Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks tanggapan kritis lainnya berikut ini dengan saksama!

Di Semarang, Kolaborasi Mocca-Payung Teduh Ciptakan Harmoni Apik

    Dua grup musik yang sedang naik daun, Payung Teduh dan Mocca, menggelar kolaborasi di kota Semarang, November 2017 lalu. Kolaborasi kedua band itu tersaji dalam konser musik bertajuk Urban GiGs x Unreleased Project di gedung Grand Citra, Semarang.

    Kolaborasi antara dua band yang berasal dari jalur indie terpadu apik dan sangat menghibur. Walau kedua band memiliki genre (aliran musik) yang berbeda, tetapi kolabarisasi keduanya sangat harmonis dan sangat enak didengar.

    Secara keseluruhan, penonton yang mengenal baik Mocca maupun Payung Teduh akan menemukan nuansa baru dalam kolaborasi tersebut. Dari sisi genrenya Mocca, nuansa Mocca menjadi agak sendu tatkala dikolaborasikan dengan Payung Teduh. Itu merupakan kombinasi baru dengan cita rasa baru bagi Mocca sendiri dan nampaknya para penggemar Mocca menyukainya.

    Di Sisi lain, kedua grup memiliki sisi musik yang begitu dekat sehingga tatkala dikolaborasikan tercipta kejutan-kejutan dalam musik yang digarap keduanya. Maka tak mengejutkan sebetulnya ketika ada dua lagu yang bisa dimainkan secara bersambung dan harmoni karena memiliki kedekatan nuansa.

    Contohnya Saat Lagu 'Menunggu' milik Mocca dikolaborasikan dengan Lagu 'Bertemu' dari Payung Teduh. Kedua lagu itu memiliki kedekatan yang begitu cocok. Keduanya bisa nyambung secara halus. Walhasil, penonton yang berjubel di gedung Grand Citra pun mengaku sangat terhibur dan puas dengan penampilan kedua band papan atas Indonesia.

    Untuk diketahui, Urban GiGs x Unreleased Project merupakan tur konser musik yang digelar di 13 kota di Indonesia dengan menampilkan kolaborasi 12 band. Untuk di Semarang, selain menampilkan Mocca dan Payung Teduh, acara ini juga diisi dengan berbagai atraksi seni dari para seniman muda lokal.

    Ajang seperti ini sangat bagus bagi anak bangsa yang ingin menampilkan karyanya, baik karya seni tradisional maupun kontemporer. Semakin banyak acara seperti ini diselenggarakan, maka akan semakin menginpirasi terciptanya karya-karya seni baru dari berbagai kalangan anak bangsa. Pemerintah pun harus akomodatif terhadap acara-acara seperti ini.

Disadur dengan penambahan dari http://www.solopos.comspace space space space 

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan teman sebangkumu. a. Bagaimana penulis menggambarkan kolaborasi Mocca-Payung Teduh secara umum?

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan teman sebangkumu.
a. Bagaimana penulis menggambarkan kolaborasi Mocca-Payung Teduh secara umum?space space space space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

penulismenggambarkan kolaborasi Mocca-Payung Teduh tersaji dalam konser musik yang digelar.

penulis menggambarkan kolaborasi Mocca-Payung Teduh  tersaji dalam konser musik yang digelar.space space space space 

Iklan

Pembahasan

Teks tersebut membahas mengenai salah satu cara pelestarian budaya lokal yang diselenggarakan di Festival TN Tesso Nilo. Soal tersebut menanyakan mengenai salah satu struktur yang terdapat dalam teks tanggapan. sehingga termasuk ke dalam salah satu bagian dalam teks tanggapan kritis. Teks tanggapan merupakan teks yang berisi pendapat, dapat berupa pujian atau kritik terhadap suatu fenomena, peristiwa, karya, ucapan, atau pun perbuatan seseorang. Struktur teks tanggapan kritis terdiri dari unsur-unsur berikut. Orientasi adalah gambaran umum tentang hal yang ditanggapi Evaluasi merupakan penilaian tentang hal yang ditanggapi Tafsiran berisi penjelasan lebih mendetail dan lengkap mengenai hal yang sedang ditanggapi Kesimpulan adalah pendapat akhir mengenai hal yang ditanggapi serta pesan dan nilai hal tersebut Berdasarkan teks tersebut, struktur orientasi terdapat pada paragraf pertama. Hal tersebut disebabkan penulis mengawali teks tanggapan dengan membahas dua grup musik yang menggelar kolaborasi di kota Semarang. Hal tersebut terdapat pada kalimat Kolaborasi kedua band itu tersaji dalam konser musik bertajuk Urban Gigs x Unreleased Project di gedung Grand Citra, Semarang. Dengan demikian, penulismenggambarkan kolaborasi Mocca-Payung Teduh tersaji dalam konser musik yang digelar.

Teks tersebut membahas mengenai salah satu cara pelestarian budaya lokal yang diselenggarakan di Festival TN Tesso Nilo. Soal tersebut menanyakan mengenai salah satu struktur yang terdapat dalam teks tanggapan. sehingga termasuk ke dalam salah satu bagian dalam teks tanggapan kritis. 

Teks tanggapan merupakan teks yang berisi pendapat, dapat berupa pujian atau kritik terhadap suatu fenomena, peristiwa, karya, ucapan, atau pun perbuatan seseorang. Struktur teks tanggapan kritis terdiri dari unsur-unsur berikut.

  1. Orientasi adalah gambaran umum tentang hal yang ditanggapi
  2. Evaluasi merupakan penilaian tentang hal yang ditanggapi
  3. Tafsiran berisi penjelasan lebih mendetail dan lengkap mengenai hal yang sedang ditanggapi
  4. Kesimpulan adalah pendapat akhir mengenai hal yang ditanggapi serta pesan dan nilai hal tersebut


Berdasarkan teks tersebut, struktur orientasi terdapat pada paragraf pertama. Hal tersebut disebabkan penulis mengawali teks tanggapan dengan membahas dua grup musik yang menggelar kolaborasi di kota Semarang. Hal tersebut terdapat pada kalimat Kolaborasi kedua band itu tersaji dalam konser musik bertajuk Urban Gigs x Unreleased Project di gedung Grand Citra, Semarang.

Dengan demikian, penulis menggambarkan kolaborasi Mocca-Payung Teduh  tersaji dalam konser musik yang digelar.space space space space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Tanggapan

Kebahasaan Teks Tanggapan

Menganalisis Teks Tanggapan

Membuat Teks Tanggapan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

504

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tanggapan yang logis dan mendukung isu yang diangkat dalam cuplikan tersebut adalah ...

724

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia