Roboguru

Diketahui persamaan reaksi: . Molaritas B mula-mula 0,9986 M dan dalam waktu 13,2 menit, molaritas B berubah menjadi 0,9746 M. Berapa kecepatan reaksi rata-rata selama waktu tersebut dalam M per detik.

Pertanyaan

Diketahui persamaan reaksi: begin mathsize 14px style A and 3 B yields 2 C and 2 D end style. Molaritas B mula-mula 0,9986 M dan dalam waktu 13,2 menit, molaritas B berubah menjadi 0,9746 M. Berapa kecepatan reaksi rata-rata selama waktu tersebut dalam M per detik.

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Laju reaksi di definisikan sebagai laju pengurangan konsentrasi molar pereaksi atau laju pertambahan konsentrasi molar produk dalam satuan waktu. lebih lanjut dirumuskan sebagai berikut:
v=tRatauv=+tP

karena B merupakan reaktan, maka perhitungan laju B adalah sebagai berikut :
Lajuratarata====t[B](13,2×60)0s0,97460,9986M792s0,024M3,03×105M/s 

Nilai negatif menunjukkan penurunan konsentrasi dari B.


Jadi, kecepatan reaksi rata-rata selama waktu tersebut sebesar begin mathsize 14px style bottom enclose bold 3 bold comma bold 03 bold cross times bold 10 to the power of bold minus sign bold 5 end exponent bold space italic M bold forward slash italic s end enclose end style 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 21 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pembahasan Soal:

Untuk space menentukan space laju space reaksi space pembentukan space gas comma space dapat space diamati space dari space volume space gas space yang space dihasilkan. space  Laju space reaksi space equals space fraction numerator increment Volume over denominator increment straight t space end fraction equals fraction numerator 90 space mL over denominator 30 space det end fraction equals space 4 comma 5 space mL divided by detik

0

Roboguru

Dari hasil percobaan, setiap reaksi berikut berorde reaksi kedua. Manakah di antara reaksi berikut yang berlangsung dalam satu tahap? Berikan alasan Anda.

Pembahasan Soal:

Reaksi elementer adalah reaksi bertahap satu yang merupakan reaksi antara satu atom dengan satu atom lainnya. Orde reaksi sama dengan koefisien stoikiometri. Persamaan reaksi didasarkan pada anggapan bahwa pengendali proses dan mekanisme reaksi adalah tumbukan antara molekul pereaksi. Molekularitas adalah jumlah mol atau atom-atom yang terlibat dalam reaksi elementer, sehingga molekularitas suatu reaksi elementer akan sama dengan ordespacetotal.

N subscript 2 O subscript 3 open parentheses italic g close parentheses yields N O open parentheses italic g close parentheses and space N O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses

Reaksi tersebut berlangsung dalam satu tahap. Hal ini disebabkan karena jumlah mol atau atom-atom yang terlibat dalam reaksi elementer adalah 1, sehingga molekularitas suatu reaksi elementer akan sama dengan ordespacetotal (1).

Jadi, reaksi N subscript 2 O subscript 3 open parentheses italic g close parentheses yields N O open parentheses italic g close parentheses and space N O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses berlangsung dalam satuspacetahap.

0

Roboguru

Berdasarkan percobaan reaksi: Diketahui bahwa  bertambah dari 0 menjadi  dalam 20 detik. Laju reaksi untuk reaksi tersebut adalah . . .

Pembahasan Soal:

 

Laju reaksi = 

                   =

                   =  mol/L.det

 

0

Roboguru

Apabila Anda diminta untuk mengukur laju reaksi terhadap reaksi:   Bagaimana rancangan percobaan yang akan Anda buat terkait dengan cara mengukurnya?

Pembahasan Soal:

Laju reaksi dapat diartikan sebagai perubahan konsentrasi pereaksi dalam satu satuan waktu. Untuk mengukur laju reaksi dapat dilakukan dengan mengukur waktu selama terjadinya reaksi. 

Untuk reaksi antara logam seng (Zn) dan asam klorida (HCl) dapat diukur dengan tahap-tahap percobaan berikut

  1. Mengukur berat logam seng (Zn) yang akan digunakan dan direaksikan dengan HCl.
  2. Menyiapkan larutan HCl dengan konsentrasi tertentu. Berat Zn dan konsentrasi HCl harus diketahui karena konsentrasi pereaksi akan mempengaruhi laju reaksi.
  3. Siapkan stopwatch untuk mengukur waktu selama reaksi berlangsung.
  4. Masukkan larutan HCl ke dalam tabung reaksi, lalu masukkan logam Zn yang telah disiapkan.
  5. Perhatikan proses awal terbentuknya gas hidrogen (begin mathsize 14px style H subscript 2 end style) dan nyalakan stopwatch langsung setelah gas terbentuk. Ukur waktu dari awal terbentuk gas hingga logam Zn habis.
  6. Catat waktu yang telah di ukur dan hitung laju reaksi yang terjadi.

Untuk menentukan persamaan laju reaksi dapat dilakukan dengan melakukan percobaan berulang-ulang dengan konsentrasi HCl dan berat dan ukuran Zn yang bervariasi. Lalu, hitung orde reaksi dan nilai tetapan laju reaksi dari data yang diperoleh, kemudian buat persamaan laju reaksinya.

Jadi, rancangan percobaan pengukuran laju reaksi dapat dilakukan seperti pada penjabaran di atas.

0

Roboguru

Data percobaan reaksi: berlangsung pada suhu sebagai berikut: Laju reaksi rata-rata pembentukan gas adalah ....

Pembahasan Soal:

Untuk menentukan laju reaksi pembentukan gas, dapat diamati dari volume gas yang dihasilkan.

Laju space reaksi space equals space fraction numerator increment Volume over denominator increment straight t end fraction equals space fraction numerator 50 space mL over denominator 15 space det end fraction equals space 3 comma 33 space almost equal to space 3 space mL divided by detik

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved