Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gambaran absolutisme raja Prancis dapat terlihat dari ungkapan Raja Louis XIV, LEtat, c'est moi yang berarri 'Negara adalah saya'. SEBAB Kekuasaan raja yang absolut telah membuat raja menjadi korup atau menyelewengkan kekuasaan demi kepentingan diri dan keluarganya.

Gambaran absolutisme raja Prancis dapat terlihat dari ungkapan Raja Louis XIV, LEtat, c'est moi yang berarri 'Negara adalah saya'.
SEBAB

Kekuasaan raja yang absolut telah membuat raja menjadi korup atau menyelewengkan kekuasaan demi kepentingan diri dan keluarganya.

 

  1.  

    Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.
     

  2. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.
     

  3. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.
     

  4. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.
     

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Iklan

A. NIZAR

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan tentang gambaran absolutisme raja Prancis dapat terlihat dari ungkapan Raja Louis XIV, LEtat, c'est moi yang berarti 'Negara adalah saya' adalah benar. Hal ini lah yang kemudian menjadi puncak ketidakpuasaan dan kekecewaan rakyat terhadap sistem dan praktik monarkhi absolut di Prancis. Alasan pada soal ini juga benar kekuasaan raja yang absolut telah membuat raja menjadi korup atau menyelewengkan kekuasaan demi kepentingan diri dan keluarganya. Hal ini sejalan dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh seorang politikus, Lord Acton, bahwa "kekuasaan itu cenderung korup dan kekuasaan yang absolut pastilah korup" ( Power tends to corrupt and absolute power corrupt absolutely ). Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa pernyataannya benar dan alasan juga benar serta keduanya memiliki hubungan sebab akibat.

Pernyataan tentang gambaran absolutisme raja Prancis dapat terlihat dari ungkapan Raja Louis XIV, LEtat, c'est moi yang berarti 'Negara adalah saya' adalah benar. Hal ini lah yang kemudian menjadi puncak ketidakpuasaan dan kekecewaan rakyat terhadap sistem dan praktik monarkhi absolut di Prancis.

Alasan pada soal ini juga benar kekuasaan raja yang absolut telah membuat raja menjadi korup atau menyelewengkan kekuasaan demi kepentingan diri dan keluarganya. Hal ini sejalan dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh seorang politikus, Lord Acton, bahwa "kekuasaan itu cenderung korup dan kekuasaan yang absolut pastilah korup" (Power tends to corrupt and absolute power corrupt absolutely).

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa pernyataannya benar dan alasan juga benar serta keduanya memiliki hubungan sebab akibat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

17

Nayun Grendis

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan yang menunjukkan bahwa raja adalah orang istimewa dan pusat dari segala-galanya, yaitu ....

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia