Roboguru

Ferdi dan teman-temannya melakukan percobaan perkecambahan biji kacang hijau. Biji kacang hijau yang telah direndam semalaman diberi perlakuan berikut: 10 biji kacang hijau ditanam di kapas yang telah dibasahi air hingga lembab. 10 biji kacang hijau ditanam di kapas yang dibasahi air hingga tergenang. 10 biji kacang hijau ditanam di kapas kering. Setelah beberapa hari, tampak bahwa biji kacang hijau pada perlakuan I tumbuh, sedangkan pada perlakuan II dan III tidak. Dari percobaan tersebut, jawab pertanyaan berikut: tuliskan dua variabel yang merupakan variabel kontrol!

Pertanyaan

Ferdi dan teman-temannya melakukan percobaan perkecambahan biji kacang hijau. Biji kacang hijau yang telah direndam semalaman diberi perlakuan berikut:

  1. 10 biji kacang hijau ditanam di kapas yang telah dibasahi air hingga lembab.
  2. 10 biji kacang hijau ditanam di kapas yang dibasahi air hingga tergenang.
  3. 10 biji kacang hijau ditanam di kapas kering.

Setelah beberapa hari, tampak bahwa biji kacang hijau pada perlakuan I tumbuh, sedangkan pada perlakuan II dan III tidak. Dari percobaan tersebut, jawab pertanyaan berikut: tuliskan dua variabel yang merupakan variabel kontrol!

Pembahasan Soal:

Variabel kontrol, merupakan variabel yang sengaja dibuat tetap atau dikontrol untuk meminimalisir pengaruhnya terhadap variabel respon atau hasil penelitian. Pada penelitian tersebut peneliti ingin mengetahui pengaruh kadar air pada media tanam terhadap perkecambahan biji, dengan demikian faktor-faktor lain selain kadar air pada media tanam harus dibuat sama/dikontrol agar kondisi tiap-tiap sampel penelitian setara dan dapat dibandingkan dengan baik sehingga hasil penelitian menjadi lebih akurat. Variabel kontrol dalam penelitian tersebut adalah jumlahbiji, jenis biji, ukuran biji, intensitas cahaya, dan tempat penelitian.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jordan sedang melakukan proyek pameran sains tentang efek musik pada pertumbuhan tomat. Dia memiliki dua tanaman tomat, tanaman A dan tanaman B, yang dia tanam di jendela dan memberikan jumlah air yan...

Pembahasan Soal:

Metode ilmiah merupakan suatu prosedur atau cara pemecahan masalah dengan menggunakan langkah-langkah yang telah tersusun secara sistematis. Langkah-langkah tersebut dilaksanakan melalui konsep dasar berpikir ilmiah, yaitu analitis, logis, objektif, konseptual, dan empiris. Salah satu langkah metode ilmiah yaitu menentukan variabel penelitian. Variabel penelitian merupakan faktor yang menentukan validitas (kebenaran) hasil penelitian yang dilakukan. Ada tiga jenis variabel, yaitu:

  1. Variabel terikat, yaitu variabel yang akan diukur atau diamati dalam penelitian.
  2. Variabel bebas, yaitu variabel yang sengaja dibuat tidak tetap dan menyebabkan perubahan pada variabel terikat.
  3. Variabel kontrol, yaitu variabel yang dibuat tetap.space 

Dengan demikian, variabel kontrol penelitian tersebut yaitu jumlah air dan cahaya.

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan variabel kontrol, variabel bebas, dan variabel terikat!

Pembahasan Soal:

  1. Variabel bebas adalah variabel dalam penelitian yang dibuat berbeda.
  2. Variabel terikat adalah variabel yang diamati.
  3. Variabel kontrol adalah variabel yang dibuat sama dalam penelitian.space space

3

Roboguru

Seorang peserta didik bermaksud melakukan eksperimen untuk mengetahui pengaruh konsentrasi urea terhadap pertambahan tinggi batang tanaman lamtoro. Adapun konsentrasi urea yang akan digunakan adalah 1...

Pembahasan Soal:

Variabel kontrol yaitu variabel yang dibuat sama dalam suatu penelitian, biasanya faktor lain diluar perlakuan yang dikenakan pada objek penelitian. Pada eksperimen yang dilakukan oleh siswa untuk mengetahui pengaruh konsentrasi urea terhadap pertambahan tinggi batang tanaman lamtoro, ada beberapa variabel kontrol yang digunakan adalah intensitas penyiraman, intensitas cahaya, jenis pupuk dan jenis tanaman yang diteliti.undefined

0

Roboguru

Seorang siswa mengadakan penelitian dengan menanam tanaman kacang tanah di 3 petak yang berbeda. Petak 1 diberi kotoran ayam di media tanamnya, petak 2 diberi kotoran sapi, dan petak 3 diberi kotoran ...

Pembahasan Soal:

Variabel adalah suatu kondisi yang dikenakan dan dikontrol atau diamati perubahannya pada sekelompok objek penelitian. Variabel sering disebut juga peubah. Ada empat macam variabel dalam eksperimen, yaitu sebagai berikut.

  • Variabel bebas atau variabel percobaan/eksperimen/manipulasi, yaitu variabel yang sengaja dibuat tidak sama dalam suatu percobaan. Variabel ini penyebab terjadinya sesuatu kejadian. Biasanya hanya satu variabel bebas diuji dalam suatu eksperimen dan ditentukan sebelum percobaan dilaksanakan. Variabel ini harus dilakukan dengan baik dan pengamatan dilakukan secara teliti.
  • Variabel terikat, yaitu variabel yang terjadi karena perlakuan variabel bebas. Variabel inilah yang diamati, diukur, dan nilainya ditentukan oleh variabel yang dimanipulasi melalui eksperimen yang dilakukan.
  • Variabel kontrol, yaitu variabel yang selalu dibuat sama dalam suatu percobaan. Variabel ini sebagai perbandingan agar perubahan yang terjadi dalam eksperimen dapat dilihat dan diukur.
  • Variabel pengganggu, yaitu variabel yang tidak diharapkan terjadi karena dapat mengganggu hasil percobaan.

Berdasarkan ilustrasi pada soal, dapat ditentukan variabel-variabel penelitiannya sebagai berikut:

  • Variabel bebas : jenis pupuk yang diberikan (pupuk kotoran ayam, kotoran sapi, dan kotoran kambing).
  • Variabel terikat : berat kacang tanah.
  • Variabel kontrol : tanaman kacang tanah, intensitas cahaya, dan penyiraman air.
  • Variabel pengganggu : hama dan cuaca buruk. 

0

Roboguru

Bowo ingin mengamati perkecambahan biji kacang ercis. Sebelum melakukan pengamatan tersebut, Bowo merendam biji kacang ercis dengan empat kelompok perlakuan. Kelompok I biji direndam dengan air biasa,...

Pembahasan Soal:

Variabel adalah faktor-faktor yang memengaruhi dan memiliki nilai (ukuran tertentu) serta dapat berubah atau diubah. Di dalam penelitian terdapat tiga variabel, yaitu:

  1. Variabel kontrol adalah variabel yang mana faktor-faktor yang berpengaruh dibuat sama untuk semua organisme uji.
  2. Variabel bebas adalah satu faktor dibuat bervariasi.
  3. Variabel terikat adalah hasil dari perlakuan terhadap organisme yang telah diukur.

Pada percobaan di atas kelompok / variabel kontrolnya adalah kelompok IV yaitu biji yang tidak direndam. Sementara itu kelompok I, II, dan III merupakan kelompok variabel bebas.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space space 

3

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved