Roboguru

Gambar tokoh di bawah ini adalah salah satu pendiri organisasi ...

Pertanyaan

Gambar tokoh di bawah ini adalah salah satu pendiri organisasi ...

  1. Sarekat islam

  2. Budi Utomo

  3. Indische Partij

  4. PNI

Pembahasan Soal:

Budi Utomo adalah sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Soetomo dan para mahasiswa STOVIA yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji pada tanggal 20 Mei 1908. Digagaskan oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo. Organisasi ini bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan tetapi tidak bersifat politik.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut! Tuliskan peran gambar tokoh di atas dalam mendirikan sistem pendidikan, memajukan pengajaran, dan kebudayaan dalam berbagai bidang!

Pembahasan Soal:

Dr. Wahidin Sudirohusodo adalah salah seorang pahlawan nasional Indonesia. Beliau lahir di Mlati, Sleman, Yogyakarta pada 7 Januari 1852 dan meninggal di Yogyakarta pada 26 Mei 1917 pada umur 65 tahun. Namanya selalu dikaitkan dengan Budi Utomo karena walaupun ia bukan pendiri organisasi kebangkitan nasional itu, dialah penggagas berdirinya organisasi yang didirikan para pelajar STOVIA. Di Jakarta, Sudirohusodo mencoba mengunjungi para pelajar STOVIA dan menjelaskan detail gagasannya. Dokter lulusan STOVIA ini sangat senang bergaul dengan rakyat biasa, sehingga tak heran bila ia mengetahui banyak penderitaan rakyat. Ia juga sangat menyadari bagaimana terbelakang dan tertindasnya rakyat akibat penjajahan Belanda. Menurutnya, salah satu cara untuk membebaskan diri dari penjajahan, rakyat harus cerdas. Untuk itu, rakyat harus diberi kesempatan mengikuti pendidikan di sekolah-sekolah. Sebagai dokter, ia sering mengobati rakyat tanpa memungut bayaran. Dua pokok yang menjadi perjuangannya ialah memperluas pendidikan dan pengajaran dan memupuk kesadaran kebangsaan. Untuk mewujudkan perjuangannya saat itu, Sudirohusodo menganjurkan agar para pelajar itu mendirikan organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Ternyata gagasan Sudirohusodo ini mendapat sambutan baik dari para pelajar STOVIA itu. Mereka juga sependapat dan menyadari bagaimana buruknya nasib rakyat Indonesia pada waktu itu. Pada tanggal 20 Mei 1908, Dr. Sutomo dan kawan-kawannya mendirikan sebuah organisasi yang diberi nama Budi Utomo. Inilah organisasi modern pertama yang lahir di Indonesia.

Organisasi Budi Utomo membawa harapan baru. Untuk mengembangkannya, muncul rencana untuk mengadakan suatu musyawarah umum atau kongres. Kongres itu disebut Kongres Nasional Orang-Orang Jawa. Kongres itu dilaksanakan di Yogyakarta pada Oktober 1908. Para pengurus Budi Utomo bersepakat untuk mengangkat Dokter Wahidin sebagai ketua panitia kongres. Adapun Yogyakarta dipilih sebagai tempat pelaksanaannya karena kota tersebut berada di tengah Pulau Jawa. Dengan demikian, jarak ke tempat kongres menjadi adil bagi peserta yang berasal dari wilayah barat atau timur Pulau Jawa. Dalam kongres itu, Dokter Wahidin kembali mengemukakan gagasannya. Dia mengemukakan bahwa sangat penting untuk mengambil hal yang baik dari budaya Eropa dan meninggalkan hal yang buruk dari adat sendiri. Namun, adat dan budaya sendiri yang baik, tentu saja, harus dilestarikan. Selain itu, dengan dukungan Budi Utomo, gagasan lama Dokter Wahidin untuk mendirikan lembaga beasiswa itu terus diperjuangkan. Usaha itu dijadikan sebagai salah satu program Budi Utomo. Usaha itu menampakkan tanda-tanda keberhasilan dengan membuat sebuah lembaga khusus untuk mengurusi beasiswa. Namanya adalah “Darmawara”. Lembaga itu berdiri pada 25 Oktober 1913.

Berdasarkan penjelasan di atas maka peranan Dr. Wahidin Sudirohusodo untuk memajukan pengajaran dan kebudayaan adalah dengan menjadi penggagas berdirinya organisasi Budi Utomo dimana pendirian organisasi itu bertujuan untuk memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Organisasi Budi Utomo pun menjadi inspirasi untuk berdirinya organisasi-organisasi lain. Melalui organisasi ini pula dibuat lembaga beasiswa Darmawa dengan tujuan untuk memajukan pendidikan saat itu. Selain itu, Dr. Wahidin pun dalam salah satu kongres Budi Utomo berpendapat bahwasannya sangat penting untuk mengambil hal yang baik dari budaya Eropa dan meninggalkan hal yang buruk dari adat sendiri. Namun, adat dan budaya sendiri yang baik, tentu saja, harus dilestarikan.

0

Roboguru

Sebutkan para pahlawan pendiri Budi Utomo!

Pembahasan Soal:

Budi Utomo merupakan organisasi modern pertama yang didirikan oleh bangsa lndonesia. Lahirnya Budi Utomo diawali oleh pemikiran dan kepedulian dr. Wahidin Sudirohusodo terhadap pendidikan bagi kalangan pribumi. Pemikiran tersebut menginspirasi dr. Sutomo dan pelajar-pelajar STOVIA lainnya untuk mendirikan Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908.

Dengan demikian, pahlawan yang berperan dalam berdirinya Budi Utomo adalah dr. Sutomo dan dr. Wahidin Sudirohusodo.

0

Roboguru

Salah satu pendiri Budi Utomo ialah...

Pembahasan Soal:

Budi Utomo merupakan organisasi pertama yang lahir di masa pergerakan pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi ini dipelopori oleh para mahasiswa School Tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA). Organisasi Budi Utomo (BU) yang bersifat sosio-kultural didirikan antara lain oleh Sutomo, Gunawan atas rintisan Wahidin Sudirohusodo. Tujuan didirkannya Budi Utomo adalah untuk mengumpulkan dana guna membantu kaum bumiputera yang kekurangan dalam menempuh pendidikan.

Dengan demikian salah satu pendiri Budi Utomo ialah Sutomo.

0

Roboguru

Budi Utomo yang berdiri pada 1908 bukan merupakan organisasi politik melainkan organisasi sosial yang lebih memperhatikan....

Pembahasan Soal:

Pada 20 Mei 1908, para siswa STOVIA berhasil menghimpun rekan-rekan dari beberapa lembaga pendidikan di Jawa dan membentuk organisasi. Para pemuda yang tergabung dalam organisasi ini pada umumnya masih berusia antara 18-22 tahun yang berasal dari Cultuurschool (Bogor), OSVIA (Magelang dan Probolinggo), Normalschool (Yogyakarta, Bandung, dan Probolinggo), dan HBS (Surabaya). Mereka kemudian membentuk organisasi resmi yang diberi nama Budi Utomo dengan Soetomo sebagai ketuanya. Budi Utomo bertujuan memperbaiki kehidupan masyarakat melalui pendidikan dan kebudayaan. Organisasi ini tidak bersifat politis dan bersikap kooperarif dengan pemerintah kolonial Belanda. Organisasi yang lahir dari kalangan priayi Jawa terpelajar ini dinilai bersikap baik sehingga dianggap tidak berbahaya bagi pemerintah kolonial. Dari penjelasan berikut maka jawaban yang tepat  bahwa  Budi Utomo yang berdiri pada 1908 bukan merupakan organisasi politik melainkan pendidikan dan kebudayaan.

0

Roboguru

Sebutkan kendala yang dihadapi saat pembentukan organisasi Budi Utomo!

Pembahasan Soal:

Organisasi Budi Utomo berdiri tanggal 20 Mei 1908 oleh para mahasiswa Sekolah Kedokteran (STOVIA) di Jakarta, yaitu Sutomo, Suraji, Gunawan Mangunkusumo. Budi Utomo (BU) ini sejak awal sudah menetapkan bidang pendidikan sebagai pusat perhatiannya, dengan wilayah Jawa dan Madura sebagai sasaran. Pro dan kontra selalu mewarnai dalam kehidupan berorganisasi, tak terkecuali dalam pendirian Budi Utomo. Yang kontra mendirikan organisasi tandingan Regent Bond, yang anggota-anggotanya berasal dari kalangan bupati penganut status quo yang tidak menginginkan perubahan. Sedang yang pro, antara lain Tirto Kusumo, merupakan kalangan muda yang berpikiran maju. Dengan demikian kendala yang dihadapi adalah adanya sebgian pimpinan pribumi (bupati) yang tidak menginginkan perubahan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved