Roboguru

Dua buah paku menempel akibat induksi magnet dari kutub utara sebuah magnet batang seperti gambar berikut. Posisi pengkutuban yang benar pada paku ditunjukan oleh diagram bernomor

Dua buah paku menempel akibat induksi magnet dari kutub utara sebuah magnet batang seperti gambar berikut.

Posisi pengkutuban yang benar pada paku ditunjukan oleh diagram bernomor undefined undefined 

  1. Iundefined 

  2. IIundefined 

  3. IIIundefined 

  4. IVundefined 

Jawaban:

Magnet memiliki sifat yaitu Magnet mempunyai dua kutub, yakni kutub utara dan kutub selatan. Apabila kutub magnet yang sejenis didekatkan satu sama lain, kedua kutub akan saling tolak menolak. Sebaliknya, kutub yang berlainan akan saling tarik-menarik. Sehingga dari sifat ini kita tahu agar kedua paku tersebut menempel, maka:

  • Kepala paku pertama yang menempel pada magnet harus memiliki kutub yang berbeda jenis dengan kutub magnet. Kutub magnet adalah kutub utara (U) maka kutub pada kepala paku adalah selatan (S). Sehingga kutub pada ujung paku pertama yang menempel pada paku kedua adalah kutub utara (U).
  • Kepala paku kedua yang menempel pada ujung paku pertama harus memiliki kutub yang berbeda jenis dengan kutub pada ujung paku pertama. Kutub pada ujung paku pertama adalah utara (U) maka kutub pada kepala paku kedua adalah kutub selatan (S) dan kutub pada ujung paku kedua adalah kutub utara (U). 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved