Roboguru

Gambar berikut menunjukkan sebuah kumparan kawat tembaga persegi panjang vertikal di antara kutub-kutub sebuah elektromagnet. Ketika elektromagnet dihubungkan, potongan kutub sebelah kiri menjadi kutub utara. Dalam kumparan mengalir arus searah jarum jam.  Hal yang terjadi ketika pertama kali menghubungkan elektromagnet adalah…

Pertanyaan

Gambar berikut menunjukkan sebuah kumparan kawat tembaga persegi panjang vertikal di antara kutub-kutub sebuah elektromagnet. Ketika elektromagnet dihubungkan, potongan kutub sebelah kiri menjadi kutub utara. Dalam kumparan mengalir arus searah jarum jam. 

Hal yang terjadi ketika pertama kali menghubungkan elektromagnet adalah

  1. kumparan bergerak vertikal ke atas

  2. kumparan bergerak vertikal ke bawah

  3. kumparan berotasi terhadap poros XX

  4. kumparan berotasi terhadap poros YY

Pembahasan Soal:

Jawab :

Pada gambar terlihat kumparan berada dalam medan magnet yang arahnya dari U ke S atau dari kiri ke kanan. Kawat yang berada pada bagian atas dan bawah tidak mengalami gaya Lorentz karena arus listrik pada bagian kawat tersebut searah dan berlawan arah dengan medan magnet. Sedangkan kawat yang berada pada bagian kiri dan kanan mengalami gaya Lorentz dengan arah yang berbeda. Arah gaya Lorentz ini dapat ditentukan dengan aturan tangan kanan. Kawat di bagian kiri akan mengalami gaya Lorentz dengan arah masuk ke bidang. Kawat di bagian kanan akan mengalami gaya Lorentz dengan arah keluar bidang. Hal ini menyebabkan kumparan  akan berotasi terhadap poros YY.

Jadi Hal yang terjadi ketika pertama kali menghubungkan elektromagnet adalah kumparan berotasi terhadap poros YY. Oleh karena itu jawaban yang benar adalah D. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Syarif

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Padang

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gambar berikut menunjukkan sebuah motor listrik. Jelaskan bagaimana kumparan dapat berputar.

Pembahasan Soal:

Jawab :

Kumparan dalam moto listrik dapat berputar karena pengaruh gaya magnet yang dialami kumparan. Kumparan dapat berputar saat kumparan dialiri arus listrik dan kumparan berada di dalam medan magnet. Saat kumparan yang berada dalam medan magnet dialiri arus, kawat kumparan yang berada di dekat kutub magnet utara akan mengalami gaya magnet dengan arah keatas sedangkan kawat kumparan yang berada di dekat kutub selatan akan mengalami gaya magnet dengan arah ke bawah. Kedua pasangan gaya yang sama besar dan berlawanan arah ini disebut momen kopel. Berdasarkan gambar pada soal, momen kopel pada kumparan menyebabkan kumparan berotasi terhadap poros searah jarum jam. Arah putaran kumparan ini dapat ditenukan dengan kaidah tangan kanan.

Jadi kumparan dapat berputar karena adanya gaya magnet yang terjadi saat kumparan dialiri arus listrik dan berada dalam medan magnet. 

0

Roboguru

Kelompok alat-alat elektronik yang menerapkan prinsip gaya Lorentz adalah....

Pembahasan Soal:

Motor listrik digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Beberapa motor listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya motor listrik pada kipas angin berfungsi untuk menggerakkan baling-baling. Motor listrik memiliki beberapa komponen, diantaranya magnet tetap dan kumparan. Jika ada arus listrik yang mengalir pada kumparan yang terletak dalam medan magnet, maka kumparan tersebut akan mengalami gaya Lorentz sehingga kumparan akan berputar. Alat elektronik yang memanfaatkan prinsip gaya Lorentz adalah blender, mesin cuci, cooling pad (kipas PC atau laptop).

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Motor listrik merupakan salah satu aplikasi gaya Lorentz. Jika arus yang masuk ke motor listrik diperbesar, bagaimana gerakan motor listrik?

Pembahasan Soal:

Oleh karena arus listrik berbanding lurus dengan gaya lorentz. Jadi semakin besar arus yang diterima maka semakin besar pula energi yang dapat dihasilkan.undefined 

0

Roboguru

Prinsip kerja dinamo sepeda adalah ……

Pembahasan Soal:

Prinsip kerja dinamo adalah menggerakkan kutub magnet di dekat kumparan atau menggerakkan kumparan di dekat kutub magnet sehingga terjadi GGL Induksi.space

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Jelaskan cara kerja dari generator dan motor!

Pembahasan Soal:

Generator adalah alat yang berfungsi mengubah energi kinetik putaran menjadi energi listrik. Terdapat dua jenis generator, yaitu Generator arus bolak-balik (AC) dan Generator arus searah (DC). 

Generator AC menggunakan sebuah kumparan berotasi dalam suatu medan magnetik untuk membangkitkan listrik. Kumparan rotasi dapat diperlakukan sebagai konduktor lurus dengan empat sisi yang bergerak bersamaan. Selama kumparan berputar, selalu terjadi perubahan fluks magnetik yang memotong kumparan dan perubahan fluks magnetik ini akan membangkitkan GGL induksi pada ujung-ujung kumparan sehingga arus mengalir jika ujung-ujung kumparan ditutup dengan beban listrik.

Sementara itu, Desain generator DC mirip dengan generator AC, tetapi dua cincin luncurnya diganti dengan sebuah cincin belah yang disebut komutator. Pada generator DC, komutator dan sikat yang bersentuhan tidak ikut berotasi saat kumparan berotasi sehingga saat arus bertukar arah, polaritas komutator tetap. Arus induksi selalu mengalir satu arah, yaitu dari positif ke negatif melalui beban listrik. 

Sedangkan motor listrik menggunakan energi listrik untuk menghasilkan energi mekanis. Hal ini berkebalikan dengan proses pada generator, yang menggunakan energi mekanis untuk menghasilkan energi listrik. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved