Roboguru

Gambar berikut menunjukkan sebuah motor listrik. Jelaskan bagaimana kumparan dapat berputar.

Pertanyaan

Gambar berikut menunjukkan sebuah motor listrik.

Jelaskan bagaimana kumparan dapat berputar.

Pembahasan Soal:

Jawab :

Kumparan dalam moto listrik dapat berputar karena pengaruh gaya magnet yang dialami kumparan. Kumparan dapat berputar saat kumparan dialiri arus listrik dan kumparan berada di dalam medan magnet. Saat kumparan yang berada dalam medan magnet dialiri arus, kawat kumparan yang berada di dekat kutub magnet utara akan mengalami gaya magnet dengan arah keatas sedangkan kawat kumparan yang berada di dekat kutub selatan akan mengalami gaya magnet dengan arah ke bawah. Kedua pasangan gaya yang sama besar dan berlawanan arah ini disebut momen kopel. Berdasarkan gambar pada soal, momen kopel pada kumparan menyebabkan kumparan berotasi terhadap poros searah jarum jam. Arah putaran kumparan ini dapat ditenukan dengan kaidah tangan kanan.

Jadi kumparan dapat berputar karena adanya gaya magnet yang terjadi saat kumparan dialiri arus listrik dan berada dalam medan magnet. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Syarif

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Padang

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Motor listrik merupakan salah satu aplikasi gaya Lorentz. Jika arus yang masuk ke motor listrik diperbesar, bagaimana gerakan motor listrik?

Pembahasan Soal:

Oleh karena arus listrik berbanding lurus dengan gaya lorentz. Jadi semakin besar arus yang diterima maka semakin besar pula energi yang dapat dihasilkan.undefined 

0

Roboguru

Gambar berikut menunjukkan sebuah kumparan kawat tembaga persegi panjang vertikal di antara kutub-kutub sebuah elektromagnet. Ketika elektromagnet dihubungkan, potongan kutub sebelah kiri menjadi kutu...

Pembahasan Soal:

Jawab :

Pada gambar terlihat kumparan berada dalam medan magnet yang arahnya dari U ke S atau dari kiri ke kanan. Kawat yang berada pada bagian atas dan bawah tidak mengalami gaya Lorentz karena arus listrik pada bagian kawat tersebut searah dan berlawan arah dengan medan magnet. Sedangkan kawat yang berada pada bagian kiri dan kanan mengalami gaya Lorentz dengan arah yang berbeda. Arah gaya Lorentz ini dapat ditentukan dengan aturan tangan kanan. Kawat di bagian kiri akan mengalami gaya Lorentz dengan arah masuk ke bidang. Kawat di bagian kanan akan mengalami gaya Lorentz dengan arah keluar bidang. Hal ini menyebabkan kumparan  akan berotasi terhadap poros YY.

Jadi Hal yang terjadi ketika pertama kali menghubungkan elektromagnet adalah kumparan berotasi terhadap poros YY. Oleh karena itu jawaban yang benar adalah D. 

0

Roboguru

Kelompok alat-alat elektronik yang menerapkan prinsip gaya Lorentz adalah....

Pembahasan Soal:

Motor listrik digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Beberapa motor listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya motor listrik pada kipas angin berfungsi untuk menggerakkan baling-baling. Motor listrik memiliki beberapa komponen, diantaranya magnet tetap dan kumparan. Jika ada arus listrik yang mengalir pada kumparan yang terletak dalam medan magnet, maka kumparan tersebut akan mengalami gaya Lorentz sehingga kumparan akan berputar. Alat elektronik yang memanfaatkan prinsip gaya Lorentz adalah blender, mesin cuci, cooling pad (kipas PC atau laptop).

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Ke manakah arah gaya Lorentz jika arah arus ke sumbu-X dan arah medan magnet ke sumbu-Y?

Pembahasan Soal:

Kita gunakan asumsi umum bahwa sumbu-X ke arah kanan (positif) dan sumbu-Y ke arah atas (positif). Dengan menggunakan kaidah tangan kanan, diperoleh bahwa arah gaya Lorentz adalah keluar bidang kertas menuju pembaca (Z positif).

0

Roboguru

Perhatikan skema generator sepeda berikut! Ketika pemutar generator menempel pada ban sepeda, lampu sepeda menyala makin terang ketika  ....

Pembahasan Soal:

Cara kerja untuk menyelakan lampu sepeda adalah sebagai berikut:

Dinamo atau generator dihubungkan dengan roda sepeda. Pada proses itulah terjadi perubalian energi gerak menjadi energi listrik. Pada generator perubahan garis gaya magnet diperoleh dengan cara memutar kumparan di dalam medan magnet permanen. Karena dihubungkan dengan cincin geser, perputaran kumparan menimbulkan GGL induksi. 

Lampu pijar dipasang pada kabel yang menghubungkan kedua ujung kumparan. lampu tersebut akan dilalui arus induksi. Akibatnya, lampu tersebut menyala. Nyala lampu akan semakin terang jika perputaran magnet makin cepat atau dengan cara mempercepat laju sepeda. 

 

Jawaban yang benar adalah A 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved