Roboguru

Ferdi dan teman-temannya melakukan percobaan perkecambahan biji kacang hijau. Biji kacang hijau yang telah direndam semalaman diberi perlakuan berikut: 10 biji kacang hijau ditanam di kapas yang telah dibasahi air hingga lembab. 10 biji kacang hijau ditanam di kapas yang dibasahi air hingga tergenang. 10 biji kacang hijau ditanam di kapas kering. Setelah beberapa hari, tampak bahwa biji kacang hijau pada perlakuan I tumbuh, sedangkan pada perlakuan II dan III tidak. Dari percobaan tersebut, jawab pertanyaan berikut: faktor apa yang merupakan variabel bebas?

Pertanyaan

Ferdi dan teman-temannya melakukan percobaan perkecambahan biji kacang hijau. Biji kacang hijau yang telah direndam semalaman diberi perlakuan berikut:

  1. 10 biji kacang hijau ditanam di kapas yang telah dibasahi air hingga lembab.
  2. 10 biji kacang hijau ditanam di kapas yang dibasahi air hingga tergenang.
  3. 10 biji kacang hijau ditanam di kapas kering.

Setelah beberapa hari, tampak bahwa biji kacang hijau pada perlakuan I tumbuh, sedangkan pada perlakuan II dan III tidak. Dari percobaan tersebut, jawab pertanyaan berikut: faktor apa yang merupakan variabel bebas?

Pembahasan Soal:

Variabel bebas (variabel manipulasi) merupakan variabel penelitian yang sengaja diubah-ubah untuk mengetahui pengaruhnya terhadap variabel respon. Pada penelitian tersebut faktor yang diubah-ubah adalah kadar air pada media tanam, dengan demikian variabel bebas dalam penelitian tersebut adalah kadar air.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Suatu percobaan baru untuk pengobatan penyakit asma diatur dalam 2 kelompok. Grup 1 diberi obat baru, sedangkan grup 2 diberi pil gula. Pemberian pil gula berperan sebagai ....

Pembahasan Soal:

Variabel adalah suatu kondisi yang dikenakan dan dikontrol atau diamati perubahannyan pada sekelompok objek penelitian. Variabel bebas atau variabel penyebab adalah variabel yang dapat kita manipulasi sehingga menimbulkan pengaruh terhadap sekelompok objek penelitian. Variabel terikat atau variabel tergayut adalah variabel yang diobservasi, yang akan berubah bergantung pacta variabel bebas. Adapun variabel kontrol adalah pembanding terhadap variabel yang tengah diuji. 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Seorang siswa mengadakan penelitian dengan menanam tanaman kacang tanah di 3 petak yang berbeda. Petak 1 diberi kotoran ayam di media tanamnya, petak 2 diberi kotoran sapi, dan petak 3 diberi kotoran ...

Pembahasan Soal:

Variabel adalah suatu kondisi yang dikenakan dan dikontrol atau diamati perubahannya pada sekelompok objek penelitian. Variabel sering disebut juga peubah. Ada empat macam variabel dalam eksperimen, yaitu sebagai berikut.

  • Variabel bebas atau variabel percobaan/eksperimen/manipulasi, yaitu variabel yang sengaja dibuat tidak sama dalam suatu percobaan. Variabel ini penyebab terjadinya sesuatu kejadian. Biasanya hanya satu variabel bebas diuji dalam suatu eksperimen dan ditentukan sebelum percobaan dilaksanakan. Variabel ini harus dilakukan dengan baik dan pengamatan dilakukan secara teliti.
  • Variabel terikat, yaitu variabel yang terjadi karena perlakuan variabel bebas. Variabel inilah yang diamati, diukur, dan nilainya ditentukan oleh variabel yang dimanipulasi melalui eksperimen yang dilakukan.
  • Variabel kontrol, yaitu variabel yang selalu dibuat sama dalam suatu percobaan. Variabel ini sebagai perbandingan agar perubahan yang terjadi dalam eksperimen dapat dilihat dan diukur.
  • Variabel pengganggu, yaitu variabel yang tidak diharapkan terjadi karena dapat mengganggu hasil percobaan.

Berdasarkan ilustrasi pada soal, dapat ditentukan variabel-variabel penelitiannya sebagai berikut:

  • Variabel bebas : jenis pupuk yang diberikan (pupuk kotoran ayam, kotoran sapi, dan kotoran kambing).
  • Variabel terikat : berat kacang tanah.
  • Variabel kontrol : tanaman kacang tanah, intensitas cahaya, dan penyiraman air.
  • Variabel pengganggu : hama dan cuaca buruk. 

0

Roboguru

Jika kita ingin melakukan eksperimen pengaruh kadar pupuk terhadap pertumbuhan tanaman jagung, maka yang menjadi variabel bebas adalah... .

Pembahasan Soal:

Variabel bebas atau variabel manipulasi merupakan variabel yang memberikan pengaruh pada variabel lainnya (variabel kontrol/variabel respon). Pada eksperimen "Pengaruh kadar pupuk terhadap pertumbuhan tanaman jagung" variabel bebasnya adalah kadar pupuk. Hal itu disebabkan karena peneliti ingin mengetahui apakah pemberian kadar pupuk yang berbeda pada setiap tanaman jagung berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman tersebut. Maka dari itu, tanaman-tanaman jagung yang ditanam akan diberikan kadar pupuk yang berbeda. Selanjutnya, pertumbuhan masing-masing tanaman tersebut akan diamati sehingga diketahui pengaruhnya terhadap pertumbuhan tanaman.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Ayu membantu ibunya menanam tanaman tomat, cabe dan bawang. Ia ingin mengetahui tanaman mana yang paling cepat tumbuh. Tentukanlah variabel bebas, variabel terikat dan tiga macam variabel kontrol dala...

Pembahasan Soal:

Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi variabel terikat dengan sengaja dibuat berbeda. Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas atau singkatnya adalah variabel yang tengah di observasi. Sedangkan variabel kontrol adalah variabel yang dibuat sama untuk semua perlakuan. Berdasarkan keterangan pada soal, jenis variabel penelitiannya adalah sebagai berikut.

  • Variabel bebas: tanaman tomat, cabe, dan bawang
  • Variabel terikat: kecepatan tumbuh
  • Variabel kontrol: media tanam, frekuensi penyiraman, jenis pupuk 

0

Roboguru

Tentukan variabel bebas, variabel terikat dan variabel kontrol dalam judul penelitian berikut: "Pengaruh Konsentrasi Air Garam Terhadap Mortalitas (Kematian) dan Indeks Fisiologis Pada Ikan Gabus (Cha...

Pembahasan Soal:

Variabel bebas adalah variabel yang dibuat berbeda pada penelitian atau yang mempengaruhi variabel terikat. Pada judul tersebut variabel bebasnya adalah konsentrasi air garam. 

Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi variabel bebas. Pada judul tersebut variabel terikatnya adalah mortalistas (kematian) dan indek fisiologi. 

Variabel kontrol adalah variabel yang dibuat sama antar perlakuan. Pada judul tersebut variabel kontrolnya adalah jenis ikan gabus. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved