Roboguru

Pertanyaan

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-6!


    Negeri ini memiliki banyak jenis ikan hias air tawar. Beberapa ikan hias air tawar asal lndonesia yang menjadi primadona adalah arwana dan cupang. Indonesia juga berhasil mendomestikasi ikan impor, seperti koki, koi, discus dan guppy. Salah satu jenis ikan hias air tawar bernilai ekonomi cukup tinggi yang banyak dicari dan dibudidayakan di Indonesia adalah ikan koi.

    lkan koi atau Cyprinus carpio L termasuk ikan mas (Cyprinus carpio) yang mempunyai ornamen sangat indah dan jinak. Koi biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahan dan keberuntungan di dalam dan luar rumah. Karena ikan koi sangat dekat berkerabat dengan ikan mas, di Indonesia banyak orang menyebutnya ikan mas koi.

    Kata koi berasal dari bahasa Jepang yang berarti 'ikan karper'. Lebih spesifik lagi merujuk pada nishikigoi yang kurang lebih bermakna 'ikan karper yang bersulam emas atau perak'. Di Jepang, koi menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan. Kata koi merupakan homofon untuk kata lain yang juga bermakna 'kasih sayang' atau 'cinta'.

    lkan koi pertama kali dikembangkan di Jepang sekitar tahun 1820-an dengan menyilangkan beberapa strain ikan karper menjadi ikan koi dengan warna merah dan putih yang menarik. Pada tahun-tahun berikutnya, berkembang ikan koi dengan berbagai varian warna menarik lainnya. Dari negeri sakura inilah, popularitas ikan hias air tawar ini menyebar ke berbagai belahan dunia lain.

    Jenis ikan koi dibedakan dari warnanya, polanya, dan ukurannya. Beberapa unsur warnanya adalah putih, hitam, merah, kuning, biru, dan krem. Jenis koi paling dikenal adalah jenis gosanke yang terdiri dari kohaku, taisho sanshoku, dan showa sanshoku.

    Ciri fisik ikan koi jenis sanke merupakan ikan koi dengan komposisi tiga warna di tubuhnya, yaitu Merah (HI), Putih dan Hitam (SUMI). Dalam bahasa Jepang Sanke dikenal juga dengan nama Taishio Sansoku. Koi jenis Sanke merupakan koi yang sering dimasukkan kategori utama pada kejuaraan kontes koi. Ketajaman warna merah dan putih menjadi kriteria kualitas Koi Sanke. Pola hitam juga harus memiliki warna yang tegas dan hitam pekat. Warna putih juga harus seperti salju.

Gagasan utama paragraf 1 teks tersebut adalah ...

  1. Negeri Indonesia memiliki banyak jenis ikan hias air tawar.

  2. Cupang merupakan ikan hias air tawar asal Indonesia yang menjadi primadona.

  3. Indonesia juga berhasil mendomestikasi ikan impor, seperti koki, koi, discus dan guppy.

  4. lkan koi merupakan hias air tawar bernilai ekonomi cukup tinggi.

  5. lkan koi banyak dicari dan dibudidayakan di Indonesia.

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat ialah pilihan A.

Pembahasan

Dari segi isi, teks laporan hasil observasi merupakan wacana yang berisi paparan hasil kegiatan pengamatan (observasi), penelitian, riset, atau survei. Di dalam teks tersebut, disampaikan informasi, fakta-fakta, data-data atau kenyataan-kenyataan yang ditemukan. Teks laporan yang baik tidak menyampaikan opini pribadi yang bersifat subjektif, tetapi menyampaikan interpretasi atau analisis terhadap data-data yang ditemukan.

Gagasan utama merupakan gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu teks. Gagasan utama dituangkan dalam kalimat utama. Berikut cara menemukan gagasan utama pada teks laporan hasil observasi.

  1. Mendaftar kata kunci pada teks.
  2. Memetakan bagian-bagian pada teks hasil observasi.
  3. Memetakan paragraf (memilah kalimat utama dan penjelas).
  4. Menentukan kalimat utama.
  5. Merumuskan inti kalimat utama.

Kutipan:

Negeri ini memiliki banyak jenis ikan hias air tawar. Beberapa ikan hias air tawar asal lndonesia yang menjadi primadona adalah arwana dan cupang. Indonesia juga berhasil mendomestikasi ikan impor, seperti koki, koi, discus dan guppy. Salah satu jenis ikan hias air tawar bernilai ekonomi cukup tinggi yang banyak dicari dan dibudidayakan di Indonesia adalah ikan koi.

Gagasan utama pada paragraf di atas terdapat pada kalimat utama. Adapun kalimat utama paragraf tersebut ialah "Negeri ini memiliki banyak jenis ikan hias air tawar." Negeri ini merujuk kepada Indonesia. Adapun kalimat kedua sampai keempat merupakan kalimat yang menjelaskan tentang jenis-jenis ikan hias di Indonesia.

Sehingga, kalimat utama paragraf 1 teks tersebut adalah "Negeri Indonesia memiliki banyak jenis ikan hias air tawar".

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan A.

158

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Kegiatan menafsirkan lebih fokus dan memprioritaskan studi tentang bagian bagian yang ....

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia