Roboguru

Di mana terjadi difusi oksigen dan karbon dioksida saat bernapas?

Pertanyaan

Di mana terjadi difusi oksigen dan karbon dioksida saat bernapas?

Pembahasan Soal:

Sistem pernapasan merupakan sistem yang berfungsi untuk melakukan pertukaran oksigen dengan karbon dioksida yang terjadi di dalam tubuh dengan tujuan untuk mendapatkan energi. Sistem pernapasan tersusun atas rongga hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan alveolus. Udara pernapasan yang mengandung oksigen akan masuk melalui rongga hidung melewati faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan alveolus. Setelah sampai di alveolus, akan terjadi difusi antara oksigen dalam kantong alveolus dengan karbondioksida dalam plasma darah dalam pembuluh kapiler yang mengelilingi alveolus di paru-paru.

Dengan demikian, difusi oksigen dan karbon dioksida saat bernapas terjadi di dalam alveolus. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Fransisca

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Alveolus merupakan bagian dari sistem pernapasan. Pernyataan yang tepat mengenai alveolus adalah ….

Pembahasan Soal:

Alveolus merupakan struktur yang berbentuk bulat dan bergerombol. Kumpulan dari alveolus disebut sebagai alveoli. Alveolus memiliki struktur yaitu berbentuk bulat seperti kantung. Berfungsi sebagai tempat untuk menampung udara sementara yang berasal dari bronkiolus serta sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida secara difusi. Volume dari alveolus akan menjadi lebih besar dari biasanya ketika menampung udara.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Pasangkanlah pernyataan berikut dengan jawaban di dalam kotak. Tempat difusi  dan  ....

Pembahasan Soal:

Tempat difusi begin mathsize 14px style straight O subscript 2 end style dan undefined adalah alveolus (h).

Alveolus merupakan bagian dari organ-organ pernapasan dengan struktur seperti bola berukuran sangat kecil yang berfungsi sebagai tempat pertukaran gas antara undefined dan undefined.space space 

0

Roboguru

Silahkan gambar sistem pernapasan pada manusia dan beri keterangan dan fungsinya!

Pembahasan Soal:

Sistem pernapasan terdiri dari beberapa organ yang memiliki fungsi masing-masing sehingga membentuk sistem pernapasan itu sendiri. Organ-organ yang berperan pada sistem pernapasan dapat dilihat pada gambar dibawah:

  1. Hidung dan Rongga Hidung
    Hidung adalah organ terluar yang langsung bersentuhan dengan gas atau udara untuk bernapas. Fungsi hidung adalah menghirup oksigen dan sebagai jalur keluarnya karbon dioksida. Organ ini terletak di tulang tengkorak dan tersusun dari tulang rawan, tulang, otot, dan kulit. Di dalam hidung, terdapat rongga hidung yang berperan penting dalam proses pernapasan. Rongga hidung berfungsi untuk melembabkan, menghangatkan, dan menyaring (filter) udara yang masuk ke tubuh. Bulu dan lendir (mucus) di dalam rongga hidung berfungsi untuk menangkap debu, spora jamur, dan zat asing udara.
  2. Tenggorokan (Faring)
    Tenggorokan, atau disebut faring, merupakan jalur terusan setelah kita menghirup udara melalui hidung. Pada tenggorokan, organ pernapasan dilanjutkan dengan pangkal tenggorokan (laring), trakea, dan bronkus.
  3. Pangkal Tenggorokan (Laring)
    Laring, yang dikenal sebagai “kotak suara”, adalah penghubung untuk faring dan trakea. Di bagian ini, terdapat pita suara dan katup epiglottis, yang memisahkan saluran makanan dengan saluran udara.
  4. Trakea
    Trakea menghubungkan laring dengan bronkus dan menjadi jalan bagi udara dari leher ke bagian dada. Bentuknya seperti pipa. Fungsi utamanya sebagai jalur udara untuk masuk dan keluar dari paru-paru. Organ ini tersusun atas cincin tulang rawan dan terdapat di depan kerongkongan.
  5. Bronkus
    Bronkus merupakan percabangan dari trakea. Organ ini memiliki 2 percabangan menuju paru-paru kanan dan kiri yang berfungsi sebagai jalur udara ke paru-paru.
  6. Bronkiolus
    Bronkiolus merupakan percabangan bronkus yang terdapat dalam paru-paru. Jumlah cabang pada bronkiolus sesuai dengan jumlah lobus (gelambir) pada paru-paru. Pembagiannya adalah pada paru-paru sebelah kanan terdapat 3 lobus dan paru-paru kiri terdapat 2 lobus. Bronkiolus berfungsi sebagai jalur udara dari trakea menuju paru-paru.
  7. Paru-paru
    Paru-paru merupakan organ vital pernapasan yang dibungkus oleh lapisan bernama pleura. Letaknya berada di rongga dada di atas diafragma. Bentuknya mirip seperti spons dan terdiri dari 2 bagian, yaitu kiri dan kanan. Paru-paru kiri hanya memiliki 2 segmen. Sementara paru-paru kanan mempunyai 3 segmen. Di dalam paru-paru inilah terjadi pertukaran udara kotor yang mengandung karbon dioksida (C O subscript 2) dengan udara bersih yang mengandung oksigen (O subscript 2). Pertukaran udara ini tepatnya terjadi dalam gelembung paru-paru (alveolus) yang bersentuhan dengan bronkiolus.

Jadi, organ pernapasan terdiri dari hidung hingga organ terakhir yaitu alveolus.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut. Proses pernapasan yang terjadi pada bagian yang ditunjukkan gambar tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Manusia memiliki dua buah paru-paru yaitu paru-paru kanan dan kiri. Paru-paru kanan terdiri atas tiga lobus, sedangkan paru-paru kiri terdiri atas dua lobus. Tiap paru-paru tersusun atas jutaan alveolus, yatu kantong udara kecil. Sekelompok alveoli terdapat di ujung tiap bronkus. Alveolus berperan sebagai tempat pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida. Alveolus memiliki dinding tipis dan pada sisi luarnya dikelilingi oleh kapiler darah. Dinding tipis tersebut memudahkan pertukaran gas karbon dioksida dari kapiler darah dengan oksigen dari alveolus. Karbon dioksida dari darah dalam kapiler berdifusi ke dalam alveolus. Bersamaan dengan itu, oksigen berdifusi dari alveolus ke kapiler. Oksigen masuk ke dalam aliran darah dan terjadi pengikatan oksigen oleh hemoglobin. Sedangkan karbon dioksida keluar dari aliran darah menuju alveolus untuk dikeluarkan bersama uap air.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan ciri-ciri bagian dari alat-alat pernapasan berikut: Berbentuk gelembung-gelembung udara mirip buah anggur Banyak mengandung pembuluh darah Berdinding tipis dan lembab Nama bagian ala...

Pembahasan Soal:

Bagian yang dimaksud pada soal adalah alveolus.undefinedAlveolus memiliki bentuk seperti gelembung-gelembung udara. Alveolus berfungsi sebagai tempat proses pertukaran gas secara difusi pada proses pernapasan, oleh karena itu banyak mengandung pembuluh darah dan berdinding tipis.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved