Pertanyaan

Disajikan tabel berisi Dasar Pengenaan PKP dan Besarnya pajak yang harus dibayar. Berdasarkan tabel di atas, dasar perhitungan penerapan tarif pajak tersebut adalah ....

Disajikan tabel berisi Dasar Pengenaan PKP dan Besarnya pajak yang harus dibayar.

Berdasarkan tabel di atas, dasar perhitungan penerapan tarif pajak tersebut adalah .... space space space space 

S. Sumiati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah tarif pajak tetap.

jawaban yang tepat adalah tarif pajak tetap. space space space space 

Pembahasan

Jenis-jenis tarif pajak terbagi menjadi 4 yaitu: Tarif pajak proporsional,merupakan tarif yang persentasenya tetap meski terjadi perubahan terhadap dasar pengenaan pajak. Berapapunbesarnya jumlah objek pajak, persentasenya akan tetap. Contohnya adalah PPN10% dan PBB 0,5%. Tarif pajak tetap (regresif), merupakan tarif pajak yang nominalnya tetap tanpa memerhatikan jumlah yang dijadikan dasar pengenaan pajaknya (tidak berubah-ubah). Contohnya, Bea Meterai dengan nilai Rp10000. Tarif pajak progresif, merupakan persentase tarif pajak yang semakin besar mengikuti besaran nilai objek yang dikenai pajak. Artinya, semakin besar nilai objek pajak, maka semakin besar pula tarifnya. Contohnya kendaraan bermotor. Tarif pajak degresif, merupakan tarif persentase pajak yang semakin kecil jika nilai objek yang dikenai pajak semakin besar. Atau, persentase tarif pajak akan semakin rendah ketika dasar pengenaan pajaknya semakin meningkat. Dalam kasus di atas merupakan contoh tarif pajak tetap. Jadi, jawaban yang tepat adalah tarif pajak tetap.

Jenis-jenis tarif pajak terbagi menjadi 4 yaitu:

  1. Tarif pajak proporsional, merupakan tarif yang persentasenya tetap meski terjadi perubahan terhadap dasar pengenaan pajak. Berapapun besarnya jumlah objek pajak, persentasenya akan tetap. Contohnya adalah PPN 10% dan PBB 0,5%.
  2. Tarif pajak tetap (regresif),  merupakan tarif pajak yang nominalnya tetap tanpa memerhatikan jumlah yang dijadikan dasar pengenaan pajaknya (tidak berubah-ubah). Contohnya, Bea Meterai dengan nilai Rp10000.
  3. Tarif pajak progresif, merupakan persentase tarif pajak yang semakin besar mengikuti besaran nilai objek yang dikenai pajak. Artinya, semakin besar nilai objek pajak, maka semakin besar pula tarifnya. Contohnya kendaraan bermotor.
  4. Tarif pajak degresif, merupakan tarif persentase pajak yang semakin kecil jika nilai objek yang dikenai pajak semakin besar. Atau, persentase tarif pajak akan semakin rendah ketika dasar pengenaan pajaknya semakin meningkat.

Dalam kasus di atas merupakan contoh tarif pajak tetap.

Jadi, jawaban yang tepat adalah tarif pajak tetap. space space space space 

61

1.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan perbedaan tarif pajak progresif, proporsional, degresif, regresif, dan konstan!

4rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia