Pertanyaan

Perhatikan teks pidato persuasif berikut!


Tawuran remaja masih sering terjadi. Tawuran menjadi salah satu bukti kenakalan remaja. Tawuran terjadi sehingga remaja mencari jati diri. Mereka ingin diakui. Oleh karena itu, mereka keluar di jalanan. Tawuran yang mereka lakukan meresahkan masyarakat. Luka hingga risiko kematian menjadi akibat buruk tawuran.space 

Gagasan persuasif yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah . . .

Gagasan persuasif yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah . . .space 

  1. Orang tua perlu mengawasi anak mereka agar tidak bergaul.space 

  2. Pendidikan budi pekerti akan sangat bermanfaat bagi remaja.space 

  3. Pendidikan formal membentuk mental yang baik untuk anak.space 

  4. Ekstrakurikuler menjadi salah satu ajang pencegahan tawuran.space 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space

Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar.Teks pidato berisi pernyataan berupa pendapat atau gagasan yang disertai dengan argumen-argumen yang mendukung. Ciri-ciri kebahasaan yang muncul, antara lain kalimat langsung, kalimat sapaan, kalimat persuasif, kosakata bidang ilmu, kalimat aktif, kata benda abstrak, dan kata hubung (konjungsi). Kalimat persuasif adalah kalimat yang isinya mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu. Kalimat persuasi biasanya digunakan sebagai media untuk mengajak, menghimbau, atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu yang diinginkan. Biasanya, kalimat persuasif menggunakan kata mari , ayo , atau kata-kata yang bersifat mengajak lainnya. Berdasarkan penjelasan tersebut, kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi kutipan pidato adalah Ekstrakurikuler menjadi salah satu ajang pencegahan tawuran. Kalimat tersebut ssesuai dengan kutipan pada kalimat: Tawuran remaja masih sering terjadi. Tawuran menjadi salah satu bukti kenakalan remaja. Tawuran terjadi sehingga remaja mencari jati diri. Mereka ingin diakui. Oleh karena itu, mereka keluar di jalanan. Tawuran yang mereka lakukan meresahkan masyarakat. Luka hingga risiko kematian menjadi akibat buruk tawuran. Kutipan tersebut menjelaskan bahawa alasan terjadinya tawuran adalah pengakuan dari orang lain. Remaja ingin diakui keberadaannya sehingga melakukan tawuran. Bentuk pencegahan yang sangat efektif adalah dengan adanya kegiatanekstrakurikuler. Melalui ekstrakurikuler dinilai dapat menyalurkan kreativitas remaja ke arah yang positif. Hal tersebut akan mencegah terjadinya tawuran. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. Teks pidato berisi pernyataan berupa pendapat atau gagasan yang disertai dengan argumen-argumen yang mendukung. Ciri-ciri kebahasaan yang muncul, antara lain kalimat langsung, kalimat sapaan, kalimat persuasif, kosakata bidang ilmu, kalimat aktif, kata benda abstrak, dan kata hubung (konjungsi).

Kalimat persuasif adalah kalimat yang isinya mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu. Kalimat persuasi biasanya digunakan sebagai media untuk mengajak, menghimbau, atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu yang diinginkan. Biasanya, kalimat persuasif menggunakan kata mari, ayo, atau kata-kata yang bersifat mengajak lainnya. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi kutipan pidato adalah Ekstrakurikuler menjadi salah satu ajang pencegahan tawuran. Kalimat tersebut ssesuai dengan kutipan pada kalimat:

Tawuran remaja masih sering terjadi. Tawuran menjadi salah satu bukti kenakalan remaja. Tawuran terjadi sehingga remaja mencari jati diri. Mereka ingin diakui. Oleh karena itu, mereka keluar di jalanan. Tawuran yang mereka lakukan meresahkan masyarakat. Luka hingga risiko kematian menjadi akibat buruk tawuran.

Kutipan tersebut menjelaskan bahawa alasan terjadinya tawuran adalah pengakuan dari orang lain. Remaja ingin diakui keberadaannya sehingga melakukan tawuran. Bentuk pencegahan yang sangat efektif adalah dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler. Melalui ekstrakurikuler dinilai dapat menyalurkan kreativitas remaja ke arah yang positif. Hal tersebut akan mencegah terjadinya tawuran.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space

440

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan penggunaan kalimat persuasif dalam kutipan pidato persuasif tersebut!

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia