Roboguru

Faktor pendorong modernisasi yang dapat menghasilkan nilai-nilai tambah adalah keinginan ....

Pertanyaan

Faktor pendorong modernisasi yang dapat menghasilkan nilai-nilai tambah adalah keinginan .... 

  1. Hidup praktis dan nyaman 

  2. Mengurangi keterbelakangan dan kemiskinan 

  3. Dapat bersaing dengan bangsa lain 

  4. Meningkatkan efisiensi kerja 

  5. Menghasilkan barang-barang bermutu 

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah faktor pendorong modernisasi yang dapat menghasilkan nilai-nilai tambah.

Modernisasi merupakan suatu bentuk perubahan dari cara-cara tradisional menjadi cara-cara modern, dan pada dasarnya modernisasi dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat khususnya di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan, sehingga salah satu  faktor pendorong modernisasi yang dapat menghasilkan nilai-nilai tambah adalah keinginan masyarakat untuk hidup dengan praktis dan nyaman, karena kecanggihan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat yang tentunya dipengaruhi oleh arus perkembangan zaman.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 17 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berbagai penemuan baru dalam bidang  teknologi, seperti alat transportasi, komputer, alat telekomunikasi, dan internet menyebabkan manusia dapat melakukan berbagai aktivitas secara mudah dan cepat. Fe...

Pembahasan Soal:

Dalam soal ditanyakan dampak dari berbagai kemajuan transportasi sampai IPTEK. Soal tersebut berkaitan dengan modernisasi, yang berarti adanya proses perubahan dari sesuatu yang belum maju ke arah yang lebih maju. Dan adanya berbagai penemuan baru dari transportasi sampai IPTEK menyebabkan adanya Modernisasi. Karena adanya penemuan baru, sebagai hal dasar untuk menuju masyarakat yang modern

Dengan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Perubahan mata pencaharian penduduk akibat modernisasi contohnya...

Pembahasan Soal:

Modernisasi merupakan perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang tradisional atau dari masyarakat pramodern menuju pada suatu masyarakat yang modern. Oleh karena itu, modernisasi dapat dipastikan menimbulkan suatu dampak. Salah satunya yaitu beralihnya pertanian tradisional ke industri yang menggunakan mesin. 

Jadi, jawabannya adalah A ditinggalkannya pertanian dan beralih ke industrispace 

0

Roboguru

Perkembangan dalam kehidupan masyarakat menyebabkan perubahan perilaku masyarakat. Berbagai perubahan yang terjadi dalam masyarakat menuntut adanya penyesuaian. Cara yang benar dalam menyikapi penyesu...

Pembahasan Soal:

Poin utama dalam soal adalah cara menyikapi perubahan sosial. Perubahan adalah hal yang pasti terjadi pada masyarakat. Perubahan yang terjadi bisa sesuai atau tidak sesuai dengan nilai, norma, maupun pedoman hidup dalam masyarakat. Sikap yang harus dimiliki dalam menghadapi perubahan adalah sikap kritis, yang cirinya adalah, peduli terhadap adanya perubahan, mampu mengemukakan pendapat, penapat yang disampaikan berupa saran positif, mampu mencermati mana hal yang baik dan buruk, serta mampu mengevaluasi dan mengukur diri. 

Dalam menyikapi kebudayaan baru, kita sebaiknya memiliki sikap memahami, mengerti, dan menghormati budaya baru tanpa menjelekkan budaya baru itu. Selain itu penyesuaian terhadap budaya baru bisa dilakukan dengan cara mencontoh budaya baik dan mengadakan perbaikan atau meninggalkan budaya yang tidak sesuai.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat B.

0

Roboguru

Dampak negatif yang ditimbulkan dari modernisasi adalah ....

Pembahasan Soal:

Modernisasi adalah proses perubahan dari sesuatu yang belum maju ke arah yang lebih maju. Modernisasi dimaksudkan untuk memperbaiki dan mencapai suatu bentuk masyarakat yang lebih maju, berkembang, berkualitas, dan sejahtera. Meskipun modernisasi dapat memudahkan aktivitas manusia, modernisasi juga dapat memberikan dampak negatif, yaitu sebagai berikut :

  1. Budaya dalam negeri perlahan tergeser oleh budaya luar negeri karena kemudahan masyarakat untuk mengakses budaya luar negeri tanpa adanya filter sama sekali.
  2. Munculnya budaya hedonisme dan masyarakat konsumtif. Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa tujuan hidup yang paling utama adalah kesenangan dan kenikmatan. Bagi penganut budaya ini, mereka menjalani hidup sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas.
  3. Sikap individualisme lebih mendominasi.space space space 

0

Roboguru

Zaman dahulu untuk menyimpan dan mengambil uang kita harus pergi ke bank dan hanya dapat dilakukan saat jam layanan bank. Sekarang, dengan adanya mesin ATM kita dapat mengambil uang kapan saja dan di ...

Pembahasan Soal:

Berikut ini beberapa definisi perubahan sosial yang dikemukakan oleh para tokoh :

1) Menurut Kingsley Davis, perubahan sosial adalah proses perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misalnya, adanya perubahan dalam hubungan antara buruh dengan majikan.

2) Menurut Munandar, perubahan sosial sebagai perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi dari bentuk-bentuk masyarakat.

3) Menurut Harper, perubahan sosial diartikan sebagai perubahan yang signifikan mengenai struktur sosial dalam kurun waktu tertentu. Menurut Harper, perubahan tersebut mengandung beberapa perubahan struktur sosial sebagai berikut.

a. Perubahan dalam personal yang berhubungan dengan perubahan-perubahan peran dan individu-individu baru dalam sejarah kehidupan manusia. Misalnya, perempuan hanya menjadi ibu rumah tangga, tetapi sekarang banyak dijumpai perempuan yang juga bekerja di luar. Hal ini terjadi perubahan peran dan fungsi perempuan dalam masyarakat.

b. Perubahan dalam cara berhubungan antarbagian struktur sosial. Misalnya, pada masa lalu dalam kantor pemerintah menggunakan tenaga manusia, tetapi saat ini sudah dikenal layanan yang lebih modern dengan sistem online.

c. Perubahan dalam fungsi-fungsi struktur yang berkaitan dengan apa yang dilakukan masyarakat dan bagaimana melakukannya. Sebagai contohnya, pada zaman dulu keluarga menjadi sarana pendidikan tingkah laku atau sikap dan ilmu pengetahuan lainnya bagi anak. Namun, saat ini sudah dikenal sekolah sebagai media memperoleh pendidikan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial dapat mengakibatkan terjadinya perubahan pada fungsi dan struktur masyarakat. Hal ini sesuai dengan contoh kasus di soal yang menjelaskan bahwa kehadiran mesin ATM membuat masyarakat dapat melakukan transaksi keuangan tanpa harus melalui pegawai bank kapan saja dan di mana saja.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah C.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved