Roboguru

Suatu percobaan baru untuk pengobatan penyakit asma diatur dalam 2 kelompok. Grup 1 diberi obat baru, sedangkan grup 2 diberi pil gula. Pemberian pil gula berperan sebagai ....

Pertanyaan

Suatu percobaan baru untuk pengobatan penyakit asma diatur dalam 2 kelompok. Grup 1 diberi obat baru, sedangkan grup 2 diberi pil gula. Pemberian pil gula berperan sebagai .... 

  1. kontrol 

  2. konstan 

  3. variabel percobaan 

  4. variabel tidak bebas 

  5. variabel bebas 

Pembahasan Soal:

Variabel adalah suatu kondisi yang dikenakan dan dikontrol atau diamati perubahannyan pada sekelompok objek penelitian. Variabel bebas atau variabel penyebab adalah variabel yang dapat kita manipulasi sehingga menimbulkan pengaruh terhadap sekelompok objek penelitian. Variabel terikat atau variabel tergayut adalah variabel yang diobservasi, yang akan berubah bergantung pacta variabel bebas. Adapun variabel kontrol adalah pembanding terhadap variabel yang tengah diuji. 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Vardini

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan data hasil percobaan pertumbuhan tanaman kacang hijau berikut! Berdasarkan hasil percobaan diatas deskripsikan variabel bebas, variabel terikat dan kesimpulan dari percobaan tersebut!

Pembahasan Soal:

  1. Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau menjadi sebab perubahan atau timbulnya variabel terikat. Variabel bebas pada percobaan tersebut adalah pengaruh penambahan hormon tumbuhan.
  2. Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat adanya variabel bebas. Variabel terikat pada percobaan tersebut adalah pertumbuhan kacang hijau.
  3. Variabel kontrol adalah variabel yang dibuat sama agar tidak berpengaruh terhadap variabel bebas yang diujikan.

Dengan demikian, variabel bebasnya adalah penambahan hormon tumbuhan, variabel terikatnya adalah pertumbuhan kacang hijau dan kesimpulannya adalah biji kacang hijau yang ditambahkan hormon tumbuhan akan tumbuh lebih cepat dan lebih tinggi.

0

Roboguru

Perhatikan data hasil suatu penelitian yang disajikan dalam bentuk diagram batang berikut. Berdasarkan data di atas, tentukanlah variabel penelitiannya.

Pembahasan Soal:

Ada tiga jenis variabel dalam penelitian ilmiah, yaitu variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol.

  1. Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi variabel terikat dengan sengaja dibuat berbeda. Secara sederhananya variabel bebas adalah variabel penyebab dalam percobaan.
  2. Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas. Secara sederhananya variabel terikat adalah variabel yang tengah di observasi.
  3. Variabel kontrol adalah variabel yang dibuat sama untuk semua perlakuan.

Berdasarkan data pada diagram di atas, variabel penelitiannya adalah sebagai berikut.

  1. Variabel bebas: merek obat nyamuk
  2. Variabel terikat: tingkat kematian nyamuk
  3. Variabel kontrol: jumlah merek obat nyamuk, jumlah nyamuk, waktu pengamatan. 

0

Roboguru

Ayu membantu ibunya menanam tanaman tomat, cabe dan bawang. Ia ingin mengetahui tanaman mana yang paling cepat tumbuh. Tentukanlah variabel bebas, variabel terikat dan tiga macam variabel kontrol dala...

Pembahasan Soal:

Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi variabel terikat dengan sengaja dibuat berbeda. Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas atau singkatnya adalah variabel yang tengah di observasi. Sedangkan variabel kontrol adalah variabel yang dibuat sama untuk semua perlakuan. Berdasarkan keterangan pada soal, jenis variabel penelitiannya adalah sebagai berikut.

  • Variabel bebas: tanaman tomat, cabe, dan bawang
  • Variabel terikat: kecepatan tumbuh
  • Variabel kontrol: media tanam, frekuensi penyiraman, jenis pupuk 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! Tekstur, warna, dan rasa tapai merupakan variabel bebas. Tekstur, warna, dan rasa tapai merupakan variabel terikat. Jenis ragi merupakan variabel bebas. ...

Pembahasan Soal:

Dalam penelitian, terdapat beberapa jenis variabel yang dapat membantu penelitian itu sendiri. Jenis variabel yang ada yaitu:

  1. Variabel bebas adalah adalah perlakuan yang berbeda-beda dalam percobaan. Variabel bebas sengaja dibuat berbeda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Contoh dari variabel bebas adalah penggunaan jenis ragi.
  2. Variabel terikat adalah hasil dari perlakuan yang berbeda-beda dalam percobaan yang nantinya akan diamati dalam penelitian. Variabel terikat merupakan akibat dari variabel bebas. Contohnya adalah mengamati tekstur, warna, rasa dari tapai merupakan variabel terikat dalam suatu penelitian. 
  3. Variabel kontrol adalah perlakuan yang sama pada semua percobaan sehingga pengaruhnya juga sama pada semua kelompok percobaan. Contohnya adalah penggunaan jenis singkong yang sama pada setiap perlakuan.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Perhatikan kejadian berikut! Obat nyamuk banyak digunakan dalam rumah tangga untuk membasmi nyamuk dan serangga pengganggu lainnya. Obat nyamuk diproduksi dalam bentuk obat nyamuk bakar, semprot, dan...

Pembahasan Soal:

Variabel atau disebut juga peubah merupakan suatu kondisi yang dikenakan, dikontrol, dan diamati perubahannya dalam penelitian. Variabel terbagi menjadi 2, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas atau variabel penyebab merupakan variabel yang menunjuk pada perlakuan dalam penelitian yang dapat dimanipulasi sehingga memberikan pengaruh terhadap objek penelitian. Sedangkan variabel terikat merupakan variabel yang diamati dan akan berubah bergantung pada variabel bebas. Berdasarkan fenomena tersebut, maka variabel bebasnya adalah obat nyamuk dan variabel terikatnya adalah organisme selain serangga penganggu.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved