Iklan

Iklan

Pertanyaan

Zaman dahulu untuk menyimpan dan mengambil uang kita harus pergi ke bank dan hanya dapat dilakukan saat jam layanan bank. Sekarang, dengan adanya mesin ATM kita dapat mengambil uang kapan saja dan di mana saja tanpa membutuhkan peran pegawai bank. Peristiwa tersebut merupakan contoh perubahan sosial yang melibatkan... Alasan:....

Zaman dahulu untuk menyimpan dan mengambil uang kita harus pergi ke bank dan hanya dapat dilakukan saat jam layanan bank. Sekarang, dengan adanya mesin ATM kita dapat mengambil uang kapan saja dan di mana saja tanpa membutuhkan peran pegawai bank. Peristiwa tersebut merupakan contoh perubahan sosial yang melibatkan...

Alasan:....

  1. keinginan individu untuk mendapatkan kemudahan

  2. perubahan struktur sosial dalam bidang kesejahteraan masyarakat

  3. perubahan fungsi struktur sosial dalam masyarakat

  4. perubahan peran individu dalam masyarakat dan kehidupan sosial

  5. perubahan dalam cara berhubungan antarbagian struktur sosial

Iklan

Y. Fernanda

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berikut ini beberapa definisi perubahan sosial yang dikemukakan oleh para tokoh : 1) Menurut Kingsley Davis, perubahan sosial adalah proses perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misalnya, adanya perubahan dalam hubungan antara buruh dengan majikan. 2) Menurut Munandar, perubahan sosial sebagai perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi dari bentuk-bentuk masyarakat. 3) Menurut Harper, perubahan sosial diartikan sebagai perubahan yang signifikan mengenai struktur sosial dalam kurun waktu tertentu. Menurut Harper, perubahan tersebut mengandung beberapa perubahan struktur sosial sebagai berikut. a. Perubahan dalam personal yang berhubungan dengan perubahan-perubahan peran dan individu-individu baru dalam sejarah kehidupan manusia. Misalnya, perempuan hanya menjadi ibu rumah tangga, tetapi sekarang banyak dijumpai perempuan yang juga bekerja di luar. Hal ini terjadi perubahan peran dan fungsi perempuan dalam masyarakat. b. Perubahan dalam cara berhubungan antarbagian struktur sosial. Misalnya, pada masa lalu dalam kantor pemerintah menggunakan tenaga manusia, tetapi saat ini sudah dikenal layanan yang lebih modern dengan sistem online. c. Perubahan dalam fungsi-fungsi struktur yang berkaitan dengan apa yang dilakukan masyarakat dan bagaimana melakukannya. Sebagai contohnya, pada zaman dulu keluarga menjadi sarana pendidikan tingkah laku atau sikap dan ilmu pengetahuan lainnya bagi anak. Namun, saat ini sudah dikenal sekolah sebagai media memperoleh pendidikan. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial dapat mengakibatkan terjadinya perubahan pada fungsi dan struktur masyarakat. Hal ini sesuai dengan contoh kasus di soal yang menjelaskan bahwa kehadiran mesin ATM membuat masyarakat dapat melakukan transaksi keuangan tanpa harus melalui pegawai bank kapan saja dan di mana saja. Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah C.

Berikut ini beberapa definisi perubahan sosial yang dikemukakan oleh para tokoh :

1) Menurut Kingsley Davis, perubahan sosial adalah proses perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misalnya, adanya perubahan dalam hubungan antara buruh dengan majikan.

2) Menurut Munandar, perubahan sosial sebagai perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi dari bentuk-bentuk masyarakat.

3) Menurut Harper, perubahan sosial diartikan sebagai perubahan yang signifikan mengenai struktur sosial dalam kurun waktu tertentu. Menurut Harper, perubahan tersebut mengandung beberapa perubahan struktur sosial sebagai berikut.

a. Perubahan dalam personal yang berhubungan dengan perubahan-perubahan peran dan individu-individu baru dalam sejarah kehidupan manusia. Misalnya, perempuan hanya menjadi ibu rumah tangga, tetapi sekarang banyak dijumpai perempuan yang juga bekerja di luar. Hal ini terjadi perubahan peran dan fungsi perempuan dalam masyarakat.

b. Perubahan dalam cara berhubungan antarbagian struktur sosial. Misalnya, pada masa lalu dalam kantor pemerintah menggunakan tenaga manusia, tetapi saat ini sudah dikenal layanan yang lebih modern dengan sistem online.

c. Perubahan dalam fungsi-fungsi struktur yang berkaitan dengan apa yang dilakukan masyarakat dan bagaimana melakukannya. Sebagai contohnya, pada zaman dulu keluarga menjadi sarana pendidikan tingkah laku atau sikap dan ilmu pengetahuan lainnya bagi anak. Namun, saat ini sudah dikenal sekolah sebagai media memperoleh pendidikan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial dapat mengakibatkan terjadinya perubahan pada fungsi dan struktur masyarakat. Hal ini sesuai dengan contoh kasus di soal yang menjelaskan bahwa kehadiran mesin ATM membuat masyarakat dapat melakukan transaksi keuangan tanpa harus melalui pegawai bank kapan saja dan di mana saja.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah C.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

64

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perubahan mata pencaharian penduduk akibat modernisasi contohnya...

74

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia