Iklan

Iklan

Pertanyaan

Diketahui keempat bilangan kuantum elektron terakhir suatu unsur berturut-turut adalah n = 5, l= 1, m = 0, dan s = − 2 1 ​ . Tentukan letak unsur tersebut pada tabel periodik unsur!

Diketahui keempat bilangan kuantum elektron terakhir suatu unsur berturut-turut adalah n = 5, l = 1, m = 0, dan s = . Tentukan letak unsur tersebut pada tabel periodik unsur!space

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah golongan VIIA dan periode 5.

jawaban yang benar adalah golongan VIIA dan periode 5.

Iklan

Pembahasan

Elektron terakhir dari suatu unsur memiliki bilangan kuantumn = 5, l= 1, m = 0, dan s = - 1 / 2 , maka elektron tersebut terletak di orbital n = 5 → 5 l = 1 → 5p m = 0 dan s = -1/2 → − 1 ↑↓ ​ ​ 0 ↑↓ ​ ​ + 1 ↑ ​ ​ → 5p 5 Sehingga unsur tersebut memiliki konfigurasi elektron: 1 s 2 2 s 2 2 p 6 3 s 2 3 p 6 4 s 2 3 d 10 4 p 6 5 s 2 4 d 10 5 p 5 Golongan dapat ditentukan dari jumlah elektron valensinya, sementara periode dari nilai n (kulit) terbesar. - Unsur yang mempunyai elektron valensi berada pada orbital s dan p merupakan unsur golongan A.Nomor golongannya ditentukan dari jumlah ns+np. - Unsur yang mempunyai elektron valensi berada pada orbital s dan d merupakan unsur golongan B. Nomor golongannya ditentukan dari jumlah ns+(n-1)d. (Catatan:Jika totalnya 9 dan 10 digolongkan VIIIB, jika totalnya 11 digolongkan IB dan jika totalnya 12 digolongkan IIB). - Unsur yang mempunyai elektron valensi berada pada orbital s dan f merupakan unsur golongan Lantanida dan Aktinida. Nomor golongannya ditentukan dari jumlah ns+(n-2)f. Unsur tersebut memiliki elektron valensi yang terletak di kulit ke 5, maka unsur tersebut terletak di periode 5. Lalu elektron valensinya berada pada orbital s dan p, dengan total 7, maka unsur X terletak di golongan VIIA) Jadi, jawaban yang benar adalah golongan VIIA dan periode 5.

Elektron terakhir dari suatu unsur memiliki bilangan kuantum n = 5, l = 1, m = 0, dan s = -1/2, maka elektron tersebut terletak di orbital 

n = 5  5
l = 1   5p
m = 0 dan s = -1/2 5p5

Sehingga unsur tersebut memiliki konfigurasi elektron:

Golongan dapat ditentukan dari jumlah elektron valensinya, sementara periode dari nilai n (kulit) terbesar. 
- Unsur yang mempunyai elektron valensi berada pada orbital s dan p merupakan unsur golongan A. Nomor golongannya ditentukan dari jumlah ns+np.
- Unsur yang mempunyai elektron valensi berada pada orbital s dan d merupakan unsur golongan B. Nomor golongannya ditentukan dari jumlah ns+(n-1)d. (Catatan: Jika totalnya 9 dan 10 digolongkan VIIIB, jika totalnya 11 digolongkan IB dan jika totalnya 12 digolongkan IIB).
- Unsur yang mempunyai elektron valensi berada pada orbital s dan f merupakan unsur golongan Lantanida dan Aktinida. Nomor golongannya ditentukan dari jumlah ns+(n-2)f.

Unsur tersebut memiliki elektron valensi yang terletak di kulit ke 5, maka unsur tersebut terletak di periode 5. Lalu elektron valensinya berada pada orbital s dan p, dengan total 7, maka unsur X terletak di golongan VIIA)
 

Jadi, jawaban yang benar adalah golongan VIIA dan periode 5.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Lengkapilah tabel berikut untuk mengetahui letak unsur pada tabel periodik unsur dengan keempat jenis bilangan kuantum elektron terakhirnya!

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia