Iklan

Iklan

Pertanyaan

Elektrode kalomel sering digunakan sebagai elektrode pembanding dalam pengujian menggunakan prinsip elektrokimia. Elektrode kalomel terdiri atas logam Hg yang menunggu pasta Hg, kalomel ( HgCl 2 ​ ), dan KCl . Nama ilmiah dari dan berturut-turut adalah ...

Elektrode kalomel sering digunakan sebagai elektrode pembanding dalam pengujian menggunakan prinsip elektrokimia. Elektrode kalomel terdiri atas logam Hg yang menunggu pasta Hg, kalomel (), dan . Nama ilmiah dari begin mathsize 14px style Hg Cl subscript 2 end style dan begin mathsize 14px style K Cl end style berturut-turut adalah ... space 

  1. Sebuah raksa(II) klorida dan kalsium kloridaspace 

  2. Kandungan klorida dan kalsium kloridaspace 

  3. Raksa(II) klorida dan kalium kloridaspace 

  4. Raksa(I) klorida dan kalium kloridaspace 

  5. Raksa klorida dan kalium kloridaspace 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.

jawaban yang benar adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Senyawa ionik yaitu senyawa yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion). Biner artinya terdiri dari dua unsur, sementara poliatom artinya lebih dari dua unsur. Tata nama senyawa ionik biner yaitu : Indeks atom tidak disebutkan Unsur logam ditulis terlebih dahulu Unsur non logam diberi akhiran “ida” Untuk unsur logam transisi, nama logam disertakan muatan (bilangan oksidasinya) yang ditulis dengan angka romawi dalam tanda kurung, dan tidak ada spasi antara nama logam dan tanda kurung. Senyawa merupakan senyawa ionik biner dimana kation berasal dari gologan transisi. Muatan ion Hg dapat ditentukan dari reaksi ionisasinya sebagai berikut. Nama anion yaitu klorin + -ida = klorida Dari reaksi tersebut, muatan Hg (raksa) adalah 2 maka nama senyawa dari yaitu raksa(II) klorida. Sementara merupakan senyawa ionik biner dengan kation golongan utama yakni kalium, sehingga nama senyawanya yaitu kalium klorida. Dengan demikian, nama ilmiah dari dan berturut-turut adalah raksa(II) klorida dan kalium klorida. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Senyawa ionik yaitu senyawa yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion). Biner artinya terdiri dari dua unsur, sementara poliatom artinya lebih dari dua unsur.

Tata nama senyawa ionik biner yaitu :

  • Indeks atom tidak disebutkan
  • Unsur logam ditulis terlebih dahulu
  • Unsur non logam diberi akhiran “ida”
  • Untuk unsur logam transisi, nama logam disertakan muatan (bilangan oksidasinya) yang ditulis dengan angka romawi dalam tanda kurung, dan tidak ada spasi antara nama logam dan tanda kurung.

Senyawa begin mathsize 14px style Hg Cl subscript 2 end style merupakan senyawa ionik biner dimana kation berasal dari gologan transisi. Muatan ion Hg dapat ditentukan dari reaksi ionisasinya sebagai berikut.


begin mathsize 14px style Hg Cl subscript 2 space rightwards arrow space Hg to the power of 2 plus sign space plus space 2 Cl to the power of minus sign end style

Nama anion Cl to the power of minus sign yaitu klorin + -ida = klorida

Dari reaksi tersebut, muatan Hg (raksa) adalah 2 maka nama senyawa dari begin mathsize 14px style Hg Cl subscript 2 end style yaitu raksa(II) klorida.

Sementara begin mathsize 14px style K Cl end style merupakan senyawa ionik biner dengan kation golongan utama yakni kalium, sehingga nama senyawanya yaitu kalium klorida.

Dengan demikian, nama ilmiah dari begin mathsize 14px style Hg Cl subscript 2 end style dan begin mathsize 14px style K Cl end style berturut-turut adalah raksa(II) klorida dan kalium klorida.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan rumus kimia dari senyawa berikut. a. karbon disulfida b. kalium dikromat c. besi (III) hidroksida d.timbal (II) nitrat e.kalsium nitrida

2

3.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia