Roboguru

Faktor-faktor yang menyebabkan kekalahan Blok Sentral terhadap sekutu dalam Perang Dunia II adalah...

Pertanyaan

Faktor-faktor yang menyebabkan kekalahan Blok Sentral terhadap sekutu dalam Perang Dunia II adalah...undefined 

  1. Sekutu memiliki sumber daya alam yang hebat dalam berperangundefined 

  2. Sekutu tidak memiliki daerah jajahan yang dapat menunjang kebutuhan perangundefined 

  3. Blok sentral memiliki sumber daya alam yang mencukupi untuk perangundefined 

  4. Blok sentral memiliki keunggulan teknologiundefined 

  5. Jumlah sekutu lebih banyakundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Perang Dunia II melibatkan banyak negara-negara besar dunia. Secara umum, terdapat dua kubu besar yang saling berseteru. Kubu pertama disebut sebagai Axis (Poros) yang terdiri dari Jerman, Italia, dan Jepang. Kubu kedua disebut sebagai Allied (Sekutu) yang terdiri dari Inggris, Prancis, Amerika Serikat, dan Uni Soviet. Selain negara-negara besar tersebut, terdapat banyak negara-negara kecil yang juga terlibat didalamnya. Kebanyakan dari mereka tergabung kedalam blok Sekutu. Keunggulan jumlah anggota dan pasukan serta didukung taktik militer mumpuni yang dimiliki oleh Sekutu sangat membantu mereka dalam memukul mundur kekuatan Poros pada periode akhir Perang Dunia II. Hal tersebut berhasil membawa mereka menuju kemenangan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu kekalahan Jerman dalam Perang Dunia I disebabkan oleh...

Pembahasan Soal:

Perang Dunia I berlangsung pada tanggal 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918. Perang tersebut berlangsung lama dan menemui jalan buntu karena pertempuran yang memakan biaya tinggi dan peperangan sistem parit, terutama di Front Barat. Suatu perubahan menentukan dalam pertempuran tersebut terjadi pada April 1917 ketika kebijakan perang kapal selam Jerman yang tidak terkontrol mendorong Amerika Serikat yang semula bersikap netral untuk bergabung ke blok Sekutu dalam Perang Dunia I. Pasukan dan bahan baru dari American Expeditionary Force (AEF) di bawah kepemimpinan Jenderal John J. Pershing, ditambah dengan blokade yang semakin ketat terhadap pelabuhan Jerman, akhirnya membantu menggeser kondisi perang sehingga menguntungkan Entente dalam memukul mundur blok Triple Alliance.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Pada 27 November 1919 Sekutu dan Bulgaria menandatangani Perjanjian Neuilly. Berdasarkan keputusan perjanjian tersebut, Bulgaria harus menyerahkan daerah pantai Aegea kepada ...

Pembahasan Soal:

Akhir Perang Dunia I ditandai dengan kekalahan Blok Sentral (Triple Alliance) atas Blok Sekutu (Triple Entente). Kemudian banyak dilakukannya perjanjian-perjanjian perdamaian diantara blok tersebut. Salah satunya ialah Perjanjian Neuilly. Perjanjian ini dilakukan pada 27 November 1919 dan merupakan perjanjian yang ditandatangani antara perwakilan Bulgaria dan negara-negara sekutu yang muncul sebagai pemenang dalam Perang Dunia I. Perjanjian tersebut diantaranya terdiri atas penyerahan Thracia Barat kepada Yunani sehingga Bulgaria tidak memiliki akses langsung ke Laut Aegea. Bulgaria pun menyerahkan beberapa wilayah lainnya. 

Dengan demikian hal ini berdampak pada hilangnya tanah Bulgaria secara signifikan, Bulgaria harus menyerahkan daerah pantai Aegea kepada Yunani.

0

Roboguru

Bagaimana akhir dari Perang Dunia 1?

Pembahasan Soal:

Perang Dunia 1 berlangsung pada tahun 1914-1918. Perang Dunia 1 dilatarbelakangi oleh berbagai hal, seperti perlombaan persenjataan, adanya politik aliansi, hingga terbunuhnya Pangeran Franz Ferdinand dari Kerajaan Austria-Hungaria. Perang Dunia 1 melibatkan 2 blok, yakni blok sentral dan blok sekutu. Blok sentral terdiri dari Jerman, Austria-Hungaria, dan Turki. Sedangkan blok sekutu terdiri dari Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat. Perang Dunia 1 berakhir dengan kemenangan blok sekutu. Dampak dari kekalahan blok sentral adalah ditandanganinya sejumlah kesepakatan atau perjanjian, seperti perjanjian Versailles (Jerman dengan Sekutu), perjanjian Sevres (Turki Utsmani dengan Sekutu) dan perjanjian Trianon (Austria-Hongaria dengan Sekutu).

Dengan demikian, Perang Dunia 1 berakhir dengan kemenangan blok sekutu dan kekalahan blok sentral.

0

Roboguru

Jerman menyatakan menyerah kepada Presiden Amerika, Woodrow Wilson yang kemudian mengajukan 14 tuntutan yang langsung diterima oleh pihak Jerman dan dianggap sebagai tuntutan kepada pihak yang kalah, ...

Pembahasan Soal:

Inggris dan Perancis menganggap 14 poin tuntutan yang diajukan oleh Woodrow Wilson itu terlalu lunak dan ingin agar negara-negara yang kalah perang dihukum berat. Tujuannya agar Jerman tidak akan bisa memulai parang kembali. Untuk itu, pada 28 Juli 1919 Inggris dan Perancis meminta pihak Jerman mentandatangani perjanjian Versailles. Perjanjian Versailles sangat merugikan karena pasal-pasal di dalamnya membuat Jerman tidak dapat lagi menjadi kekuatan besar di dunia. Selain itu, wilayah-wilayah Jerman banyak yang dilucuti dan Jerman pun harus membayar seluruh kerugian perang yang diakibatkan kesalahan Jerman.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Bagaimana strategi perang yang digunakan negara Italia untuk menghadapi perang dunia 1?

Pembahasan Soal:

Sebelum pecahnya Perang Dunia 1 Italia telah tergabung dengan Triple Allience yang beranggotakan Kerajaan Jerman, Italia, dan Austria-Hungaria. Setelah terjadi pembunuhan Frans Ferdinand di Serbia, Austria-Hungaria menyerang Serbia yang merupakan negara yang dilindungi Russia. Italia saat itu mengambil langkah netral untuk tidak berperang dengan Russia yang membuat hubungan Triple Aliance renggang.

Pihak Sekutu atau Enente mendekati Italia untuk bergabung dengan janji akan mendapat wilayah dari kekaisaran Turki. Akhirnya Italia bergabung dengan pihak sekutu dengan menandatangani perjanjian london pada 1915. Dalam perjalanan perang beakhir dengan kemenangan pihak Enente dengan penandatanganan perjanjian versailles, namun kemenangan tersebut tidak bagi Italia karena hanya mendapat sedikit wilayah dari perang tersebut.

Kekecewaan tersebut mendorong tumbuhnya fasisme yang menyebabkan Italia bergabung dengan Jerman pada Perang Dunia II pihak yang berseberangan pada Perang Dunia 1.

Dengan demikian strategi Italia dalam Perang Dunia 1 adalah melakukan kerjasama dengan pihak Enente (sekutu) untuk melakukan ekspansi kewilayah Turki Utsmani.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved