Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan nama dari senyawa-senyawa berikut ini: Na 2 ​ O ZnS H 2 ​ CO 3 ​ H 2 ​ S H 2 ​ SO 3 ​ P 2 ​ O 5 ​

Tuliskan nama dari senyawa-senyawa berikut ini:

  1.   
  2.  
  3.  
  4.   
  5.   
  6.  

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

nama senyawa tersebut adalah natrium oksida, seng sulfida, asam karbonat, asam sulfida, asam sulfit, dan difosfor pentaoksida.

nama senyawa tersebut adalah natrium oksida, seng sulfida, asam karbonat, asam sulfida, asam sulfit, dan difosfor pentaoksida.

Iklan

Pembahasan

Senyawa dan merupakan senyawa ionik biner yang disusun oleh kation logam dengan biloks tetap. Penamaannya adalah dengan memberi nama logam (kation) dan anion diakhiri dengan - ida . Sehingga nama adalah natrium oksida dan adalah seng sulfida. Senyawa , , dan merupakan senyawa asam. Penamaannya adalah dengan memberi kata 'asam' atau 'hidrogen' diakhiri nama anionnya, jika anionnya monoatom diakhiri - ida. Maka nama adalah asam karbonat, adalah asam sulfit dan asam sulfida. Senyawa merupakan senyawa kovalen, maka penamaannya adalah dengan memberi nama unsur pertama dan kedua diawali dengan mono/di/tri/tetra/penta (sesuai jumlah atom). Maka namasenyawa adalah difosfor pentaoksida. Jadi, nama senyawa tersebut adalah natrium oksida, seng sulfida, asam karbonat, asam sulfida, asam sulfit, dan difosfor pentaoksida.

Senyawa begin mathsize 14px style Na subscript 2 O end style dan begin mathsize 14px style Zn S end style merupakan senyawa ionik biner yang disusun oleh kation logam dengan biloks tetap. Penamaannya adalah dengan memberi nama logam (kation) dan anion diakhiri dengan -ida. Sehingga nama begin mathsize 14px style Na subscript 2 O end style adalah natrium oksida dan begin mathsize 14px style Zn S end style adalah seng sulfida.

Senyawa begin mathsize 14px style H subscript 2 C O subscript 3 end stylebegin mathsize 14px style H subscript 2 S end style, dan begin mathsize 14px style H subscript 2 S O subscript 3 end style merupakan senyawa asam. Penamaannya adalah dengan memberi kata 'asam' atau 'hidrogen' diakhiri nama anionnya, jika anionnya monoatom diakhiri -ida. Maka nama begin mathsize 14px style H subscript 2 C O subscript 3 end style adalah asam karbonat, begin mathsize 14px style H subscript 2 S O subscript 3 end style adalah asam sulfit dan begin mathsize 14px style H subscript 2 S end style asam sulfida.

Senyawa begin mathsize 14px style P subscript 2 O subscript 5 end style merupakan senyawa kovalen, maka penamaannya adalah dengan memberi nama unsur pertama dan kedua diawali dengan mono/di/tri/tetra/penta (sesuai jumlah atom). Maka nama senyawa begin mathsize 14px style P subscript 2 O subscript 5 end style adalah difosfor pentaoksida.

Jadi, nama senyawa tersebut adalah natrium oksida, seng sulfida, asam karbonat, asam sulfida, asam sulfit, dan difosfor pentaoksida.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Rahma Cahyaningrum

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Ini yang aku cari! Makasih ❤️ Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Nama yang tidak sesuai dengan rumus kimia senyawanya adalah ....

17

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia