Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana cara membedakan antara alkohol dengan eter?

Bagaimana cara membedakan antara alkohol dengan eter?space

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Alkohol dan eter dapat dibedakan dengan melihat titik didihnya, kelarutannya, serta reaksinya dengan logam aktif dan fosfor pentaklorida. Alkohol dan eter adalah senyawa turunan alkana yang memiliki rumus umum sama, yaitu C n ​ H 2 n + 2 ​ O , namun keduanya memiliki gugus fungsi yang berbeda sehingga memiliki sifat-sifat yang berbeda pula. Alkohol memiliki gugus fungsi − OH sedangkan eter memiliki gugus fungsi − O − . Adanya gugus − OH pada alkohol menyebabkan alkohol bersifat polar dan memiliki ikatan hidrogen. Dengan demikian, titik didih alkohol lebih tinggi daripada eter pada berat molekul sama. Karena kepolaran tersebut, alkohol juga lebih mudah larut dalam air dibandingkan eter. Gugus − OH merupakan gugus yang cukup reaktif sehingga senyawa-senyawa alkohol lebih mudah bereaksi dengan senyawa lain dibandingkan eter. Secara kimia, alkohol dan eter dapat dibedakan dengan cara mereaksikannya dengan logam natrium dan fosfor pentaklorida ( PCl 5 ​ ). Perbedaan keduanya ditunjukkan reaksi berikut: alkohol + Na → Na − alkoholat + H 2 ​ ( g ) eter + Na → ​ alkohol + PCl 5 ​ → menghasilkan HCl eter + PCl 5 ​ → tidak menghasilkan HCl Berdasarkan reaksi tersebut, alkohol mudah bereaksi dengan logam natrium dan fosfor pentaklorida dibandingkan eter . Selain itu, alkohol juga dapat dioksidasi, mengalami reaksi dehidrasi, dan esterifikasi; sementara eter tidak dapat dioksidasi, direduksi, dieleminasi, atau direaksikan dengan basa. Alkohol dan eter dapat dibedakan dari sifat fisika maupun sifat kimianya.

Alkohol dan eter dapat dibedakan dengan melihat titik didihnya, kelarutannya, serta reaksinya dengan logam aktif dan fosfor pentaklorida.

Alkohol dan eter adalah senyawa turunan alkana yang memiliki rumus umum sama, yaitu , namun keduanya memiliki gugus fungsi yang berbeda sehingga memiliki sifat-sifat yang berbeda pula. Alkohol memiliki gugus fungsi  sedangkan eter memiliki gugus fungsi . Adanya gugus  pada alkohol menyebabkan alkohol bersifat polar dan memiliki ikatan hidrogen. Dengan demikian, titik didih alkohol lebih tinggi daripada eter pada berat molekul sama. Karena kepolaran tersebut, alkohol juga lebih mudah larut dalam air dibandingkan eter.

Gugus  merupakan gugus yang cukup reaktif sehingga senyawa-senyawa alkohol lebih mudah bereaksi dengan senyawa lain dibandingkan eter. Secara kimia, alkohol dan eter dapat dibedakan dengan cara mereaksikannya dengan logam natrium dan fosfor pentaklorida (). Perbedaan keduanya ditunjukkan reaksi berikut:

  1.  
     
  2.  
     

Berdasarkan reaksi tersebut, alkohol mudah bereaksi dengan logam natrium dan fosfor pentaklorida dibandingkan eter.

Selain itu, alkohol juga dapat dioksidasi, mengalami reaksi dehidrasi, dan esterifikasi; sementara eter tidak dapat dioksidasi, direduksi, dieleminasi, atau direaksikan dengan basa. Alkohol dan eter dapat dibedakan dari sifat fisika maupun sifat kimianya.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

42

Meisyawari Aisyatul

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

naeeya

Makasih ❤️

Dhita Sri Wahyuni

Pembahasan lengkap banget

Vanaya Nur Prameswari

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Senyawa alkohol dan eter memiliki rumus molekulyang sama yaitu C n ​ H 2 n + 2 ​ O . Bagaimana cara membedakan kedua senyawa tersebut?

7

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia