RoboguruRoboguru
SD

Emile Durkheim dalam bukunya The Division of Labour in Society (1968) menjelaskan mengenai fungsi dan pembagian kerja dalam masyarakat serta faktor yang menjadi penyebabnya. Ia membedakan antara dua tipe solidaritas, yaitu solidaritas mekanik dan organis. Dari ilustrasi tersebut yang menjadi faktor pendorong berkembangnya sosiologi sebagai ilmu adalah ....

Pertanyaan

Emile Durkheim dalam bukunya The Division of Labour in Society (1968) menjelaskan mengenai fungsi dan pembagian kerja dalam masyarakat serta faktor yang menjadi penyebabnya. Ia membedakan antara dua tipe solidaritas, yaitu solidaritas mekanik dan organis. Dari ilustrasi tersebut yang menjadi faktor pendorong berkembangnya sosiologi sebagai ilmu adalah ....

  1. kesenjangan sosial antara masyarakat pertanian dan feodal

  2. perjuangan kelas bagi masyarakat borjuis dan bangsawan

  3. perjuangan kelas bagi masyarakat borjuis dan bangsawan

  4. ketidakseimbangan pekerjaan dalam masyarakat industri

  5. perubahan sosial yang cepat dalam struktur feodal

R. Fitriani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Nusantara PGRI Kediri

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah D.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Poin yang ditanyakan pada soal adalah terkait sejarah berkembangnya sosiologi sebagai suatu ilmu. David Emile Durkheim atau yang dikenal Emile Durkheim merupakan salah satu pencetus sosiologi modern. Karya-karya Durkheim antara lain "The Division of Labor in Society" (1893), "Rules of Sociological Method" (1895), "Suicide" (1897), dan "The Elementary Forms of the Religious Life" (1912). Buku "The Division of Labor in Society" merupakan suatu upaya Durkheim untuk mengkaji suatu gejala yang sedang melanda masyarakat yaitu pembagian kerja. Durkheim mengemukakan bahwa di bidang perekonomian seperti bidang industri modern terjadi penggunaan mesin serta konsentrasi modal dan tenaga kerja yang mengakibatkan pembagian kerja dalam bentuk spesialisasi dan pemisahan okupasi yang semakin rinci. Gejala pembagian kerja ini dijumpai pula di bidang perniagaan dan pertanian, dan tidak terbatas pada bidang ekonomi saja, namun melanda bidang-bidang lain seperti hukum, politik, kesenian, hingga keluarga. 

Selain itu, Durkheim memandang bahwa setiap masyarakat manusia memerlukan solidaritas. Dia membagi dua tipe solidaritas, yaitu solidaritas mekanik dan organik. Solidaritas mekanik merupakan suatu tipe solidaritas yang didasarkan atas persamaan. Solidaritas mekanik banyak dijumpai pada masyarakat yang masih sederhana. Pada masyarakat ini belum terdapat pembagian kerja yang berarti. Sehingga tidak terdapat saling ketergantungan antara satu kelompok dengan kelompok lainnya. Pada tahap selanjutnya, solidaritas mekanik berkembang menjadi solidaritas organik, karena pembagian kerja makin jelas dan spesialisasi makin berkembang. Pada masyarakat dengan solidaritas organik ini, masing-masing anggota tidak lagi dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.

Dengan demikian, yang menjadi faktor pendorong berkembangnya sosiologi sebagai ilmu dalam buku The Division of Labor in Society adalah ketidakseimbangan pekerjaan dalam masyarakat industri.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

846

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tuliskan nama-nama tokoh yang berhubungan dengan ilmu sosiologi!

38

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia