Iklan

Iklan

Pertanyaan

Peristiwa perkaratan besi dapat dicegah dengan cara perlindungan katodik. Salah satunya dengan menghubungkan besi dengan logam tembaga. Dengan demikian, reaksi korosi lebih dahulu akan terjadi pada logam tembaga. Benarkah cara tersebut? Jelaskan!

Peristiwa perkaratan besi dapat dicegah dengan cara perlindungan katodik. Salah satunya dengan menghubungkan besi dengan logam tembaga. Dengan demikian, reaksi korosi lebih dahulu akan terjadi pada logam tembaga. Benarkah cara tersebut? Jelaskan!space 

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perlindungan katodik denganmenghubungkan besi dengan logam tembaga merupakan cara yang salah karenapotensial reduksi standar tembaga lebih besar daripada besi sehinggabesi yang akan teroksidasi dan tembaga yang akan tereduksi.

perlindungan katodik dengan menghubungkan besi dengan logam tembaga merupakan cara yang salah karena potensial reduksi standar tembaga lebih besar daripada besi sehingga besi yang akan teroksidasi dan tembaga yang akan tereduksi.

Iklan

Pembahasan

Metode pencegahan korosi besi dapat dibantu dengan logam lain. Salah satu metode yang dikenal adalah perlindungan katodik atau dikenal juga dengan pengorbanan anodik. Pada metode ini, besi dihubungkan dengan pelindung membentuk sel elektrokimia, di mana besi dijadikan sebagai katode dan logam pelindung sebagai anode sehingga nantinya yang akan teroksidasi adalah logam pelindung. Syarat dari logam yang dapat digunakan dalam metode ini adalahmemiliki nilai potensial reduksi standar yang lebih kecil atau lebih reaktif daripada besi . Berdasarkan deret Volta, E o Fe sebesar -0,44, sedangkan E o Cu sebesar +0,34 V. Jika tembaga dihubungkan dengan besi dalam perlindungan katodik, besi yang akan teroksidasi dan tembaga yang akan tereduksi. Hal ini karena potensial reduksi standar tembaga lebih besar daripada besi sehingga tembaga tidak memenuhi syarat sebagai logam pelindung pada perlindungan katodik. Jadi, perlindungan katodik denganmenghubungkan besi dengan logam tembaga merupakan cara yang salah karenapotensial reduksi standar tembaga lebih besar daripada besi sehinggabesi yang akan teroksidasi dan tembaga yang akan tereduksi.

Metode pencegahan korosi besi dapat dibantu dengan logam lain. Salah satu metode yang dikenal adalah perlindungan katodik atau dikenal juga dengan pengorbanan anodik. Pada metode ini, besi dihubungkan dengan pelindung membentuk sel elektrokimia, di mana besi dijadikan sebagai katode dan logam pelindung sebagai anode sehingga nantinya yang akan teroksidasi adalah logam pelindung. Syarat dari logam yang dapat digunakan dalam metode ini adalah memiliki nilai potensial reduksi standar yang lebih kecil atau lebih reaktif daripada besi

Berdasarkan deret Volta, Eo Fe sebesar -0,44, sedangkan Eo Cu sebesar +0,34 V. Jika tembaga dihubungkan dengan besi dalam perlindungan katodik, besi yang akan teroksidasi dan tembaga yang akan tereduksi. Hal ini karena potensial reduksi standar tembaga lebih besar daripada besi sehingga tembaga tidak memenuhi syarat sebagai logam pelindung pada perlindungan katodik.


Jadi, perlindungan katodik dengan menghubungkan besi dengan logam tembaga merupakan cara yang salah karena potensial reduksi standar tembaga lebih besar daripada besi sehingga besi yang akan teroksidasi dan tembaga yang akan tereduksi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui: Fe 2 + ( a q ) + 2 e − → Fe ( s ) E ∘ = − 0 , 44 V Ni 2 + ( a q ) + 2 e − → Ni ( s ) E ∘ = − 0 , 25 V Mg 2 + ( a q ) + 2 e − → Mg ( s ) E ∘ − 2 , 37 V Cu 2 + ( a q ) + 2 e − → Cu ( s )...

4

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia