Roboguru

Di mana Sumpah Pemuda diikrarkan?

Pertanyaan

Di mana Sumpah Pemuda diikrarkan? 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda merupakan hasil dari diselenggarakannya kongres pemuda II. Sumpah pemuda diikrarkan saat rapat ketiga kongres pemuda II yang berlangsung pada tanggal 28 Oktober 1928 di gedung Indonesische Clubgebouw, Jalan Kramat Raya 106. Secara garis besar isi dari sumpah pemuda yakni deklarasi bertumpah darah Indonesia, berbangsa Indonesia, serta menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, lagu Indonesia Raya karya W.R. Soepratman juga diperdengarkan untuk pertama kali.

Dengan demikian, sumpah pemuda diikrarkan di gedung Indonesische Clubgebouw, Jalan Kramat Raya 106.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa lagu Indonesia Raya dijadikan lagu kebangsaan?

Pembahasan Soal:

Lagu kebangsaan Indonesia Raya pertama kali diperdengarkan pada Kongres Pemuda II (Sumpah Pemuda) tanggal 28 Oktober 1928. Pada saat mempublikasikan Indonesia Raya tahun 1928, W.R. Soepratman dengan jelas menuliskan “lagu kebangsaan” di bawah judul Indonesia Raya. Teks lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali oleh surat kabar Sin Po. Setelah dikumandangkan tahun 1928, pemerintah kolonial Hindia Belanda segera melarang penyebutan lagu kebangsaan bagi Indonesia Raya. Dalam perkembangan selanjutnya, lagu Indonesia Raya menandakan kelahiran pergerakan nasionalisme yang telah mendeklarasikan sebuah identitas nasional di Sumpah Pemuda, yakni Indonesia.

Dengan demikian, lagu Indonesia Raya menandakan kelahiran pergerakan nasionalisme yang telah mendeklarasikan sebuah identitas nasional di Sumpah Pemuda, yakni Indonesia.  

Roboguru

Kapan Sumpah Pemuda dilaksanakan, dalam peristiwa apa?

Pembahasan Soal:

Peristiwa Sumpah Pemuda dalam sejarah perjuangan di Indonesia merupakan ikrar yang diucapkan sebagai tonggak persatuan oleh para pemuda Indonesia untuk menghadapi penjajahan Belanda dengan modal persatuan dan kesatuan tekad sebagai bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan bagian dari serangkaian peristiwa Kongres Pemuda. Dalam sejarah perjalanan pergerakan nasional di Indonesia, Kongres Pemuda dilaksanakan dua kali. Kongres pertama dilaksanakan pada tanggal 30 April sampai dengan 2 Mei 1926, di Batavia, yang dihadiri oleh berbagai perwakilan perkumpulan pemuda seperti Jong Java, Jong Sumatranen, Studerenden Minahasa, Jong Bataks Bond, dan sebagainya. Tujuan Kongres pertama yaitu mencari jalan untuk membina perkumpulan pemuda yang tunggal demi menguatkan hubungan antar sesama perkumpulan pemuda di tanah air.

Meski demikian, kongres pertama tidak membuahkan hasil yang memuaskan semua pihak, sebab itu kelak akan digelar lagi Kongres Pemuda kedua yang dilaksanakan pada 27 dan 28 Oktober 1928, dilaksanakan di dua tempat yang berbeda, hari pertama dilaksanakan di Gedung Katholikee Jongenlingen Bond atau Gedung Pemuda Katolik, sementara hari kedua dilaksanakan di Gedung Oost Java atau sekarang berada di Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Hadir dalam kongres kedua di antaranya Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), Sekar Rukun, Jong Celebes dan beberapa peserta lain sebagaimana yang hadir dalam kongres pertama. Tujuan Kongres Pemuda kedua antara lain:

  • melahirkan cita-cita perkumpulan pemuda dan pemudi Indonesia,
  • membicarakan masalah pergerakan pemuda di Indonesia, dan
  • memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.

Hasil dari Kongres Pemuda II ini adalah ikrar Sumpah Pemuda. Pembacaan ikrar Sumpah Pemuda dilaksanakan pada hari kedua di Kongres Pemuda kedua, 28 Oktober 1928, namun bertempat di Gedung Indonesia Clubhuis (Jalan Kramat Jaya 106 Jakarta, sekarang Gedung Sumpah Pemuda). Isi Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 adalah sebagai berikut.

  1. Kami Putera dan Puteri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
  2. Kami Putera dan Puteri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami Putera dan Puteri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. 

Jadi, Sumpah Pemuda dibacakan pada 28 Oktober 1928, dalam peristiwa Kongres Pemuda kedua.

Roboguru

Kongres Pemuda II berlangsung pada tahun 1928. Hikmah yang dapat diambil dari peristiwa tersebut adalah...

Pembahasan Soal:

Kongres Pemuda II adalah kongres berskala nasional yang berisi organisasi kepemudaan dari hampir seluruh daerah di koloni Hindia-Belanda. Kongres yang berlangsung di Batavia pada tanggal 27-28 Oktober 1928 ini diketuai oleh Sugondo Joyopuspito. Kongres ini merupakan kelanjutan Kongres Pemuda I yang mengalami kendala substantif berupa keraguan atas hasil keputusan yang diambil. Kongres Pemuda II berlangsung pada 27-28 Oktober dalam tiga tahap rapat. Rapat pertama berlangsung di gedung Katholieke Jongelingen Bond di Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng), lalu dipindahkan ke Oost Java Bioscoop di Konigsplein Noord (sekarang Jalan Medan Merdeka Utara), dan kemudian Gedung Kramat 106 untuk rapat ketiga sekaligus penutupan rapat. Dalam Kongres Pemuda II ini, terdapat sebuah peristiwa besar dalam sejarah Indonesia. Peristiwa pertama adalah pembacaan ikrar bernama “Sumpah Pemuda” yang menandakan tekad seluruh pemuda yang hadir mewakili organisasi mereka masing-masing untuk bersatu dalam tanah air, bangsa, dan bahasa yang sama. Peristiwa kedua adalah di saat Wage Rudolf Supratman pertama kalinya memainkan lagu kebangsaan ciptaannya yang berjudul “Indonesia Raya” seusai berlangsungnya kongres. Makna yang terkandung adalah peristiwa bersejarah ini mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu”. 


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah D

Roboguru

Jelaskan secara singkat peristiwa terjadinya sumpah pemuda dan butir-butir sumpah pemuda!

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda dilaksanakan pada acara Kongres Pemuda II yang berlangsung pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Kongres Pemuda II sendiri merupakan tindak lanjut dari Kongres Jong Indonesia atau Pemuda Indonesia serta usul PPPI terkait fusi semua organisasi pemuda yang berasaskan kebangsaan. Kongres Pemuda II selanjutnya diketuai oleh Soegondo Djodjopoespito. Dalam perkembangannya, Kongres pemuda II yang berlangsung selama 2 hari menghasilkan tiga rapat. Dan Sumpah Pemuda dicetuskan dalam agenda Rapat Ketiga. Secara garis besar, Sumpah Pemuda berisikan tiga kesepakatan, yakni bertumpah darah Indonesia, berbangsa Indonesia, dan berbahasa satu bahasa Indonesia.

Dengan demikian, Sumpah Pemuda merupakan puncak dalam agenda Kongres Pemuda II yang berisikan tiga kesepakatan yakni bertumpah darah Indonesia, berbangsa Indonesia, dan berbahasa satu bahasa Indonesia. 

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Kongres Pemuda II dilangsungkan di Yogyakarta pada 27-28 Oktober 1928. SEBAB Kongres Pemuda II bertujuan...

Pembahasan Soal:

Pernyataan salah. Kongres Pemuda II dilangsungkan di Jakarta pada 27-28 Oktober 1928 dipimpin oleh pemuda Soegondo Djojopoespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia), menghasilkan keputusan penting yang disebut sebagai Sumpah Pemuda. Selain itu pada kongres tersebut Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman juga ditetapkan sebagai lagu kebangsaan.

Alasan benar. Kongres yang kedua ini bertujuan mempersatukan semua perkumpulan pemuda yang ada saat itu dalam sebuah wadah yang menjunjung tinggi rasa persatuan. Dalam kongres inilah dideklarasikan Sumpah Pemuda yang terdiri dari tiga sendi utama dari persatuan Indonesia, yairu persatuan tanah air, bangsa, dan bahasa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved