Pertanyaan

Diskusikan bagaimana proses akulturasi antara budaya lama dengan budaya Islam dapat berlangsung secara damai dan saling melengkapi? Uraikan jawaban kamu dan presentasikan!

Diskusikan bagaimana proses akulturasi antara budaya lama dengan budaya Islam dapat berlangsung secara damai dan saling melengkapi? Uraikan jawaban kamu dan presentasikan! space space

  1. ... space space

  2. ... space space

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

proses akulturasi kebudayaan Islam dengan pra Islam di Nusantara berlangsung damai serta bisa saling melengkapi karenadidukung oleh masyarakat Nusantara yang bersifat terbuka akan budaya-budaya baru yang masuk.

proses akulturasi kebudayaan Islam dengan pra Islam di Nusantara berlangsung damai serta bisa saling melengkapi karena didukung oleh masyarakat Nusantara yang bersifat terbuka akan budaya-budaya baru yang masuk.

Pembahasan

Pembahasan

Akulturasi merupakan proses percampuran dua kebudayaan atau lebih yang saling bertemu dan saling memengaruhi. Dalam sejarah peradaban Nusantara terjadi proses akulturasi antara kebudayaan Islam dengan kebudayaan pra-Islam.Perkembangan budaya Islam tidak menggantikan atau memusnahkan kebudayaan yang sudah ada di Indonesia. Karena kebudayaan yang berkembang di nusantara sudah begitu kuat di lingkungan masyarakat. Sehingga terjadi akuturasi antara kebudayaan Islam dengan kebudayaan yang sudah ada. Hasil proses akulturasi antara kebudayaan masa pra-Islam dengan masa Islam masuk berbentuk fisik kebendaan (seni bangunan, seni ukir atau pahat dan karya sastra) serta pola hidup dan kebudayaan non fisik. Keberhasilan akulturasi antara kebudayaan Islam dengan pra Islam juga didukung oleh masyarakat Nusantara yang bersifat terbuka akan budaya-budaya baru yang masuk. Dengan demikian, proses akulturasi kebudayaan Islam dengan pra Islam di Nusantara berlangsung damai serta bisa saling melengkapi karenadidukung oleh masyarakat Nusantara yang bersifat terbuka akan budaya-budaya baru yang masuk.

Akulturasi merupakan proses percampuran dua kebudayaan atau lebih yang saling bertemu dan saling memengaruhi. Dalam sejarah peradaban Nusantara terjadi proses akulturasi antara kebudayaan Islam dengan kebudayaan pra-Islam. Perkembangan budaya Islam tidak menggantikan atau memusnahkan kebudayaan yang sudah ada di Indonesia. Karena kebudayaan yang berkembang di nusantara sudah begitu kuat di lingkungan masyarakat. Sehingga terjadi akuturasi antara kebudayaan Islam dengan kebudayaan yang sudah ada. Hasil proses akulturasi antara kebudayaan masa pra-Islam dengan masa Islam masuk berbentuk fisik kebendaan (seni bangunan, seni ukir atau pahat dan karya sastra) serta pola hidup dan kebudayaan non fisik. Keberhasilan akulturasi antara kebudayaan Islam dengan pra Islam juga didukung oleh masyarakat Nusantara yang bersifat terbuka akan budaya-budaya baru yang masuk.

Dengan demikian, proses akulturasi kebudayaan Islam dengan pra Islam di Nusantara berlangsung damai serta bisa saling melengkapi karena didukung oleh masyarakat Nusantara yang bersifat terbuka akan budaya-budaya baru yang masuk.

5rb+

5.0 (6 rating)

Revania Dinda Amelia

Makasih ❤️

Rafi Abimanyu

Makasih ❤️

Kadek Agus

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

saskia fransiska

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Pertanyaan serupa

Islam masuk ke Indonesia melalui ...

167

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia