Roboguru

Fenomena-fenomena berikut ini yang menunjukkan gejala iklim adalah ....

Pertanyaan

Fenomena-fenomena berikut ini yang menunjukkan gejala iklim adalah ....

  1. perubahan kondisi dari awan menjadi hujan di Kota Jakarta pada tanggal 10 Juni 2012

  2. Indonesia mengalami musim hujan pada bulan Oktober-April setiap tahunnya

  3. temperatur udara harian memengaruhi kondisi keawanan dan potensi hujan

  4. sinar matahari memengaruhi tingkat penguapan di daerah pegunungan

  5. temperatur udara memengaruhi perilaku dan bentuk rumah penduduk

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Untuk menjawab soal ini, ini kita harus tahu dulu perbedaan antara iklim dan cuaca. Jadi Iklim adalah kondisi cuaca di wilayah tertentu dalam periode waktu yang lama dan meliputi wilayah yang luas. Dimana indonesia sendiri memiliki 3 iklim yaitu:

  1. Iklim musim (muson), Iklim musim merupakan iklim yang terjadi karena adanya angin musim, yang bertiup dan berganti arah setiap setengah tahun sekali, dimana Angin musim ini terdiri dari angin musim barat dan angin musim timur, angin musim barat ini merupakan angin yang terjadi pada bulan oktober-April dan angin ini membawa banyak uap air sehingga indonesia akan mengalami musim penghujan.Sedangkan angin musim  timur adalah angin yang terjadi pada bulan april-oktober dan  membawa sedikit uap air sehingga indonesia mengalami musim kemarau.
  2. Iklim tropika (panas), Indonesia memiliki 2 musim , yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Dengan adanya iklim tropik ini membuat Indonesia mendapat penyinaran cahaya matahari sepanjang tahun dan Indonesia memiliki curah hujan yang cenderung tinggi
  3. Iklim laut, Iklim laut  merupakan Iklim yang banyak mendatangkan hujan, karena iklim ini bersifat lembab .Nah iklim laut ini bisa terjadi di indonesia karena  Indonesia memiliki lautan yang sangat luas. Oleh sebab itu, tingkat penguapan di Indonesia cederung tinggi.

Sedangkan cuaca adalah rata rata udara di suatu wilayah dalam periode waktu yang pendek  dan meliputi wilayah yang sempit. Contoh dari cuaca adalah adanya perubahan kondisi dari awan menjadi hujan,adanya temperatur udara harian memengaruhi kondisi keawanan dan potensi hujan, dan adanya temperatur udara memengaruhi perilaku dan bentuk rumah penduduk. Jadi dapat disimpulkan,  bahwa fenomena yang menunjukkan gejala iklim adalah Indonesia mengalami musim hujan pada bulan Oktober-April setiap tahunnya.

Jawaban yang tepat adalah yang B

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan dampak yang terjadi di Indonesia akibat dari iklim yang tidak menentu?

Pembahasan Soal:

Iklim sebagai salah satu penunjang kehidupan manusia memiliki pengaruh besar dalam kehidupan. Indonesia yang mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai petani, iklim yang tidak menentu akan sangat mempengaruhi hasil pertanian. Iklim yang tidak menentu membuat petani sulit menentukan waktu yang tepat untuk mengelola lahannya, curah hujan yang tinggi atau kemarau yang berkepanjangan akan berdampak pada gagal panen. Iklim dan cuaca yang tidak menentu juga mempengaruhi nelayan yang akan menangkan ikan, mereka harus menghadapi cuaca yang tidak menentu dan gelombang tinggi. Selain itu, iklim yang tidak menentu akan menyebabkan adanya penyakit seperti demam berdarah dan diare.undefined 

0

Roboguru

Pernyataan: temperatur rata-rata bulan terpanas 20⁰C; suhu rata-rata tahunan tinggi karena berada di daerah katulistiwa; bebas dari angin taifun karena terletak pada lintang rendah; pada bulan k...

Pembahasan Soal:

Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain. Studi tentang iklim dipelajari dalam klimatologi. Iklim suatu tempat di bumi dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi tempat tersebut.

Ciri-ciri iklim di wilayah Indonesia yaitu:

(2) suhu rata-rata tahunan tinggi karena berada di daerah khatulistiwa

(3) bebas dari angin taifun karena terletak pada lintang rendah

(5) kelembaban udara tinggi karena berbentuk kepulauan

0

Roboguru

Pernyataan: (1) temperatur rata-rata bulan terpanas 20°C; (2) suhu rata-rata tahunan tinggi karena berada di daerah khatulistiwa; (3) bebas dari angin taifun karena terletak pada lintang rendah; (4) p...

Pembahasan Soal:

Iklim Indonesia adalah Tropis. Hal ini mengakibatkan keadaan udara di Indonesia sangat lembab karena berbentuk kepulauan, bebas dari angin taifun karena berada di lintang rendah, sudah dipastikan Indonesia bebas dari angin taifun, dan terakhir  suhu rata-rata tahunan tinggi karena berada di khatulistiwa. Sedangkan pernyataan (1) kurang tepat karena suhu terpanas Indonesia bisa mencapai 30 derajat, dan pernyataan (4) kurang tepat karena jumlah hujan pada bulan kering tidak sampai 30 m.

0

Roboguru

Pernyataan: (1) temperatur rata-rata bulan terpanas 20C; (2) suhu rata-rata tahunan tinggi karena berada di daerah khatulistiwa; (3) bebas dari angin taifun karena terletak pada lintang rendah; (4...

Pembahasan Soal:

Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain. Studi tentang iklim dipelajari dalam klimatologi. Iklim suatu tempat di bumi dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi tempat tersebut. Ciri-ciri iklim di wilayah Indonesia yaitu:

(2) suhu rata-rata tahunan tinggi karena berada di daerah khatulistiwa

(3) bebas dari angin taifun karena terletak pada lintang rendah

(5) kelembaban udara tinggi karena berbentuk kepulauan

0

Roboguru

Pernyataan: (1) temperatur rata-rata bulan terpanas C; (2) suhu rata-rata tahunan tinggi karena berada di daerah katulistiwa; (3) bebas dari angin taifun karena terletak pada lintang rendah; (4) p...

Pembahasan Soal:

Indonesia memiliki iklim tropis, hal ini di pengaruhi bentuk wilayah indonesia yang berupa kepulauan. Sebagian besar tanah daratan indonesia di kelilingi oleh laut atau samudera. Itulah sebabnya di indonesia terdapat iklim yang terjadi karena angin laut. Sifat iklim ini lembab dan banyak mendatangkan hujan, dengan ciri:

  • Suhu rata-rata tahunan tinggi karena berada pada daerah khatulistiwa dengan sinar matahari sepanjang tahun 18oC – 38oC.
  • Bebas dari angin taifun karena terletak pada lintang rendah
  • Kelembaban udara tinggi karena berbentuk kepulauan
  • Amplitudo suhu harian dan tahunan rendah karena suhu relative lebih stabil
  • Perbedaan antara musim terlihat (musim hujan dan musim kemarau)
  • Curah hujan tinggi

Sesuai dengan ciri iklim di wilayah Indonesia tersebut maka pernyataan yang benar untuk menjawab soal adalah pernyataan pada nomor (2), (3) dan (5). Pernyataan nomor 1 tidak tepat karena suhu bulan terpanas iklim tropik lebih dari 20oC. Pernyataan nomor (4) juga tidak tepat karena jumlah hujan pada bulan kering lebih tinggi dari 30m.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved