Iklan

Iklan

Pertanyaan

Gambar berikut menunjukkan kedalaman yang berubah-ubah dari danau X. Danau tersebut menghilang sama sekali pada kira-kira tahun 20.000 sebelum Masehi, selama zaman Es. Pada kira-kira 11.000 SM danau itu kembali muncul. sekarang kedalamannya sama dengan kedalaman pada tahun 1.000 M. Di danau tersebut dihuni oleh berbagai jenis ikandan udang. Makin dalam danau, populasi ikan dan udang akan meningkat drastis. Sebaliknya, saat kedalamannya kurang dari 2 meter, populasinya akan menurun drastis karena burung bangau dan burung camar dapat dengan mudah menangkap ikan dan udang di danau tersebut. Akibatnya populasi ikan dan udang makin menurun. Berdasarkan grafik dan uraian tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. Kapan kedalaman danau X sesuai untuk kehidupan burung bangau dan burung camar? jelaskan! Kapan kedalaman danau X paling sesuai untuk kehidupan ikan dan udang? Jelaskan! Berapakah kedalaman danau X sekarang? Kira-kira pada tahun berapa grafik tersebut dimulai? Menurut anda, mengapa penulis memulai grafik pada titik tersebut?

Gambar berikut menunjukkan kedalaman yang berubah-ubah dari danau X. Danau tersebut menghilang sama sekali pada kira-kira tahun 20.000 sebelum Masehi, selama zaman Es. Pada kira-kira 11.000 SM danau itu kembali muncul. sekarang kedalamannya sama dengan kedalaman pada tahun 1.000 M.undefined 

Di danau tersebut dihuni oleh berbagai jenis ikan dan udang. Makin dalam danau, populasi ikan dan udang akan meningkat drastis. Sebaliknya, saat kedalamannya kurang dari 2 meter, populasinya akan menurun drastis karena burung bangau dan burung camar dapat dengan mudah menangkap ikan dan udang di danau tersebut. Akibatnya populasi ikan dan udang makin menurun. Berdasarkan grafik dan uraian tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.undefined 

  1. Kapan kedalaman danau X sesuai untuk kehidupan burung bangau dan burung camar? jelaskan!undefined 
  2. Kapan kedalaman danau X paling sesuai untuk kehidupan ikan dan udang? Jelaskan!undefined 
  3. Berapakah kedalaman danau X sekarang?undefined 
  4. Kira-kira pada tahun berapa grafik tersebut dimulai? Menurut anda, mengapa penulis memulai grafik pada titik tersebut?undefined 

Iklan

I. Nurazizah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Kedalaman danau sesuai untuk kehidupan burung camar dan bangau saat kedalamannya kurang dari 2 meter karena burung-burung tersebut mudah untuk memperoleh ikan dan udang sebagai sumber makanannya. Kedalaman danau sesuai untuk populasi udang dan ikan saat kedalamannya lebih dari 2 meter hal ini dikarenakan jumlah predator yang tidak terlalu banyak. Kedalaman danau X saat ini sama dengan kedalaman danau X pada 1000 masehi yang diperkirakan sekitar 2 meter. Berdasarkan grafik diperkirakan grafik tersebut dimulai pada tahun 20.000 SM saat danau tersebut menghilang. Adapun tujuan pembuatan grafik bertujuan untuk mengamati perubahan kedalaman danau dari waktu ke waktu.

  1. Kedalaman danau sesuai untuk kehidupan burung camar dan bangau saat kedalamannya kurang dari 2 meter karena burung-burung tersebut mudah untuk memperoleh ikan dan udang sebagai sumber makanannya.
  2. Kedalaman danau sesuai untuk populasi udang dan ikan saat kedalamannya lebih dari 2 meter hal ini dikarenakan jumlah predator yang tidak terlalu banyak.
  3. Kedalaman danau X saat ini sama dengan kedalaman danau X pada 1000 masehi yang diperkirakan sekitar 2 meter.
  4. Berdasarkan grafik diperkirakan grafik tersebut dimulai pada tahun 20.000 SM saat danau tersebut menghilang. Adapun tujuan pembuatan grafik bertujuan untuk mengamati perubahan kedalaman danau dari waktu ke waktu.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

24

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dinamika populasi menurun dipengaruhi oleh faktor . .. . natalitas mortalitas imigrasi emigrasi

8

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia