Roboguru

Fermentasi alkohol adalah reaksi mikroorganisme dalam bentuk ragi dan glukosa yang mengalami oksidasi untuk menghasilkan etanol dan CO. Tahap metabolisme ini identik dengan glikolisis di mana, dalam p

Fermentasi alkohol adalah reaksi mikroorganisme dalam bentuk ragi dan glukosa yang mengalami oksidasi untuk menghasilkan etanol dan CO. Tahap metabolisme ini identik dengan glikolisis di mana, dalam proses awal, molekul glukosa terurai menjadi pembentukan piruvat. Fermentasi alkohol tergolong reaksi anaerob. Respirasi anaerob adalah peristiwa pembentukan energi ATP. Energi yang dihasilkan oleh respirasi aerob lebih jauh lebih tinggi daripada anaerob. Respirasi aerobik menghasilkan energi bersih 36 ATP (karena selama transisi dari proses glikolisis dalam sitoplasma ke transfer elektron dalam mitokondria, 2 ATP diperlukan, oleh karena itu dari total 38 ATP-2ATP), sedangkan Anaerob hanya memproduksi 2 ATP.

Sumber: https://saintif.com/respirasi-anaerob-aerob/

Perhatikan pernyataan berikut, tentukan benar atau salah!undefined 

No

Pernyataan

B

S

1

Respirasi anaerob membutuhkan oksigen dari udara

 

 

2

Fermentasi alkohol menghasilkan begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style dan begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style 

 

 

3

Proses glikolisis tidak diperlukan pada respirasi anaerob

 

 

4

Jumlah energi yang dihasilkan respirasi anarob hanya 2 molekul ATP

 

 

5

Fermentasi alkohol merubah asam piruvat menjadi asam laktat

 

 

  1. . . . .undefined 

  2. . . . .undefined 

Jawaban:

Pernyataan 1: Salah (Penjelasan: Anaerob artinya reaksi yang tidak membutuhkan oksigen.)

Pernyataan 2: Salah (Penjelasan: Reaksi fermentasi alkohol menghasilkan alkohol, karbon dioksida, NAD, dan ATP. Tidak menghasilkan air.)

Pernyataan 3: Salah (Penjelasan: Sebelum menuju fermentasi alkohol, terlebih dahulu glukosa melalui glikolisis untuk memecahnya menjadi 2 asam piruvat.)

Pernyataan 4: Benar (Penjelasan: Respirasi anaerob jauh lebih sedikit menghasilkan energi daripada respirasi aerob. Anaerob 2 ATP sedangkan aerob 36 ATP.)

Pernyataan 5: Salah (Penjelasan: Fermentasi alkohol mengubah glukosa menjadi alkohol.)undefined 

 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved