Roboguru

Diketahui potensial elektode standar () unsur-unsur:   Logam yang memberikan perlindungan katodik paling baik terhadap besi adalah ....

Pertanyaan

Diketahui potensial elektode standar (italic E degree) unsur-unsur:

P to the power of 2 plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus 2 e to the power of minus sign yields P open parentheses italic s close parentheses space E degree equals minus sign 2 comma 37 space volt space Q to the power of 3 plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus 3 e to the power of minus sign yields Q open parentheses italic s close parentheses space E degree equals minus sign 1 comma 66 space volt space R to the power of 2 plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus 2 e to the power of minus sign yields R open parentheses italic s close parentheses space E degree equals minus sign 0 comma 28 space volt space Fe to the power of 2 plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus 2 e to the power of minus sign yields Fe open parentheses italic s close parentheses space E degree equals minus sign 0 comma 44 space volt S to the power of 2 plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus 2 e to the power of minus sign yields S open parentheses italic s close parentheses space E degree equals minus sign 0 comma 13 space volt T to the power of 2 plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus 2 e to the power of minus sign yields T open parentheses italic s close parentheses space E degree equals plus 0 comma 34 space volt 

Logam yang memberikan perlindungan katodik paling baik terhadap besi adalah ....

  1. Pspace

  2. Qspace

  3. Rspace

  4. Sspace

  5. Tspace 

Pembahasan Soal:

Perlindungan katodik merupakan salah satu cara untuk memperlambat korosi dengan cara menghubungkan logam yang akan dilindungi dengan logam pelindung yang memiliki nilai italic E degree lebih kecil. Dengan demikian, logam pelindung akan mengalami oksidasi sehingga membentuk lapisan diatas permukaan logam yang dilindungi sehingga tidak mengalami korosi. Berdasarkan data diatas, logam yang akan menjadi logam pelindung yang baik adalah yang nilai italic E degree-nya paling kecil.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Q. 'Ainillana

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu cara mencegah terjadinya korosi adalah perlindungan katodik. Apakah yang dimaksud dengan perlindungan katodik?

Pembahasan Soal:

Metode pencegahan korosi besi dapat dibantu dengan logam lain. Salah satu metode yang dikenal adalah perlindungan katodik atau dikenal juga dengan pengorbanan anodik. Pada metode ini, besi dihubungkan dengan pelindung membentuk sel elektrokimia, di mana besi dijadikan sebagai katode dan logam pelindung sebagai anode sehingga nantinya yang akan teroksidasi adalah logam pelindung. Syarat dari logam yang dapat digunakan dalam metode ini adalah memiliki nilai potensial reduksi standar yang lebih kecil atau lebih reaktif daripada besi

Jadi, perlindungan katodik merupakan metode pencegahan korosi dengan cara menghubungkan logam besi dengan logam lain yang memiliki nilai potensial reduksi standar yang lebih kecil atau lebih reaktif daripada besi.

1

Roboguru

Pada teknik perlindungan katodik, logam besi yang dilindungi bertindak sebagai...

Pembahasan Soal:

Teknik mencegah korosi ada berbagai macam, salah satunya adalah perlindungan katodik. Perlindungan katodik dilakukan dengan melapisi besi dengan logam yang memiliki potensial reduksi rendah. Hal ini dilakukan agar logam yang digunakan sebagai pelindung dapat mengalami oksidasi (bertindak sebagai anode) sedangkan besi yang dilindungi mengalami reduksi (bertindak sebagai katode). Jika lapisan semakin menipis, maka dapat diganti atau dilapisi kembali secara berkala.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space

0

Roboguru

Perhatikan gambar tahap-tahap terjadinya korosi pada bagian kecil permukaan besi berikut!    Korosi pada pipa bawah tanah merupakan proses elektrokimia dengan reaksi:    Untuk mencegah reaksi ...

Pembahasan Soal:

Pemicu korosi pada besi adalah terkena tetesan air yang mengandung oksigen. Daerah permukaan yang bersentuhan dengan tetesan air atau embun disebut daerah anoda. Pada daerah anoda akan terjadi oksidasi yaitu terjadi pelarutan atom-atom besi disertai pelepasan elektron membentuk ion begin mathsize 14px style Fe to the power of 2 plus sign space end style yang larut dalam air dan akan berikatan dengan begin mathsize 14px style O H to the power of negative sign space end exponent end stylemembentuk begin mathsize 14px style Fe open parentheses O H close parentheses subscript 2 space end subscript end styleyang akan teroksidasi lanjut oleh begin mathsize 14px style O subscript 2 space end subscript end styleuntuk membentuk karat.


Jadi, jawaban yang paling tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan gambar percobaan korosi paku besi (Fe) berikut! Paku yang mengalami korosi paling lambat terdapat pada percobaan. .. .

Pembahasan Soal:

Jawaban : C

Pembahasan:

Paku yang dililit oleh logam lain akan membentuk sel elektrokimia.

Jika logam yang dililitkan pada paku besi mempunyai E⁰ lebih kecil daripada E⁰ paku besi (Fe), logam tersebut akan teroksidasi dan paku besi akan terlindungi dari korosi.

Maka korosi paku paling lambat adalah logam yang memiliki E⁰ paling kecil, yaitu logam Mg.

0

Roboguru

Apa parameter kunci yang menjadi acuan dalam penentuan logam yang dapat digunakan untuk mencegah besi dari korosi melalui cara perlindungan katodik?

Pembahasan Soal:

Perlindungan katodik dilakukan dengan cara menghubungkan logam yang akan dilindungi dengan logam lain yang mempunyai potensial elektrode yang sangat rendah (biasanya Mg). Ketika terjadi oksidasi, logam yang dilindungi akan segera menarik elektron dari logam pelindung sehingga oksidasi akan berlangsung pada logam pelindung tersebut. Oleh karena logam pelindung teroksidasi, maka lama-kelamaan dapat habis dan harus selalu diganti dengan yang baru secara periodik.

Parameter kunci yang menjadi acuan dalam penentuan logam yang dapat digunakan untuk mencegah besi dari korosi melalui cara perlindungan katodik yaitu logam yang lebih aktif daripada besi misalnya logam magnesium dan logam alumunium. Logam-logam ini berperan sebagai anode sedangkan besi sebagai katode. Besi dihubungkan dengan logam lain yang mudah mengalami oksidasi (sebelah kiri besi pada deret volta). Bila logam magnesium atau alumunium dihubungkan dengan besi maka Mg atau Al akan terserang karat sampai habis sehingga besi selamat dari korosi. 

Dengan demikian, parameter kunci yang menjadi acuan dalam penentuan logam yang dapat digunakan untuk mencegah besi dari korosi melalui cara perlindungan katodik yaitu logam yang lebih aktif daripada besi.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved