Iklan

Iklan

Pertanyaan

Empat buah batang kayu yang sejajar dalam posisi vertikal disatukan dengan paku pada sebuah batang kayu yang lain seperti nampak pada gambar berikut ini. Jika ∠ A = 13 0 ∘ , tentukan: a) besar sudut D b) besar sudut E c) besar sudut F

Empat buah batang kayu yang sejajar dalam posisi vertikal disatukan dengan paku pada sebuah batang kayu yang lain seperti nampak pada gambar berikut ini.



Jika , tentukan:

a) besar sudut

b) besar sudut

c) besar sudut

Iklan

F. Kartikasari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

besar sudut adalah .

besar sudut straight D comma space straight E comma space straight F adalah 130 degree comma space 130 degree comma space 50 degree.

Iklan

Pembahasan

a) Sudut dan sudut adalah pasangan sudut sehadap. Besar sudut sehadap adalah sama, maka . b) Sudut dan sudut adalah pasangan sudut bertolak belakang. Sudut yang bertolak belakang adalah sudut yang arah hadapnya berlawanan. Besar sudut bertolak belakang adalah sama. Sehingga . c) Sudut merupakan sudut berpelurus dari sudut . Dua sudut dikatakan berpelurus jika jumlah sudutnya . Sehingga, Jadi, besar sudut adalah .

a) Sudut straight D dan sudut straight A adalah pasangan sudut sehadap. Besar sudut sehadap adalah sama, maka angle straight D equals angle straight A equals 130 degree.

b) Sudut straight E dan sudut straight D adalah pasangan sudut bertolak belakang. Sudut yang bertolak belakang adalah sudut yang arah hadapnya berlawanan. Besar sudut bertolak belakang adalah sama. Sehingga angle straight E equals angle straight D equals 130 degree.

c) Sudut straight F merupakan sudut berpelurus dari sudut straight D. Dua sudut dikatakan berpelurus jika jumlah sudutnya 180 degree. Sehingga,

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell angle straight F plus angle straight D end cell equals cell 180 degree end cell row cell angle straight F plus 130 degree end cell equals cell 180 degree end cell row cell angle straight F end cell equals cell 180 degree minus 130 degree end cell row blank equals cell 50 degree end cell end table

Jadi, besar sudut straight D comma space straight E comma space straight F adalah 130 degree comma space 130 degree comma space 50 degree.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

754

Odelia Annabelle

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diberikan tiga buah garis yakni k , l , dan m dan juga sudut-sudut yang berada di lingkungannya, k dan l merupakan sejajar sementara garis m memotong garis dan . Apabila ∠ P = 12 5 ∘ , maka t...

71

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia