Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gambar di bawah menunjukkan suatu sistem pengereman mobil. Tong rem (brake drum) berotasi bersamaan. Pedal rem dengan roda-roda mobil. Ketika kaki pengendara menginjak pedal rem, menyebabkan sepatu menggesek tong rem dan mobil berhenti. (i) Jelaskan prinsip yang menyebabkan sepatu menggesek tong rem ketika pengendara menginjak pedal rem. (ii) Mengapa minyak adalah cairan rem yang sesuai? Jelaskan. Luas pengisap master adalah 3,5 cm 2 .Misalnya kaki pengendara mengerjakan gaya 160 N pada pengisap master. Luas tiap pengisap rem adalah 5,6 cm 2 .(i) Hitung tekanan yang diciptakan dalam cairan rem oleh pengisap master. (ii) Nyatakan tekanan dalam cairan rem yang dekat dengan pengisap rem. (iii) Hitung gaya yang dikerjakan pada satu pengisap rem oleh cairan rem.

Gambar di bawah menunjukkan suatu sistem pengereman mobil. Tong rem (brake drum) berotasi bersamaan.


Pedal rem dengan roda-roda mobil. Ketika kaki pengendara menginjak pedal rem, menyebabkan sepatu menggesek tong rem dan mobil berhenti.space 

  1. (i) Jelaskan prinsip yang menyebabkan sepatu menggesek tong rem ketika pengendara menginjak pedal rem. (ii) Mengapa minyak adalah cairan rem yang sesuai? Jelaskan.
  2. Luas pengisap master adalah 3,5 cm2. Misalnya kaki pengendara mengerjakan gaya 160 N pada pengisap master. Luas tiap pengisap rem adalah 5,6 cm2. (i) Hitung tekanan yang diciptakan dalam cairan rem oleh pengisap master. (ii) Nyatakan tekanan dalam cairan rem yang dekat dengan pengisap rem. (iii) Hitung gaya yang dikerjakan pada satu pengisap rem oleh cairan rem.

Iklan

J. Khairina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

1(i)Rem bekerja menggunakan prinsip hukum pascal, hukum pascal berbunyi"tekanan yang diberikan kepada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan sama besar ke segala arah.". Tekanan dari sepatu diteruskan oleh fluida sehingga bisa menggesek tong rem. 1(ii) Minyak digunakan karena sifatnya yang encer dan titik didihnya lebih tinggi daripada air, sehingga tidak mudah mendidih. Diketahui: F m = 160 N A m =3,5 cm 2 = 3,5 x 10 -4 m 2 A r = 5,6cm 2 = 5,6x 10 -4 m 2 Ditanya: P m , P r , F r ? Jawab: 2(i) Tekanan adalah gaya persatuan luas jadi P m bisa dicari dengan persamaan P m ​ ​ = ​ A m ​ F m ​ ​ ​ P m ​ ​ = = = ​ A m ​ F m ​ ​ 3 , 5 ⋅ 1 0 − 4 160 ​ 4 , 57 ⋅ 1 0 5 Pa ​ Jadi besarnya tekanan dari penghisap mistar sebesar ​ ​ 4 , 57 ⋅ 10 5 Pa ​ . 2(ii) Berdasarkan hukum pascal tekanan dari pengisap master deteruskan ke minyak sehingga besarnya tekanan pada minyak ( P r ) sama dengan tekanan pada pengisap master ( P r ). P r ​ P r ​ ​ = = ​ P m ​ 4 , 57 ⋅ 1 0 5 Pa ​ Jadi besarnya tekanan dalam cairan remsebesar ​ ​ 4 , 57 ⋅ 10 5 Pa ​ . 2(iii) Dengan menggunakan persamaan tekanan diatas kita bisa mencari gaya pada pengisap rem oleh cairan rem. P r ​ F r ​ ​ = = = = ​ A r ​ F r ​ ​ P r ​ ⋅ A r ​ 4 , 57 ⋅ 1 0 5 ⋅ 5 , 6 ⋅ 1 0 − 4 256 N ​ Jadi gaya yang deberikan cairan rem sebesar 256 N.

1(i) Rem bekerja menggunakan prinsip hukum pascal, hukum pascal berbunyi "tekanan yang diberikan kepada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan sama besar ke segala arah.". Tekanan dari sepatu diteruskan oleh fluida sehingga bisa menggesek tong rem.

1(ii) Minyak digunakan karena sifatnya yang encer dan titik didihnya lebih tinggi daripada air, sehingga tidak mudah mendidih.

Diketahui:

Fm = 160 N

Am = 3,5 cm2 = 3,5 x 10-4 m2

Ar = 5,6 cm2 = 5,6 x 10-4 m2

Ditanya: PmPr, Fr ?

Jawab:

2(i) Tekanan adalah gaya persatuan luas jadi Pm bisa dicari dengan persamaan 

Jadi besarnya tekanan dari penghisap mistar sebesar .

2(ii) Berdasarkan hukum pascal tekanan dari pengisap master deteruskan  ke minyak sehingga besarnya tekanan pada minyak (Pr) sama dengan tekanan pada pengisap master (Pr).

Jadi besarnya tekanan dalam cairan rem sebesar .

2(iii) Dengan menggunakan persamaan tekanan diatas kita bisa mencari gaya pada pengisap rem oleh cairan rem.

Jadi gaya yang deberikan cairan rem sebesar 256 N.

   space space

Latihan Bab

Tekanan Zat Padat

Tekanan Zat Cair

Tekanan Zat Gas

Hukum Pascal

120

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah pompa hidrolik mempunyai luas penampang kecil sebesar8 cm 2 dan diberi gaya sebesar 24 N. Berapa luas penampang besar, bila gaya yang dihasilkan sebesar120 N?

3rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia