Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dua buah lampu dihubungkan dengan sebuah sumber tegangan dan sebuah kapasitor seperti pada gambar. Setelah saklar S ditutup dalam waktu yang cukup panjang, yang akan terjadi adalah ..

Dua buah lampu dihubungkan dengan sebuah sumber tegangan dan sebuah kapasitor seperti pada gambar. Setelah saklar S ditutup dalam waktu yang cukup panjang, yang akan terjadi adalah ..

  1. Kedua lampu tetap menyala

  2. Lampu 1 bertambah terang, lampu 2 tidak menyala

  3. Lampu 1 meredup, lampu dua tidak menyala

  4. Lampu 1 meredup, lampu 2 bertambah terang

     

  5. Lampu 1 bertambah terang, lampu 2 meredup

Iklan

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Dua buah lampu dihubungkan dengan sebuah sumber tegangan dan sebuah kapasitor seperti terlihat pada gambar di bawah. Apabila saklar S ditutup dalam waktu yang cukup panjang maka lampu 1 akan bertambah terang sedangkan lampu 2 tidak akan menyala. Hal ini dikarenakan saat saklar S ditutup maka arus listrik akan mengalir pada rangkaian listrik. Arus listrik dari sumber tegangan akan mengalir pada lampu 1, nah karena lampu 1 dan lampu 2 dirangkai secara paralel mestinya arus terbagi kepada kedua lampu. Namun, karena di antara lampu 1 dan lampu 2 dipasang kapasitor maka arus listrik tidak akan mengalir dan melalui lampu 2 sehingga lampu 2 tidak akan menyala. Arus listrik berupa muatan-muatan listrik yang bergerak ke lampu 2 akan disimpan pada kapasitor.

Dua buah lampu dihubungkan dengan sebuah sumber tegangan dan sebuah kapasitor seperti terlihat pada gambar di bawah.

Apabila saklar S ditutup dalam waktu yang cukup panjang maka lampu 1 akan bertambah terang sedangkan lampu 2 tidak akan menyala. Hal ini dikarenakan saat saklar S ditutup maka arus listrik akan mengalir pada rangkaian listrik. Arus listrik dari sumber tegangan akan mengalir pada lampu 1, nah karena lampu 1 dan lampu 2 dirangkai secara paralel mestinya arus terbagi kepada kedua lampu. Namun, karena di antara lampu 1 dan lampu 2 dipasang kapasitor maka arus listrik tidak akan mengalir dan melalui lampu 2 sehingga lampu 2 tidak akan menyala. Arus listrik berupa muatan-muatan listrik yang bergerak ke lampu 2 akan disimpan pada kapasitor.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

68

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang anak merangkai lampu, saklar S, dan sumber tegangan seperti pada gambar. Pada saat saklar S ditutup, yang akan terjadi adalah...

49

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia