Roboguru

Empat strain bakteri yang berbeda diisolasi dari usus udang. Keempat strain ini dipelajari kemampuannya untuk mengurangi patogenisitas Vibrio harveyi pada udang. Pada eksperimen pertama, keempat bakteri diinokulasi pada plate crossstreak untuk dilihat kemampuannya menghambat pertumbuhan 4 strain bakteri lainnya. Pada eksperimen kedua, survival rate udang dengan kehadiran Vibrio harveyi dan isolat bakteri 1-4 diukur setelah diinkubasi selama 5 hari. (A) K =Control (tidak ada bakteri dalam kotak tengah), P1-P4 = Kandidat probiotik 1-4, a =Streptococcus sp. (Gram positif), b = Vibrio harveyi (Gram negatif), c =Bacillus sp. (Gram positif), d = Salmonella sp. (Gram negatif). (B) U = kultur udang, U+V = kultur udang ditambahkan Vibrio harveyi, U+V+P1-4 = kultur udang dengan penambahan Vibrio harveyi dan kandidat probiotik P1-4. Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah! Kandidat P2 dapat menurunkan pategonisitas Vibrio harveyi tanpa membunuh sel bakteri.

Pertanyaan

Empat strain bakteri yang berbeda diisolasi dari usus udang. Keempat strain ini dipelajari kemampuannya untuk mengurangi patogenisitas Vibrio harveyi pada udang. Pada eksperimen pertama, keempat bakteri diinokulasi pada plate crossstreak untuk dilihat kemampuannya menghambat pertumbuhan 4 strain bakteri lainnya. Pada eksperimen kedua, survival rate udang dengan kehadiran Vibrio harveyi dan isolat bakteri 1-4 diukur setelah diinkubasi selama 5 hari.

(A) K =Control (tidak ada bakteri dalam kotak tengah), P1-P4 = Kandidat probiotik 1-4, a =Streptococcus sp. (Gram positif), b = Vibrio harveyi (Gram negatif), c =Bacillus sp. (Gram positif), d = Salmonella sp. (Gram negatif).

(B) U = kultur udang, U+V = kultur udang ditambahkan Vibrio harveyi, U+V+P1-4 = kultur udang dengan penambahan Vibrio harveyi dan kandidat probiotik P1-4.

Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah!

Kandidat P2 dapat menurunkan pategonisitas Vibrio harveyi tanpa membunuh sel bakteri.space 

  1. Benarspace 

  2. Salahspace 

Pembahasan Soal:

P2 paling baik digunakan untuk menghasilkan senyawa yang dapat menurunkan patogenisitas Vibrio, namun tidak sampai memberikan tekanan seleksi yang kuat pada populasi bakteri patogen tersebut. Alasannya adalah jika kandidat probiotik bersifat membunuh maka akan memberikan tekanan seleksi pada populasi bakteri tersebut, sehingga terdapat kemungkinan adanya bakteri yang resisten sehingga membuat kandidat probiotik tersebut menjadi tidak lagi efektif ketika pada populasi yang tersisa adalah populasi bakteri yang resisten. Tetapi, ketika kandidat probiotik menghambat faktor virulensi, maka tidak memberikan tekanan seleksi pada bakteri tersebut atau dengan kata lain, menghambat faktor virulensi sebuah bakteri tidak membuat bakteri memiliki hambatan reproduktif, sehingga bakteri yang mungkin resisten dan tidak resisten memiliki kemampuan yang sama untuk bertumbuh dan bereplikasi diri. Sehingga pada populasi bakteri tersebut, P2 akan cenderung lebih efektif.

Dengan demikian, pernyataan di atas BENAR.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Empat strain bakteri yang berbeda diisolasi dari usus udang. Keempat strain ini dipelajari kemampuannya untuk mengurangi patogenisitas Vibrio harveyi pada udang. Pada eksperimen pertama, keempat bakte...

Pembahasan Soal:

Kandidat probiotik 3 (P3) menimbulkan adanya zona hambat pertumbuhan pada keempat streak (goresan) kultur bakteri tersebut. P3 memiliki kemampuan menghasilkan senyawa antimikroba dengan spektrum yang sama dengan rifampisin. Rifampisin adalah sejenis antibiotik yang berfungsi untuk menghambat proses ekspresi gen pada prokariot. Target dari rifampisin bukanlah membran luar dari sel, tetapi enzim RNA polymerase yang berfungsi untuk mengkatalisis pembentukan polimer RNA dari DNA dalam proses transkripsi.

Dengan demikian, pernyataan di atas SALAH.space 

0

Roboguru

Empat strain bakteri yang berbeda diisolasi dari usus udang. Keempat strain ini dipelajari kemampuannya untuk mengurangi patogenisitas Vibrio harveyi pada udang. Pada eksperimen pertama, keempat bakte...

Pembahasan Soal:

P1 memiliki kemampuan menghasilkan senyawa antimikroba yang sama seperti spektrum penisilin. Antimikroba penisilin hanya efektif pada bakteri gram positif saja. Penisilin mempengaruhi langkah akhir sintesis dinding sel bakteri (transpeptidase atau ikatan silang), sehingga membran kurang stabil secara osmotik. Lain halnya dengan antimikroba P3 yang menghasilkan senyawa yang memiliki spektrum sama dengan rifampisin. Target dari rifampisin adalah enzim RNA polymerase yang berfungsi untuk mengkatalisis pembentukan polimer RNA dari DNA dalam proses transkripsi. RNA polymerase dari prokariot umumnya sejenis, maka dari itu, diasumsikan pemberian rifampisin cenderung akan efektif pada keseluruhan jenis bakteri, bakteri gram positif dan negatif.

Dengan demikian, pernyataan di atas SALAH.space 

0

Roboguru

Tuliskan perbedaan antara metode cawan gores dan metode cawan tuang!

Pembahasan Soal:

Ada berbagai cara untuk memperoleh biakan murni bakteri dari suatu biakan campuran. Namun, dua cara yang paling sering digunakan adalah metode cawan gores (streak plate) dan metode cawan tuang (pour plate).

  • Metode cawan gores atau streak plate dilakukan dengan menggunakan jarum ose dan menggoreskannya ke permukaan medium agar dengan pola tertentu. Metode cawan gores yang dilakukan dengan baik akan menyebabkan terisolasinya bakteri yang diinginkan.
  • Metode cawan tuang atau pour plate dilakukan dengan dua cara yaitu dengan mencampur suspensi bakteri yang telah diencerkan pada medium agar kemudian menuangkannya pada cawan Petri, serta menyemprotkan suspensi bakteri pada dasar cawan Petri kemudian menuang medium agar ke atasnya dan diaduk.

Perbedaan antara metode cawan gores dan metode cawan tuang, yaitu:

  • Metode cawan gores atau streak plate memiliki dua keuntungan, yaitu menghemat bahan dan waktu. Namun, memerlukan keterampilan.
  • Metode cawan tuang atau pour plate cukup memakan bahan dan waktu, tetapi tidak memerlukan keterarnpilan yang terlalu tinggi.

Dengan demikian, perbedaan antara metode cawan gores dan metode cawan tuang terletak pada penghematan bahan dan waktu serta keterampilan yang dibutuhkan.space 

0

Roboguru

Kelebihan metode cawan gores dibandingkan metode cawan tuang adalah ....

Pembahasan Soal:

Ada berbagai cara untuk memperoleh biakan murni bakteri dari suatu biakan campuran. Namun, dua cara yang paling sering digunakan adalah metode cawan gores (streak plate) dan metode cawan tuang (pour plate).

  • Metode cawan gores atau streak plate dilakukan dengan menggunakan jarum ose dan menggoreskannya ke permukaan medium agar dengan pola tertentu. Metode ini memiliki dua keuntungan, yaitu menghemat bahan dan waktu. Namun, memerlukan keterampilan. Metode cawan gores yang dilakukan dengan baik akan menyebabkan terisolasinya bakteri yang diinginkan.
  • Metode cawan tuang atau pour plate dilakukan dengan dua cara yaitu dengan mencampur suspensi bakteri yang telah diencerkan pada medium agar kemudian menuangkannya pada cawan Petri, serta menyemprotkan suspensi bakteri pada dasar cawan Petri kemudian menuang medium agar ke atasnya dan diaduk. Metode ini cukup memakan bahan dan waktu, tetapi tidak memerlukan keterarnpilan yang terlalu tinggi.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space 

0

Roboguru

Pada inokulasi metode agar tegak alat yang digunakan adalah....

Pembahasan Soal:

Inokulasi bakteri metode agar tegak adalah suatu cara dalam menumbuhkan bakteri dengan menggunakan agar yang ditaruh dalam tabung secara vertikal atau tegak. Alat yang digunakan dalam prosesnya adalah jarum ose ujung lurus dan tabung reaksi.undefined 

Jadi, alat yang digunakan dalam inokulasi metode agar tegak adalah jarum ose ujung lurus dan tabung reaksi.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved