Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di suatu masyarakat terdapat berbagai kelompok primordial seperti kelompok berdasarkan suku bangsa, agama, dan ras. Mereka hidup berdampingan secara damai meskipun memiliki perbedaan ciri sosial. Karakteristik masyarakat multikultural yang terdapat pada contoh tersebut adalah ....

Di suatu masyarakat terdapat berbagai kelompok primordial seperti kelompok berdasarkan suku bangsa, agama, dan ras. Mereka hidup berdampingan secara damai meskipun memiliki perbedaan ciri sosial. Karakteristik masyarakat multikultural yang terdapat pada contoh tersebut adalah ....

  1. menganggap semua ciri primordial sama dan setara

  2. toleransi terhadap perbuatan-perbuatan menyimpang

  3. menerima berbagai perbedaan dalam keberagaman

  4. masyarakat bisa bersatu karena ada unsur pedesaan

  5. memiliki potensi konflik yang suatu waktu bisa pecah

Iklan

D. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan ilustrasi menjelaskan di suatu masyarakat terdapat berbagai kelompok primordial berdasarkan suku bangsa, agama, dan ras.Mereka hidup berdampingan secara damai meskipun memiliki perbedaan ciri sosial. Oleh karena itu, karakteristik masyarakat multikultural tersebut adalah menerima berbagai perbedaan dalam keberagaman . Masyarakat multikultural merupakan masyarakat yang terdiri dari keberagaman baik agama, suku bangsa, ras dan golongan-golongan yang hidup dalam satu wilayah sama serta mengakui adanya kesetaraan dan kesederajatan terhadap unsur-unsur yang berbeda sehingga tercipta kehidupan yang toleransi serta rukun. Masyarakat multikultural terdiri dari kelompok yang beragam, termasuk kelompok-kelompok primordial yang memiliki ciri masing-masing kelompok berbeda, tetapi memiliki keseteraan kedudukannya di masyarakat(misalnya, ciri primordial berdasarkan suku di masyarakat tidak sama, seperti suku Batak, Minangkabau, dan Dayak, tetapikedudukannya setara di masyarakat). Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Mengganggap semua ciri primordial sama dan setara kurang tepat karena meskipun semua kelompok primordial setara di masyarakat, tetapi memiliki perbedaan ciri pada tiap kelompok primordial yang berbeda. Toleransi terhadap perbuatan-perbuatan menyimpang tidak tepat karena tidak sesuai dengan ilustrasi. Masyarakat bisa bersatu karena ada unsur pedesaan tidak tepat karena di luar konteks. Memiliki potensi konflik yang suatu waktu bisa pecah merupakan karakteristik masyarakat majemuk.

Berdasarkan ilustrasi menjelaskan di suatu masyarakat terdapat berbagai kelompok primordial berdasarkan suku bangsa, agama, dan ras. Mereka hidup berdampingan secara damai meskipun memiliki perbedaan ciri sosial. Oleh karena itu, karakteristik masyarakat multikultural tersebut adalah menerima berbagai perbedaan dalam keberagaman. Masyarakat multikultural merupakan masyarakat yang terdiri dari keberagaman baik agama, suku bangsa, ras dan golongan-golongan yang hidup dalam satu wilayah sama serta mengakui adanya kesetaraan dan kesederajatan terhadap unsur-unsur yang berbeda sehingga tercipta kehidupan yang toleransi serta rukun. Masyarakat multikultural terdiri dari kelompok yang beragam, termasuk kelompok-kelompok primordial yang memiliki ciri masing-masing kelompok berbeda, tetapi memiliki keseteraan kedudukannya di masyarakat (misalnya, ciri primordial berdasarkan suku di masyarakat tidak sama, seperti suku Batak, Minangkabau, dan Dayak, tetapi kedudukannya setara di masyarakat).

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Mengganggap semua ciri primordial sama dan setara kurang tepat karena meskipun semua kelompok primordial setara di masyarakat, tetapi memiliki perbedaan ciri pada tiap kelompok primordial yang berbeda.
  • Toleransi terhadap perbuatan-perbuatan menyimpang tidak tepat karena tidak sesuai dengan ilustrasi.
  • Masyarakat bisa bersatu karena ada unsur pedesaan tidak tepat karena di luar konteks.
  • Memiliki potensi konflik yang suatu waktu bisa pecah merupakan karakteristik masyarakat majemuk.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

250

Puji Lestari

Ini yang aku cari!

Muhammad Aqeel Rakhshana

Pembahasan lengkap banget

Sucyy

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan karakteristik masyarakat majemuk menurut Pierre L. Van den Berghe!

37

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia