Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di wilayah perkotaan terdapat penggunaan lahan secara khusus seperti pusat perdagangan, kawasan industri, pemukiman kelas elit, kawasan kumuh, dan kawasan hijau. Konsep geografi yang berkaitan dengan hal itu adalah....

Di wilayah perkotaan terdapat penggunaan lahan secara khusus seperti pusat perdagangan, kawasan industri, pemukiman kelas elit, kawasan kumuh, dan kawasan hijau.

Konsep geografi yang berkaitan dengan hal itu adalah....

  1. konsep pola

  2. konsep morfologi

  3. konsep aglomerasi

  4. konsep lokasi

  5. konsep jarak

Iklan

D. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Aglomerasi berkaitan dengan pengelompokan suatu gejala geosfer dengan karakteristik tertentu. Dalam soal disebutkan bahwa di wilayah perkotaan terdapat penggunaan lahan secara khusus seperti pusat perdagangan, kawasan industry, permukiman elit, kawasan kumuh dan kawasan hijau. Penggunaan lahan dengan karakteristik dan membentuk kawasan-kawasan itulah yang disebut aglomerasi. Jawaban yang tepat adalah C. konsep aglomerasi. Konsep pola bukan merupakan jawaban yang tepat karena dalam soal tidak dibahas satu pola objek. Konsep morfologi tidak menjadi jawaban yang tepat karena dalam soal tidak disebutkan mengenai bentukan lahan atau geomorfologi tertentu. Konsep lokasi dan jarak juga bukan merupakan jawaban yang tepat karena dalam soal tidak disebutkan secara spesifik lokasi objek dan jarak antar objek.

Aglomerasi berkaitan dengan pengelompokan suatu gejala geosfer dengan karakteristik tertentu. Dalam soal disebutkan bahwa di wilayah perkotaan terdapat penggunaan lahan secara khusus seperti pusat perdagangan, kawasan industry, permukiman elit, kawasan kumuh dan kawasan hijau. Penggunaan lahan dengan karakteristik dan membentuk kawasan-kawasan itulah yang disebut aglomerasi. Jawaban yang tepat adalah C. konsep aglomerasi.

Konsep pola bukan merupakan jawaban yang tepat karena dalam soal tidak dibahas satu pola objek. Konsep morfologi tidak menjadi jawaban yang tepat karena dalam soal tidak disebutkan mengenai bentukan lahan atau geomorfologi tertentu. Konsep lokasi dan jarak juga bukan merupakan jawaban yang tepat karena dalam soal tidak disebutkan secara spesifik lokasi objek dan jarak antar objek.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Dzawil Umam Aulayain

gg cuy

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan contoh-contoh gejala di bawah ini! Banyak kompleks perumahan khusus pegawai negeri di wilayah suburban. Perjalanan antara perumahan elit dengan rumah sakit bisa ditempuh hanya dala...

46

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia