Roboguru

Pertanyaan

Islam masuk ke Indonesia melalui ...

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Islam masuk ke Nusantara melalui berbagai jalur, baik dari perdagangan, perkawinan, pendidikan, kesenian dan tasawuf.

Pembahasan

Masuknya Islam ke wilayah Nusantara (Indonesia) diperkirakan telah dimulai sejak abad ke-7 masehi dan berangsur-angsur hingga abad ke-13 masehi. Banyak teori yang mengatakan bahwa asal kedatangan Islam bermula dari daerah Arab, Persia, Gujarat hingga Tiongkok. Terlepas dari asal penyebarannya, pada dasarnya Islam masuk dan disebarkan di Indonesia melalui berbagai cara atau jalur. Adapun beberapa jalur tersebut di antaranya sebagai berikut.

  1. Jalur perdagangan, yakni suatu cara penyebaran yang merupakan konsekuensi dari kehidupan perekonomian di abad ke-7 hingga 13 masehi. Wilayah Nusantara yang merupakan bagian dari pusat perdagangan dunia saat itu menjadikan ia sebagai tempat yang ramai dan banyak terjalin interaksi antar orang dari antar wilayah. Hal ini memungkinkan terjadinya interaksi kebudayaan dan agama.
  2. Jalur perkawinan, yakni suatu cara penyebaran yang dilakukan oleh para pedagang yang berhasil mengawini para perempuan atau sebaliknya, di wilayah Nusantara. Dengan banyaknya perkawinan, maka akan semakin besar jumlah masyarakat yang memeluk Islam. Jalur perkawinan ini membuat penyebaran Islam lebih cepat dan masif.
  3. Jalur pendidikan, yakni dengan cara membangun kesadaran Islam melalui institusi pendidikan pada masa itu seperti pesantren oleh para kiai atau Wali Sanga (sembilan wali) yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa.
  4. Jalur kesenian dan kebudayaan, yakni suatu pendekatan yang digunakan oleh para penyebar Islam dengan menggunakan seni sebagai alat agar Islam bisa dikenal dengan mudah, sesuai dengan kesenangan dan kedekatan masyarakat Nusantara dengan hal-hal kesenian dan kebudayaan. Misalnya dengan penggunaan tembang-tembang, wayang, dan tradisi asli kebudayaan masyarakat Nusantara.
  5. Jalur tasawuf, yakni pendekatan terhadap usaha-usaha yang berkenaan agar jiwa senantiasa terikat dengan Allah. 

Jadi, Islam masuk ke Nusantara melalui berbagai jalur, baik dari perdagangan, perkawinan, pendidikan, kesenian dan tasawuf.

29

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Proses Islamisasi di Indonesia berlangsung dalam waktu yang panjang bahkan masih terus berlangsung. Berikan penjelasan!

2rb+

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia