Roboguru

Gagasan terpenting yang disampaikan orator dalam teks di atas adalah ....

Pertanyaan

Gagasan terpenting yang disampaikan orator dalam teks di atas adalah ....space 

  1. Tentara lnggris memerintahkan pejuang rakyat Surabaya untuk menyerah.space 

  2. Sejarah membuktikan bahwa pemuda Maluku hingga pemuda di Tapanuli merupakan pejuang yang hebat.space 

  3. Mendatangkan presiden dan pemimpin-pemimpin lainnya ke Surabaya merupakan taktik musuh yang licik.space 

  4. Rakyat Surabaya tidak mau menuruti perintah tentara sekutu untuk menyerah.space 

  5. Rakyat Surabaya menunjukkan sebagai bangsa yang ingin merdeka.space 

Pembahasan Soal:

Menurut KBBI, ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Kegiatan ceramah dilakukan dengan berbagai tujuan, antara lain untuk siar agama, sosialisasi program, menyampaikan apresiasi, dan sebagai metode mengajar. Pidato atau ceramah disampaikan untuk menganggapi suatu isu atau permasalahan aktual yang ada di masyarakat. 

Teks pidato di atas disampaikan oleh seorang tokoh pejuang Surabaya yang mengajak para audiens atau pendengarnya agar tidak takut terhadap ancaman dari tentara Inggris. Hal ini disebabkan para tentara Inggris menyebarkan pamflet yang berisi ancaman agar rakyat Surabaya menyerahkan senjata yang telah direbut dari tentara Jepang. Untuk menanggapi permasalahan tersebut, penceramah menyampaikan bahwa rakyat Surabaya tidak akan mengikuti perintah tentara Inggris untuk menyerah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa gagasan terpenting yang disampaikan orator dalam teks di atas adalah Rakyat Surabaya tidak mau menuruti perintah tentara sekutu untuk menyerah.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Iga

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kutipan teks ceramah tersebut membahas...

Pembahasan Soal:

Teks ceramah merupakan teks pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Suatu teks ceramah mengandung pokok isi berupa hal-hal penting yang menjadi inti informasi dalam teks ceramah. Pokok isi teks ceramah akan berhubungan dengan topik, hal-hal penting, atau tema yang terkandung dalam teks ceramah.

Berdasarkan teks ceramah di atas, teks tersebut membahas pentingnya kedisiplinan dalam berbagai bidang atau ruang lingkup. Hal ini dapat diketahui melalui pernyataan yang terdapat dalam isi teks yang membahas kedisiplinan sebagai etiket yang penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Dalam teks tersebut, penulis/pembicara menjelaskan bahwa kedisiplinan ini dapat diterapkan di berbagai ruang lingkup dan tidak terbatas. Selain itu, penulis juga menjelaskan pernyataan argumen terkait alasan kedisiplinan menjadi hal penting serta dampaknya untuk setiap orang

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

Roboguru

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks ceramah tersebut adalah...

Pembahasan Soal:

Teks ceramah merupakan teks pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Suatu teks ceramah mengandung informasi yang termuat secara tersurat dan tersirat. Informasi tersebut terangkum dalam pokok-pokok informasi ceramah.

Untuk menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks, kita harus memahami isi teks secara keseluruhan. Setelah itu, kita membandingkan pernyataan pada pilihan jawaban dengan isi teks. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks ceramah tersebut terdapat pada paragraf 3, kalimat ke-3, yaitu "Intensif menjaga kesehatan saat cuaca ekstrem amatlah penting".

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.undefined 

Roboguru

Isi kutipan ceramah tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Ceramah merupakan jenis komunikasi yang dilakukan di depan umum sehingga disebut komunikasi publik. Berbeda dengan komunikasi antarpersonal yang dilakukan dua arah, ceramah merupakan komunikasi publik yang dilakukan searah. Lawan bicara penceramah yang merupakan khalayak berperan sebagai pendengar. Hal yang menjadi isi materi dalam ceramah adalah permasalahan aktual di masyarakat yang perlu untuk ditanggapi. Permasalahan yang dibahas dalam isi teks ceramah sama seperti letak gagasan pokok yang bisa berada di awal, di akhir, ataupun menyebar ke seluruh bagian teks. Pada kutipan teks tersebut membahas perihal citra dan nama baik madrasah di mata masyarakat yang sudah mulai tidak baik. Hal ini sesuai dengan kalimat berikut dan kalimat penjelas lainnya terkait alasan yang mendukung nama madrasah menjadi harum hingga kondisi terkini yang bisa mencoreng nama baik madrasah.

Selama ini, nama madrasah kita harum di masyarakat.

Tetapi, sekarang kalian tentu sudah tahu bahwa banyak siswa terlambat datang ke madrasah.

Dengan demikian, isi kutipan ceramah tersebut adalah perihal citra dan nama baik madrasah di mata masyarakat yang sudah mulai tidak baik.space  

Roboguru

Bagaimana masyarakat sebaiknya menyikapi hidup pada arus global yang kuat ini?

Pembahasan Soal:

Gotong royong adalah salah satu budaya bangsa kita. Walaupun kita berada di era globalisasi, kita jangan sampai lupa terhadap budaya bangsa kita. Oleh karena itu, sikap kita sebagai masyarakat tetap mengikuti perkembangan zaman, tetapi tidak meninggalkan budaya asli yaitu gotong royong.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A. Masyarakat tetap mengikuti perkembangan zaman, tetapi tidak meninggalkan budaya asli yaitu gotong royong.undefined 

Roboguru

Kalimat yang tidak koheren dalam teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....

Pembahasan Soal:

Ceramah adalah kegiatan menyampaikan informasi, nasihat, ataupun ajakan di depan khalayak secara lisan.

Kalimat yang tidak koheren dalam teks tersebut terdapat pada kalimat nomor (2) Disiplin waktu bukan berarti untuk mengatur kehidupan dan membatasi diri dari kebebasan untuk bersenang-senang.

Kalimat tersebut tidak koheren karena topik membahas disiplin waktu belajar sedangkan kalimat tersebut membahas disiplin waktu secara umum.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved