Roboguru

Dito, Anis, dan Gilang baru saja lulus SMA. Saat ini mereka belum bekerja dan sedang mencari lowongan kerja di beberapa perusahaan. Dalam konsep ketenagakerjaan, mereka termasuk pengangguran .....

Pertanyaan

Dito, Anis, dan Gilang baru saja lulus SMA. Saat ini mereka belum bekerja dan sedang mencari lowongan kerja di beberapa perusahaan. Dalam konsep ketenagakerjaan, mereka termasuk pengangguran .....undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Berdasarkan sifatnya:
Dito, Anis, dan Gilang tergolong ke dalam pengangguran terbuka (open unemployment). Pengangguran terbuka yaitu bagian dari angkatan kerja yang tidak bekerja atau sedang aktif mencari pekerjaan. Pengangguran terbuka terdiri atas angkatan kerja yang belum pernah bekerja sama sekali maupun yang sudah pernah bekerja. Pengangguran ini terjadi karena tidak adanya lapangan kerja atau karena ketidaksesuaian lapangan kerja dengan latar belakang pendidikan dan keahlian tenaga kerja.

Berdasarkan penyebabnya:
Dito, Anis, dan Gilang tergolong ke dalam pengangguran friksional. Pengangguran friksional yaitu pengangguran yang disebabkan oleh pergeseran (friksi), di mana mereka berperpindah dari yang awalnya bukan bagian dari angkatan kerja dan sekarang menjadi bagian dari angkatan kerja. space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Camelia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan jenis-jenis pengangguran menurut penyebabnya! Menurut kalian, jenis pengangguran mana yang lebih menjadi masalah di dalam perekonomian?

Pembahasan Soal:

Jenis-jensi pengangguran:

  1. Pengangguran friksional: Ini biasanya disebabkan karena transisi sementara dalam kehidupan seseorang. Misalnya, kondisi ketika seseorang meninggalkan pekerjaan lama namun belum menemukan pekerjaan baru atau ketika lulusan baru yang sedang mencari pekerjaan. 
  2. Pengangguran siklis: Jenis pengangguran ini disebabkan karena pengurangan tenaga kerja sebagai akibat dari siklus bisnis atau fluktuasi ekonomi seperti resesi. Ketika kondisi ekonomi memburuk karena pengaruh penurunan permintaan konsumen untuk barang dan jasa maka semakin menurun produksi dan semakin sedikit pula pekerja yang dibutuhkan. Hal ini membuat pelaku bisnis terpaksa mengurangi pekerja demi memotong biaya. Dalam kondisi seperti ini biasanya jumlah pekerja yang menganggur bisa melebihi jumlah lowongan kerja di pasar tenaga kerja.
  3. Pengangguran struktural: Jenis pengangguran ini terjadi ketika ada ketidakcocokan antara keterampilan yang dimiliki pekerja dengan yang dibutuhkan perusahaan. Biasanya ini terjadi karena ada perubahan pada ekonomi seperti yang disebabkan oleh industrialisasi atau globalisasi. Misalnya pengusaha mulai menggantikan pekerja dengan robot atau sistem otomatisasi. 
  4. Pengangguran musiman: Seperti namanya, jenis pengangguran ini menggambarkan situasi ketika pekerja menjadi pengangguran pada waktu-waktu tertentu dalam setahun ketika permintaan menurun.Biasanya ini terjadi pada industri musiman seperti pertanian, pariwisata atau kontruksi. 
  5. Pengangguran terselebung: Jenis pengangguran ini disebut terselubung karena meski tidak dihitung dalam kategori pengangguran, namun pekerjaan mereka terbilang sangat sedikit dalam hal produktivitas. Sehingga walaupun posisi mereka dihilangkan, output perusahaan tidak terpengaruh. 
  6. Pengangguran teknologi: Pengangguran yang terjadi sebagai akibat alih fungsi teknologi dalam suatu wilayah atau negara. Misal, perubahan pabrik padat karya menjadi padat modal.

Pengangguran yang paling berdampak untuk ekonomi adalah pengangguran siklis, karena yang bisa menyebabkan perekonomian yang tidak stabil. 

0

Roboguru

Jelaskan tentang jenis-jenis pengangguran!

Pembahasan Soal:

Pengangguran adalah angkatan kerja yang tidak memiliki pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan. Pengangguran dibagi menjadi dua yaitu pengangguran berdasarkan penyebabnya dan pengangguran berdasarkan sifatnya.

Pengangguran berdasarkan penyebabnya.

  1. Pengangguran struktural adalah pengangguran karena perubahan struktur perekonomian. Pengangguran ini tidak dapat memenuhi keterampilan yang dibutuhkan karena perubahan sturktur ekonomi.
  2. Pengangguran siklis/konjungtural adalah pengangguran karena perubahan siklus perekonomian atau naik turunnya keadaan ekonomi suatu negara. Pengangguran ini misalnya terjadi karena penurunan jumlah permintaan terhadap suatu barang.
  3. Pengangguran friksional adalah pengangguran karena menunggu pekerjaan yang lebih baik atau karena ketidaksesuaian antara kemampuan dan lapangan pekerjaan yang ada. Misalnya kualifikasi yang dibutuhkan S1 tetapi pelamar lulusan SMA.
  4. Pengangguran musiman adalah pengangguran karena pergantian musim. Misalnya petani yang bekerja pada musim hujan dan menganggur pada musim kemarau.
  5. Pengangguran teknologi adalah pengangguran yang terjadi karena alih teknologi atau kurangnya kemampuan atas teknologi terbaru yang digunakan.
  6. Pengangguran voluntary/sukarela adalah pengangguran yang atas kehendak sendiri memilih tidak bekerja. Misalnya orang yang tidak bekerja karena memperoleh warisan.

Pengangguran berdasarkan sifatnya.

  1. Pengangguran terbuka. Pengangguran ini  terjadi karena kurangnya kesempatan kerja yang ada, tidak mau bekerja atau adanya ketidakcocokan antara lowongan kerja yang ada dengan latar belakang pendidikan.
  2. Pengangguran setengah menganggur adalah pengangguran yang memiliki jumlah jam kerja di bawah standar undang-undang ketenagakerjaan, yaitu kurang dari 35 jam per minggu.
  3. Pengangguran terselubung adalah orang yang bekerja namun tidak optimal/maksimal. Sebagai contoh jumlah orang yang bekerja melebihi kapasitas. Misalnya cukup dengan 5 orang pekerjaan akan selesai, tetapi ada tambahan 1 orang menjadi 6. Satu orang ini dianggap pengangguran terselubung.  

1

Roboguru

Jelaskan jenis-jenis pengangguran!

Pembahasan Soal:

Jenis-jenis pengangguran:

  1. Pengangguran Siklikal (Cyclical Unemployment):
    Pengangguran ini terjadi karena maju-mundurnya ekonomi suatu negara. Ketika perekonomian mengalami kemunduran daya beli masyarakat pun akan menurun. Akibatnya perusahaan akan mengurangi produksi dan perusahaan banyak memberhentikan karyawannya.

  2. Pengangguran Struktural:
    Pengangguran strutktural adalah jenis pengangguran yang disebabkan perubahan struktur perekonomian. Contohnya peralihan perekonomian dari sektor perkebunan ke sektor industri. Masyarakat yang ingin bekerja di sektor industri sulit bekerja karena mereka terbiasa bekerja di sektor perkebunan sehingga harus menyesuaikan diri bila ingin bekerja di sektor industri.

  3. Pengangguran Friksional:
    Pengangguran friksional adalah pengangguran yang disebabkan oleh sistem yang tidak bisa mempertemukan antara pembuka lowongan kerja dan pencari kerja. entah itu karena kendala informasi, waktu ataupun geografi.

  4. Pengangguran Teknologi:
    Pengangguran teknologi disebabkan oleh adanya peralihan dari tenaga kerja manusia menjadi mesin. Perusahaan biasanya lebih memilih menggunakan tenaga mesin dibandingkan tenaga manusia karena lebih cepat, mudah dan hemat biaya.

  5. Pengangguran Terbuka:
    Pengangguran terbuka adalah keadaan sesorang yang sama sekali tidak bekerja dan sedang berusaha mencari pekerjaan. Pengangguran terbuka disebabkan oleh lapangan kerja yang tidak tersedia atau tidak adanya kecocokan antara lowongan kerja dan latar belakang pendidikan.

  6. Pengangguran Terselubung:
    Pengangguran terselubung adalah pengangguran yang pada orang yang mempunyai pekerjaan tapi produktivitasnya rendah. entah itu karena ketidak sesuaian latar belakang pendidikan dengan pekerajaan ataupun lainnya. Pengangguran jenis ini menyebabkan produktivitas kerja yang rendah.

  7. Pengangguran Musiman:
    Pengguran musiman adalah pengangguran yang tidak dapat bekerja ketika pergantian musim, misalnya orang-orang yang bekerja sebagai petani sawah mereka akan bekerja selama musim panen setelah itu mereka menganggur menunggu musim berikutnya. Begitupun misalnya dengan nelayan. 

0

Roboguru

Suatu negara memiliki jumlah angkatan kerja sebanyak 118,19 juta jiwa dan pengangguran sebanyak 7,39 juta jiwa. Besarnya tingkat pengangguran terbuka adalah ....

Pembahasan Soal:

Rumus perhitungan tingkat pengangguran terbuka adalah :

=AngkatankerjaJumlahpengangguranx100%=118,19juta7,39jutax100%=6,25%

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Tenaga kerja yang benar-benar tidak mempunyai pekerjaan, disebut ....

Pembahasan Soal:

Pengangguran adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja (15-64 tahun) dan tidak mempunyai pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan. Pengangguran berdasarkan sifatnya terdiri atas:

  1. Pengangguran terbuka. Pengangguran terbuka adalah tenaga kerja yang tidak memiliki pekerjaan.
  2. Setengah menganggur. Setengah menganggur adalah orang yang pekerjaannya kurang dari 35 jam per minggu.
  3. Pengangguran terselubung. Pengangguran terselubung merupakan pengangguran yang terjadi ketika ada tenaga kerja yang tidak bekerja dengan maksimal.

Maka jawaban yang tepat adalah pengangguran terbuka. space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved