Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebelum melakukan eksperimen, kita harus membuat desain percobaan atau rancangan terlebih dahulu. Desain percobaannya meliputi ....

Sebelum melakukan eksperimen, kita harus membuat desain percobaan atau rancangan terlebih dahulu. Desain percobaannya meliputi .... 

  1. .... 

  2. .... 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Rancangan percobaan adalah sebuah desain yang menjadi dasar pengambilan data sebuah penelitian. Sebelum melakukan eksperimen, ada tahapan-tahapan tertentu yang harus dilalui sesuai dengan metode ilmiah, diantaranya sebagai berikut. Menemukan dan merumuskan masalah, langkah awal dalam melakukan penelitian atau eksperimen adalah menemukan masalah. Agar dapat menemukan masalah yang menarik untuk diteliti, seseorang harus peka terhadap keadaan dan kejadian di sekitar. Mengumpulkan informasi (data-data pendukung), Informasi dan data-data pendukung dapat ditemukan melalui studi kepustakaan, observasi (pengamatan langsung) terhadap objek yang akan diteliti, serta mewawancarai para ahli. Menyusun hipotesis (dugaan sementara), merupakan jawaban sementara terhadap suatu masalah.Hipotesis dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu hipotesis nol (hipotesis statistik) dan hipotesis kerja (hipotesis alternatif). Menetapkan variabel penelitian, merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil penelitian. Ada tiga jenis variabel, yaitu variabel bebas, variabel terikat (bergantung) dan variabel tetap. Menetapkan prosedur kerja, merupakan langkah-langkah kerja yang terperinci dan runtut. Urutan langkah kerja ini dibuat ringkas namun dapat menggambarkan secara tepat pekerjaan yang harus dilakukan.

Rancangan percobaan adalah sebuah desain yang menjadi dasar pengambilan data sebuah penelitian. Sebelum melakukan eksperimen, ada tahapan-tahapan tertentu yang harus dilalui sesuai dengan metode ilmiah, diantaranya sebagai berikut.

  1. Menemukan dan merumuskan masalah, langkah awal dalam melakukan penelitian atau eksperimen adalah menemukan masalah. Agar dapat menemukan masalah yang menarik untuk diteliti, seseorang harus peka terhadap keadaan dan kejadian di sekitar.
  2. Mengumpulkan informasi (data-data pendukung), Informasi dan data-data pendukung dapat ditemukan melalui studi kepustakaan, observasi (pengamatan langsung) terhadap objek yang akan diteliti, serta mewawancarai para ahli.
  3. Menyusun hipotesis (dugaan sementara), merupakan jawaban sementara terhadap suatu masalah. Hipotesis dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu hipotesis nol (hipotesis statistik) dan hipotesis kerja (hipotesis alternatif). 
  4. Menetapkan variabel penelitian, merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil penelitian. Ada tiga jenis variabel, yaitu variabel bebas, variabel terikat (bergantung) dan variabel tetap.
  5. Menetapkan prosedur kerja, merupakan langkah-langkah kerja yang terperinci dan runtut. Urutan langkah kerja ini dibuat ringkas namun dapat menggambarkan secara tepat pekerjaan yang harus dilakukan. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Terdapat duakasus dalam kehidupan sehari-hari seperti banjir dan demam berdarah. Bagaimanamenyelesaikan kasus tersebut dengan menggunakan langkah-langkah metode ilmiah serta kaitkan dengan manfaat ilm...

356

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia