
  4. Ikatan kovalen koordinasi
    Ikatan kovalen yang terjadi ketika hanya satu atom saja yang menyumbang pasangan elektron.

Untuk menenukan jenis ikatan kovalen dari struktur Lewis ada beberapa langkah:

  • Menentukan elektron valensi masing-masing unsur
    Elektron yang digunakan untuk berikatan hanya elektron valensinya (ev) saja, yaitu elektron terluar dari unsur tersebut yang dapat ditentukan dari konfigurasi elektron.
    C presubscript 6 space colon space 2 space space 4   (memiliki 4 elektron valensi)
    H presubscript 1 space colon space 1  (memiliki 1 elektron valensi)
  • Menggambarkan struktur Lewis
    Senyawa yang terbentuk adalah C subscript 2 H subscript 2
    Dalam mencapai kestabilan, unsur karbon (C) membutuhkan 4 elektron lagi agar oktet (ev=8) Sedangkan unsur hidrogen (H) membutuhkan 1 elektron agar duplet (ev=2). Penggambaran struktur Lewisnya seperti berikut:

    Kemudian, 1 pasang elektron tersebut membentuk ikatan kovalen seperti berikut:

    Dari ikatan tersebut, dapat dituliskan jenis ikatannya seperti berikut:

Jadi, dari gambar di atas terlihat bahwa pada senyawa tersebut jenis ikatan kovalen pada ikatan karbon karbon merupakan ikatan rangkap 3, sedangkan pada ikatan karbon dan hidrogen adalah ikatan tunggal.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang kamu ketahui perihal senyawa kovalen?

Pembahasan Soal:

Senyawa kovalen merupakan senyawa yang terbentuk karena adanya ikatan kovalen antar atom-atom penyusunnya yang umumnya memiliki perbedaan elektronegativitas rendah. Ikatan kovalen umumnya terjadi antara atom non logam dengan atom non logam. Atom-atom tersebut saling berikatan karena adanya penggunaan elektron secara bersama-sama. Jika pasangan elektron yang dipakai hanya berasal dari salah satu atom, maka disebut ikatan kovalen koordinasi. Contoh senyawa kovalen seperti N H subscript 3 dan H subscript 2.space  

0

Roboguru

Unsur X memiliki konfigurasi elektron [Ne]3s23p3 dan unsur Y memiliki konfigurasi elektron [Ne]3s23p5. Rumus senyawa yang mengandung unsur X dan Y  yang benar adalah ...

Pembahasan Soal:

Unsur X  pada soal di atas memiliki konfigurasi elektron open square brackets Ne close square brackets space 3 italic s squared space 3 italic p cubed memiliki elektron valensi 3 italic s squared dan 3 italic p cubed, maka unsur ini memiliki jumlah elektron valensi 2 plus 3 equals 5 buah elektron. Hal ini menunjukkan bahwa unsur X terletak pada golongan V A dalam sistem periodik unsur. Unsur Y yang memiliki konfigurasi elektron open square brackets Ne close square brackets space 3 italic s squared space 3 italic p to the power of 5 memiliki elektron valensi 3 italic s squared dan 3 italic p to the power of 5, maka unsur ini memiliki jumlah elektron valensi 2 plus 5 equals 7 buah elektron. Hal ini menunjukkan bahwa unsur Y terletak pada golongan VII A dalam sistem periodik unsur. Unsur X yang merupakan unsur golongan V A dan unsur Y yang merupakan unsur golongan VII A menunjukkan bahwa keduanya termasuk unsur nonlogam dan jika kedua unsur ini bersenyawa maka akan berikatan kovalen.space

Pada saat atom-atom membentuk ikatan, hanya elektron-elektron pada kulit terluar yang berperan yaitu elektron valensi. Elektron valensi dapat digambarkan dengan struktur Lewis atau gambar titik elektron. Struktur Lewis berguna untuk memahami penggunaan elektron bersama pada ikatan kovalen. Unsur X yang memiliki 5 buah elektron valensi jika digambarkan dalam struktur Lewis akan membentuk struktur atom X dengan 3 elektron yang belum berpasangan dan 2 elektron lainnya akan berpasangan sebagai pasangan elektron bebas. Unsur Y yang memiliki 7 elektron valensi hanya perlu mengikat 1 buah elektron untuk mencapai oktet (8 elektron), maka setiap unsur Y dapat mengikat 1 elektron dari unsur X yang belum berpasangan, sehingga 3 buah elektron belum berpasangan unsur X dapat mengikat 3 buah unsur Y dalam strukturnya dan membentuk senyawa italic X Y subscript 3. Struktur Lewis dari senyawa italic X Y subscript 3 dan susunan elektron valensi dalam ikatannya adalah sebagai berikut.space


 


Dengan demikian, berdasarkan struktur Lewis di atas maka rumus senyawa yang mengandung unsur X dan Y  yang benar adalah italic X Y subscript 3.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Dengan mengacu pada aturan oktet, tentukan rumus kimia senyawa yg dapat dibentuk oleh pasangan unsur berikut:  C dengan H

Pembahasan Soal:

Atom akan selalu berusaha untuk mencapai kestabilan. Untuk mencapai kestabilan tersebut, sebagian besar atom berusaha untuk mempunyai delapan elektron kulit terluar (oktet). Oleh karena itu, atom-atom akan melakukan suatu ikatan kimia (ikatan ion atau kovalen).

Atom C dan H merupakan nonlogam. Ikatan yang terjadi antara nonlogam dan nonlogam adalah ikatan kovalen melalui pemakaian bersama pasangan elektron. Atom C memiliki nomor atom 6 dan elektron valensinya adalah 4 dan atom H memiliki elektron valensi 1.



Untuk memenuhi aturan oktet atom C memerlukan 4 elektron, sehingga atom C mengikat atom H sebanyak 4. Atom H harus memenuhi kaidah duplet, jadi membutuhkan 1 elektron. Terjadi pemakaian elektron secara bersama. Senyawa yang terbentuk adalah begin mathsize 14px style C H subscript 4 end style.

Jadi, dengan mengacu aturan oktet rumus kimia yang terbentuk dari pasangan unsur C dan H adalah undefined.

0

Roboguru

Berikan contoh dua unsur yang dapat membentuk ikatan kovalen. Jelaskan alasan mengapa kedua unsur tersebut yang Anda pilih. Bagaimana struktur Lewis dari senyawa tersebut?

Pembahasan Soal:

Dua unsur yang dapat membentuk ikatan kovalen adalah H dan O yang dapat membentuk beberapa senyawa salah satunya adalah senyawa H2O.

  1. Alasan dipilihnya unsur H dan O karena keduanya adalah unsur non-logam. Ikatan kovalen terbentuk karena terjadi penggunaan pasangan elektron bersama. Ikatan kovalen cenderung terjadi antar unsur non-logam.
  2. Struktur Lewis senyawa H2O sebagai berikut.

     


Jadi, senyawa H2O adalah contoh senyawa yang terbentuk melalui ikatan kovalen, karena H dan O merupakan unsur non-logam. 

0

Roboguru

Jelaskan penyelidikan senyawa berikatan ion, kovalen, kovalen polar, dan ikatan kovalen nonpolar. Gambarkan struktur Lewis elektron senyawaCCI4​ (6​C  dan 17​C).

Pembahasan Soal:

Ketika atom berinteraksi untuk membentuk ikatan kimia, hanya bagian terluarnya yang bersinggungan dengan atom lain. Oleh karena itu, untuk mempelajari ikatan kimia kita hanya perlu membahas elektron valensi dari atom-atom yang terlibat. Sistem titik yang disusun oleh Lewis digunakan untuk menggambarkan elektron valensi dari atom-atom yang terlibat dalam pembentukan ikatan kimia.

Sistem tersebut juga digunakan untuk meyakinkan bahwa atom-atom yang terlibat tidak mengalami perubahan. Lambang titik lewis (Lewis dot symbol) terdiri dari lambang unsur dan titik-titik yang setiap titiknya menggambarkan setiap elektron valensi dari atom-atom unsur. 

Untuk mengatahui ikatan yang terjadi pada senyawa CCl4 kita perlu menentukan elektron valensi dari masing-masing atom 

6C=24(elektronvalensi4)17Cl=287(elektronvalensi7)  


Sehingga kita bisa gambarkan ikatan kedua atom dalam senyawa CCl4 seperti berikut:


 


 

Satu garis menandakan ikatan rangkap 1 yang terbentuk dari pasangan elektron atom Cl dan atom C. Pembentukan ikatan rangkap 1 antara atom Cl dan C terjadi karena pemakaian bersama pasangan elektron tersebut, atau kita sebut sebagai ikatan kovalen rangkap 1. 

Ikatan kovalen yang terbentuk antara atom C dengan atom Cl memiliki perbedaan keelektronegatifan sebesar 0,4. Berarti, ikatan kovalen ini bersifat polar. Namun, jika atom C mengikat empat buah atom Cl dan membentuk molekul CCl4, molekulnya bersifat nonpolar. 

Pada molekul CCl4, atom pusat C berada di tengah dan secara simetris mengikat keempat atom Cl. Hal tersebut menyebabkan tidak ada pemisahan muatan sehingga dipol tidak terbentuk. Jadi, walaupun ikatannya bersifat polar, molekulnya bersifat nonpolar. 

Jadi, senyawa CCl4 memiliki ikatan kovalen non polar

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved