Roboguru

Fungsi manifest dalam lembaga sosial adalah ….

Pertanyaan

Fungsi manifest dalam lembaga sosial adalah ….space space  

  1. yang tidak disadari oleh masyarakat

  2. yang sewaktu-waktu akan muncul kembali

  3. yang sifatnya temporer

  4. yang disadari oleh banyak orang di masyarakat

  5. yang menjadi tujuan utama

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Lembaga sosial adalah seperangkat norma (aturan/tata cara) yang mengatur perilaku/tindakan individu dalam kehidupan bermasyarakat. Seperangkat norma dimaksud dibentuk oleh masyarakat sendiri sehingga dapat dipertahankan dan diubah tergantung kebutuhan masyarakat itu sendiri. Secara umum, fungsi lembaga sosial dapat dibedakan atas dua bentuk yaitu fungsi manifes dan fungsi laten. Fungsi manifes adalah fungsi lembaga sosial yang disadari dan menjadi harapan banyak orang.undefined  

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini bukan merupakan ciri dari pranata sosial, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Pada poin ini ditanyakan yang bukan merupakan ciri dari pranata sosial. Pranata sosial atau lembaga sosial merupakan produk kesepakatan masyarakat yang dibuat untuk menjalankan sistem nilai dan norma tertentu. Adapun ciri dari pranata sosial yaitu sebagai berikut :

  1. Memiliki tujuan
  2. Pedoman berisi norma atau aturan
  3. Bentuknya tertulis ataupun tidak tertulis
  4. Memiliki perlengkapan
  5. Adanya kehidupan organisasi

Berdasarkan paparan diatas, maka dapat diketahui bahwa yang tidak termasuk ke dalam ciri dari pranata sosial adalah selalu bersifat tertulis, Karena pranata sosial tidak selalu berisi tentang norma tertulis saja, bisa juga norma atau aturan-aturan disampaikan melalui kebiasaan secara turun temurun yang sifatnya tidak tertulis. Misalnya aturan tentang berprilaku dalam lingkup keluarga. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

Roboguru

Sebutkan fungsi lembaga sosial secara umum!

Pembahasan Soal:

Lembaga sosial adalah seperangkat norma (aturan/tata cara) yang mengatur perilaku/tindakan individu dalam kehidupan bermasyarakat. Seperangkat norma dimaksud dibentuk oleh masyarakat sendiri sehingga dapat dipertahankan dan diubah tergantung kebutuhan masyarakat itu sendiri. Lembaga sosial memiliki beberapa fungsi, yaitu: 

Menurut Soerjono Soekanto, fungsi lembaga sosial sebagai berikut:

  1. Memberikan pedoman pada anggota-anggota masyarakat, bagaimana mereka harus bersikap atau bertingkah laku dalam menghadapi masalah-masalah yang muncul atau berkembang di lingkungan masyarakat, termasuk yang menyangkut hubungan pemenuhan kebutuhan.
  2. Menjaga keutuhan masyarakat yang bersangkutan.
  3. Memberikan pengarahan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial, yaitu sistem pengawasan masyarakat terhadap anggota-anggotanya.

Menurut Horton dan Hunt, fungsi lembaga sosial adalah:

  1. Fungsi Manifes atau fungsi nyata yaitu fungsi lembaga yang disadari dan di akui oleh seluruh masyarakat.
  2. Fungsi Laten atau fungsi terselubung yaitu fungsi lembaga sosial yang tidak disadari atau bahkan tidak dikehendaki atau jika di ikuti dianggap sebagai hasil sampingan dan biasanya tidak dapat diramalkan.space 
Roboguru

Unsur dasar yang dijumpai dalam agama adalah kepercayaan, simbol, praktek, umat, aturan perilaku dan dogma. Merujuk pada unsur-unsur tersebut, menjelaskan bahwa fungsi manifes dari agama berkaitan den...

Pembahasan Soal:

Unsur-unsur agama adalah kepercayaan, simbol, praktek, umat, aturan, perilaku, dan dogma. Ini adalah fungsi manifes agama yang berkaitan dengan simbol dan praktek agama. Di sini simbol berarti sesuatu yang mewakili objek atau gagasan dan yang membedakan dengan objek atau gagasan lainnya. Praktek berarti keseluruhan tingkah laku yang dilakukan oleh penganut agama tersebut termasuk di dalamnya mencakup aturan, perilaku, dan dogma.

Roboguru

Fungsi manifes dari lembaga sosial adalah fungsi yang memiliki ciri tertentu, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Lembaga sosial merupakan suatu sistem dari kumpulan nilai dan norma maupun hubungan sosial yang mengatur. Adapun lembaga sosial memiliki dua fungsi yaitu fungsi manifes dan fungsi laten. Pada soal ini membahas mengenai fungsi manifes. Fungsi manifes merupakan fungsi nyata yang disadari atau diakui oleh seluruh masyarakat. space space

Misalnya fungsi manifes dalam lembaga keluarga. Lembaga keluarga memiliki fungsi sebagai pengendalian sosial, jadi ketika ada anggotanya yang menyimpang maka keluarga berperan untuk mendidik dan menegur. Hal ini sering kita temukan ketika ada siswa yang melanggar peraturan sekolah dan orang tuanya diminta menghadap guru. space space

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Berikut ini yang tidak termasuk fungsi manifes dari lembaga pendidikan adalah....

Pembahasan Soal:

Lembaga pendidikan adalah suatu institusi atau tempat dimana proses pendidikan atau belajar-mengajar berlangsung, diantaranya pendidikan di dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat. Lembaga pendidikan juga dapat didefinisikan sebagai suatu organisasi yang dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu, yaitu transfer ilmu pengetahuan dan budaya kepada individu untuk mengubah tingkah laku seseorang menjadi lebih dewasa dan memperoleh kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Keberadaan lembaga ini memiliki fungsi dan peranan yang sangat berarti bagi masyarakat. Selain mengajarkan membaca, menulis, dan berhitung, lembaga ini juga mengajarkan peserta didik tentang kemandirian, kemampuan berprestasi, pengembangan kepribadian, dan spesifikasi. Beberapa fungsi dari lembaga pendidikan adalah sebegai berikut:

  1. Fungsi sosialisasi. Keberadaan lembaga pendidikan berperan besar dalam proses sosialisasi peserta didik dengan lingkungan masyarakat. Fungsi sosialisasi ini dilaksanaan melalui berbagai program dan kurikulum pendidikan di sekolah sehingga transmisi nilai-nilai budaya dapat selaras dengan pendidikan lainnya.
  2. Fungsi pengendalian sosial. Lembaga ini juga berperan dalam hal kontrol sosial dengan cara menanamkan nilai-nilai, norma, dan loyalitas tatanan tradisional kepada para peserta didik. Dengan adanya fungsi kontrol sosial ini maka diharapkan para peserta didik memiliki karakter yang berkualitas sehingga tatanan masyarakat yang harmonis dapat terwujud.
  3. Fungsi Melestarikan budaya. Kelestarian budaya masyarakat Indonesia yang sangat beragam tentunya harus dilestarikan. Dalam hal ini, lembaga pendidikan punya peranan penting dalam mengajarkan keanekaragaman budaya nasional tersebut kepada para peserta didik.
  4. Fungsi Seleksi, Pelatihan, dan Pengembangan Manusia. Lembaga ini juga memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam proses seleksi, pelatihan, dan mengembangkan individu yang berkualitas bagi dunia kerja dan dunia bisnis.
  5. Fungsi perubahan sosial. Dengan adanya lembaga pendidikan dan segala kegiatannya, maka hal tersebut akan mempengaruhi kehidupan sosial secara umum. Hal ini terjadi karena nilai-nilai, keyakinan, norma, dan pola pikir yang telah ditanamkan kepada para peserta didik yang membentuk kepribadiannya sehingga mempengaruhi tingkah lakunya di masyarakat.

Jadi, yang tidak termasuk dalam fungsi lembaga pendidikan adalah opsi E.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved