Iklan

Iklan

Pertanyaan

Etanol dan dimetil eter mempunyai rumus molekul yang sama, yaitu C 2 ​ H 6 ​ O . Bagaimana Anda dapat membedakan kedua senyawa tersebut?

Etanol dan dimetil eter mempunyai rumus molekul yang sama, yaitu . Bagaimana Anda dapat membedakan kedua senyawa tersebut? 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

etanol dan dimetil eter dapat dibedakan berdasarkan sifat fisik dan kimianya (reaksi dengan logam natrium dan fosforus pentaklorida.

etanol dan dimetil eter dapat dibedakan berdasarkan sifat fisik dan kimianya (reaksi dengan logam natrium dan fosforus pentaklorida.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Etanoldan dimetil eter memiliki rumus molekul sama, tetapi memiliki gugus fungsi yang berbeda. Etanol termasuk dalam kelompok alkohol yang memiliki gugus fungsi − OH , sedangkan dimetil eter termasuk dalam kelompok eter yang memiliki gugus fungsi − O − . Rumus struktur: CH 3 ​ − CH 2 ​ − OH CH 3 ​ − O − CH 3 ​ ​ = = ​ etanol dimetil eter ​ Secara sifat fisik, etanol memiliki kelarutan dalam air yang lebih besar dan titik didih lebih tinggi dibandingkan dimetil eter. Hal ini karena etanol dapat membentuk ikatan hidrogen. Selain itu, dimetil eter memiliki bau yang agak menyengat dibandingkan etanol. Secara kimia, etanol dan dimetil eter dapat dibedakan berdasarkan reaksinya dengan logam natrium dan fosforus pentaklorida. Berikut adalah reaksi kimia yang digunakan unutuk membedakan alkohol dan eter. Alkohol bereaksi dengan logam natrium menghasilkan gashidrogen, sedangkan eter tidak dapat bereaksi. Alkohol bereaksi dengan menghasilkan gas ,sedangkan eter bereaksi, tetapi tidak menghasilkan . R − O − H + PCl 5 ​ → R − Cl + HCl + POCl 3 ​ Jadi, etanol dan dimetil eter dapat dibedakan berdasarkan sifat fisik dan kimianya (reaksi dengan logam natrium dan fosforus pentaklorida.

Etanol dan dimetil eter memiliki rumus molekul sama, tetapi memiliki gugus fungsi yang berbeda. Etanol termasuk dalam kelompok alkohol yang memiliki gugus fungsi , sedangkan dimetil eter termasuk dalam kelompok eter yang memiliki gugus fungsi . Rumus struktur:

 

Secara sifat fisik, etanol memiliki kelarutan dalam air yang lebih besar dan titik didih lebih tinggi dibandingkan dimetil eter. Hal ini karena etanol dapat membentuk ikatan hidrogen. Selain itu, dimetil eter memiliki bau yang agak menyengat dibandingkan etanol.

Secara kimia, etanol dan dimetil eter dapat dibedakan berdasarkan reaksinya dengan logam natrium dan fosforus pentaklorida. Berikut adalah reaksi kimia yang digunakan unutuk membedakan alkohol dan eter.

  • Alkohol bereaksi dengan logam natrium menghasilkan gas hidrogen, sedangkan eter tidak dapat bereaksi.
  • Alkohol bereaksi dengan begin mathsize 14px style P Cl subscript 5 end style menghasilkan gas begin mathsize 14px style H Cl end style, sedangkan eter bereaksi, tetapi tidak menghasilkan undefined.

  

begin mathsize 14px style R bond O bond R apostrophe plus P Cl subscript 5 yields R bond Cl and R apostrophe minus sign Cl and P O Cl subscript 3 end style 


Jadi, etanol dan dimetil eter dapat dibedakan berdasarkan sifat fisik dan kimianya (reaksi dengan logam natrium dan fosforus pentaklorida.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

376

Maria Magdalena Padama

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimana sifat eter secara umum?

6

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia